Blog 2011: Membubuhkan Teks di Gambar dengan Irfanview

Gambar adalah sarana penambah pesona blog yang ampuh untuk menarik perhatian visitor dan mampir ke blog kita. Gambar berfungsi sebagai pe”mancing” mata atau meminjam istilah iklan, ‘eye catching‘, untuk menggiring mata visitor melihat dan membaca tulisan yang tertera di sana (kalau ada). Kita coba membuat teks di gambar dengan bantuan program Irfanview yang sangat populer itu. Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu, tidak apa, itung-itung penyegaran, oke.

Gambar bukanlah word processor yang tata letak teks dapat diatur otomatis. Pengaturan letak harus dilakukan secara manual. Namun dengan sedikit ketrampilan dan latihan, masalah penulisan teks dapat diatasi dengan mudah.

Menulis teks

Gambar berikut memperlihatkan urutan langkah atau prosedur memasang teks di gambar.

  • Kiri-atas: buka gambar di Irfanview.
  • Kanan-atas: buat kotak bantu untuk ruang tulisan. Usahakan tepi atas kotak bantu berimpit batas atas gambar.
  • Kiri-bawah: juga buat kotak teks di sini untuk tulisan misalnya, sumber asal gambar. Atur tepi bawah dan tepi kiri kotak berimpit batas bawah dan batas kiri gambar.
  • Kanan-bawah: kalau mau buat kotak teks di sini untuk keterangan pendukung judul misalnya, “Relief di candi Borobudur diperdebatkan sebagai peninggalan nabi Sulaiman a.s.“. Atur tepi bawah dan tepi kanan kotak berimpit dengan batas bawah dan batas kanan gambar.
  • Pemasangan teks di gambar selesai.

Irfanview

Dua pekerjaan kecil menulis teks di gambar: membuat kotak bantu dan menulis teks. Semua bisa dilayani oleh 1 menu, [Edit]. Enak juga.

Membuat kotak bantu: klik kiri mouse, tahan, lalu buat kotak. Kotak teks untuk ‘judul’ diatur dengan merapatkan tepi kotak dengan batas kiri, batas kanan, batas atas gambar. Beres.

Membuat teks: ketik [Ctrl] [T] atau klik ‘Insert text into selection… ‘. Muncul kotak tulis teks seperti gambar di bawah.

Ketik teks di ruang tulis yang ada. Pemilihan font, ukuran, warna, rata kiri, rata tengah, rata kanan, cukup jelas. Tombol lainnya dicoba saja, mudah difahami meski di awal tampak rumit.

Klik [OK]. Teks masuk di kotak bantu. Selesai. (Kalau terlalu rapat dengan batas atas gambar sisipkan 1-2 baris baru dengan [Enter].)

Lakukan yang sama untuk teks catatan kaki di bagian bawah.

Penutup

Teknik membubuhkan teks pada gambar di atas kita bakukan. Aturan dijadikan standar penulisan teks pada gambar di posting kita mendatang seperti tata letak rata-kanan, ukuran, jenis font huruf, warna. Bukankah kita ingin blog lebih profesional di tahun 2011 ini. Kita pilih gambar ‘eye catcher‘ yang menarik disertai teks yang membuat visitor penasaran seperti ‘judul’ di atas. (He.he.. biasa saja?)

Nantikan posting berikutnya, akan didemonstrasikan aplikasi lain konsistensi penulisan teks pada gambar di atas. Masih menggunakan Irfanview. (Untuk yang belum mencoba Irfanview, silakan download di situsnya Irfanview, lalu kutak-katik).

:D  (baru belajar Irfanview)

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
3 comments on “Blog 2011: Membubuhkan Teks di Gambar dengan Irfanview
  1. […] Tulisan terkait: [1] Blog 2011: Manipulasi Teks di Gambar dengan Irfanview [2] Blog 2011: Membubuhkan Teks di Gambar dengan Irfanview […]

  2. Jono mengatakan:

    wah petunjuk yang menarik :D

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 226 pengikut lainnya.