3 Blog Tips Cara Menarik Visitor ke Blog

Beberapa komentar terakhir mengganggu saya, “Sepertinya asik pak..tapi pake handphone gak kerasa asiknya..“, “PR ‘gak naek, hiks.. ‘uda 1 tahun“, “Pingin ikutan kok masih ragu ya, soalnya saya gak pinter nulis dan basa-basi, he…“. Apa ‘sih maksudnya?

Kita terkadang terlalu asyik dalam dunia sendiri, lupa blog kita itu mengundang dan mencari visitor. Celakanya tidak semua membaca posting kita, berkunjung pun tidak. Posting tidak ketemu, buka posting lambat, dst. Waduh.

Komentar mengatakan buka blog lewat handphone atau ponsel itu bermasalah. Mengklik link laman baru di ponsel pasti ‘lambat’. Terlebih loading gambar gede, belum lagi gambar hanya sepotong karena layarnya kecil, terus lama karena kecepatan loadingnya rendah.

Ketiga komentar meski tidak sama memiliki kepentingan sama, satu daya menarik pengunjung alias visitor ke blog kita adalah ‘kecepatan’ Biar tertarik? Berikut 3 tips sederhana.

Blog Tips 3: Klik Link

Upayakan klik link di blog jangan membuka laman baru. Pakai kalau terpaksa misalnya link ke artikel “mati” yang tidak memiliki unsur navigasinya seperti berkas [.pdf] atau semacamnya. Visitor meninggalkan blog kita kalau artikel yang dibuka, lamban. Terlebih via ponsel. Pantas “buka laman baru” di WordPress jadi opsi (‘open in new window‘).

Kita berupaya melayani visitor sebaik-baiknya. Usahakan layanan cepat seperti restoran Padang atau fast food! He.he…  . Membuka laman baru biarlah visitor sendiri yang memutuskannya (klik-kanan link, klik [New Window] atau [New Tab]).

Blog Tips 2: Paragraf-1

‘Paragraf-1′ adalah paragraf pembuka blog. Paragraf pembuka ini penting karena menjadi daya tarik setelah judul. Paragraf berisi ringkasan konten yang ditata atau disajikan menarik. Tipsnya Paragraf-1 kira-kira seperti ini,

  1. Bertanya. Ajukan pertanyaan yang dapat memancing rasa ingin tahu.
    Contoh, “Benarkah sunting audio dan video cukup dengan 2 program saja, Virtualdub dan Audacity?
  2. Kata lucu. Anekdot adalah cerita kecil yang mengundang senyum; tidak harus ada hubungan dengan artikel posting. Kata-kata bijak juga bisa dipakai untuk hal-hal yang lebih serius. Contoh, “Istri itu tiga, padahal satu saja ‘ndak ‘abis-abis!” (istri = ‘is three’). Lanjutkan konten artikel ‘istri’ atau artikel terkait ‘tiga’. Lainnya, “Belajarlah… di atas langit masih ada langit.” Konten artikel misalnya ingin menunjukkan jangan pernah puas dengan apa yang sudah kita peroleh sekarang.
  3. Imajinasi. Mengajak berkhayal atau berimajinasi membayangkan sesuatu. Contoh, “Penduduk dunia lipat dua di tahun 2025 dari 6 milyar sekarang, sementara tanah, air, udara tetap. Apa yang akan terjadi?” Mengganggu dan mengajak orang berpikir (berebut makanan, air bersih, lahan, dsb.)
  4. Analogi. Melontarkan kasus serupa atau mirip dengan konten yang akan dibahas, yang sudah kita tahu ceritanya. Contoh, “Aliran air selokan menjadi lebih kencang jika dikecilkan salurannya.” Konten membahas perilaku listrik yang tidak kasat mata.
  5. Statistik. Umumnya orang suka disuguhi fakta atau data baru, unik, mengejutkan, terkait konten yang dibahas. Contoh, “Joomla, Drupal, WordPress bersaing mencari pemakai. Dahulu Joomla juaranya, sekarang tersusul WordPress, Drupal masih bertahan di belakang.” Pernyataan akan lebih menarik kalau didukung fakta gambar atau tabel, atau gambar logo ketiga-tiganya sedang balapan?

Blog Tips 1: Judul Posting

‘Judul’ blog dan ‘Paragraf-1′ adalah duet, pasangan tak terpisahkan.  Menentukan judul, tidak mudah dan kritis untuk bisa menarik banyak visitor. Contoh judul (panjang) sukses seperti ini,

.. pada kecepatan 100km/jam yang terdengar di mobil Rolls Royce baru hanya suara detak jam mobil.

Terasa daya tariknya, terasa pesonanya. Memilih judul yang baik tidak mudah. Berlatih, berlatih, berlatih; separuh waktu bisa tersita hanya untuk mendapatkan gagasan judul posting yang tepat dan “menggoda” seperti di atas!

menarik visitor ke blogDi samping adalah statistik lama kunjungan visitor ke blog ini. Perkiraan singgah beberapa detik mungkin karena hanya membaca Judul saja atau sedikit lebih lama karena membaca Paragraf-1. Kalau menarik, dilanjut… kalau tidak, tinggal! Senang melihat ada visitor ‘nangkring’ di atas 1 jam meski jumlahnya relatif sedikit.

Ayo terapkan dan buktikan blog tips ini dapat menarik visitor dengan mengantisipasi pengguna ponsel, dimulai dengan membuat setiap bagian menarik: Judul, Paragraf-1, dan bertahan dengan klik link laman baru di laman yang sama.

Sukses!

:D  (urutan blog tips dibalik biar menarik? iya, he.he..)

Update 23 September 2011:
Posting ini sudah disunting ulang dan ditambah. Satu tips tambahan menarik visitor ke blog, kalau memasang gambar upayakan mengisi informasi di tag alt=””. Contoh, tag ‘alt’ gambar di atas, “menarik visitor ke blog”. Disamakan dengan judul, strategi kita, agar Google menayangkan posting di laman depan (coba deh, membantu posting kita lebih mudah ditemukan orang).

Sumber:
[1]  Weblog Usability: The Top Ten Design Mistakes
[2]  Writing Headlines That Get Results
[3]  5 Simple Ways to Open Your Blog Post With a Bang

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blog Tips dan Trik, Blogging
11 comments on “3 Blog Tips Cara Menarik Visitor ke Blog
  1. kursi jati mengatakan:

    terimakasih atas infonya gan, saya coba2 semoga aja berjalan sesuai rencana ,,, hehehe

  2. Usoop mengatakan:

    Saya setuju dengan prinsipnya untuk melayani pengunjung. Tapi saya punya tips sendiri nih kang. Upayakan informasi dalam blog anda lengkap (ex: Saya bikin blog otomotif, maka semua hal tentang otomotif akan saya kupas dari a-z). Pengunjung seneng kalau blognya lenkap. jadi gak perlu googling lagi

    • riosetoblog mengatakan:

      Trimakasih banyak tipsnya Kang. Memang blog ini tidak fokus, gado-gado, eksperimental. Topiknya macam-macam, setiap topik dibedah sampai a-b-c-d saja. Dari statistik nanti diketahui kategori paling populer (SketchUp, Audacity). Ini mendorong menerbitkan blog baru untuk masing-masing (hehe… bakalan cape, harus pilih).

      Saya faham yang dimaksud akang blog seperti ini, ya:

      http://fotootodidak.wordpress.com

      Salam :D
      (punya akang kalau di klik yang terbuka situs game)

  3. gurubio mengatakan:

    info yang menarik Pa. Insya Allah akan saya terapkan

  4. lamhot mengatakan:

    keren banget gan blog nya, simpel dan rapih sekali.
    oh ya, kunjungi juga blog saya. lamhotsiahaan.blogspot.com
    terima kasih

  5. homeindo mengatakan:

    great article brother

  6. octa mengatakan:

    mantaps gan tipsnya,,,
    bakal ane lakuin!!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.