Blog 2011: Manipulasi Gambar dengan Irfanview

Masih bersikeras ingin tahu cara buat pelat nomor jadi lebih realistik? Manipulasi teks dengan Irfanview di posting sebelum ini, ekspres. Hasilnya kurang memuaskan. Dengan bersabar dan tekun, teks di gambar tadi masih dapat diperbaiki hingga tampak lebih alami. Kita coba mempelajari teknik manipulasi gambar tingkat lanjut ini. Pasti bisa.

Irfanview: [F12]

Langsung ke ‘TKP’; gambar ‘pelat nomor’ mobil tidak dipakai eksperimen tetapi gambar lain seperti di bawah. Biar aktivitas manipulasi mudah diikuti.

Paling atas adalah gambar sebelum dan sesudah dimanipulasi; kawat listrik di”hilang”kan. Cara ini tidak mungkin dijalankan dengan menimpa “kotak penuh” di atas obyek, dalam hal ini kawat listrik, seperti di posting lalu. Selain obyeknya halus, gambar di sekitar obyek warna-warni dan memiliki gradasi.

  1. Jalankan Irfanview, tekan [F12]. Muncul menu dialog manipulasi gambar seperti di atas. Kita memerlukan hanya 2 submenu, “stempel” dan “besar” stempel. Lihat panah. Satu lagi “kuas” adalah tambahan, untuk menghaluskan atau finishing.
  2. Pilih menu stempel, klik. Masuk ke ruang gambar, lalu coba klik kanan. Muncul lingkaran. Ini adalah batas stempel; semua gambar yang tercakup di dalam lingkaran menjadi pola gambar induk (master) stempel kita.
  3. Dimensi stempel diatur melalui menu piksel. Coba ganti angkanya dan lihat efeknya.
  4. Stempel siap dipakai men’cap’. Letakkan di mana saja lalu coba klik kiri. Oops.. nanti dulu, kita ‘kan mau menghilangkan kawat. Letakkan stempel pas di atas gambar kawat dan ‘cap’ (klik kiri). Jejak “stempel” misalnya berada di lingkaran ‘merah’ (bukan warna asli).

Horee… kawat hilang!

Jalankan langkah di atas berulangkali hingga seluruh kawat hilang tanpa jejak …termasuk tiangnya! (Gambar 1.) Perkecil ukuran stempel untuk menghindari terhapusnya obyek lain seperti daun. Bisa. Tidak sukar-sukar amat ya.

Sedikit lebih sukar. Hilangkan kawat listrik gambar 2. Kawat dikelilingi bayangan dan warna. Tips: Gambar diperbesar, ukuran stempel diperkecil. Usahakan mengambil pola master stempel sedekat mungkin dengan obyek yang akan dihapus. Lakukan penghapusan dengan berhati-hati untuk mendapatkan hasil yang akurat. Pakailah “kuas” untuk menyempurnakan penghapusan.

Selamat! Kita telah berhasil melewati keahlian memanipulasi gambar tingkat lanjut.

Pelat Nomor Mobil

Kasus pelat nomor mobil kita tidak ada bedanya. Metodanya persis seperti di atas. Manipulasi dilakukan penuh kecermatan… serta sedikit berimajinasi, mengamati keberadaan bayangan gelap-terang yang memberi kesan 3-dimensi. Peran “kuas” dominan di sini. (Klik gambar untuk lihat hasilnya.)

Penutup

Berlatih dan berlatih hingga kita trampil dan luwes menggunakan stempel. Jadi ahli stempel? Begitulah yang dilakukan para pakar media saat menyunting foto, meniadakan bagian yang tak diinginkan. Kulit muka bisa jadi jauh lebih indah dari aslinya. Tertipu kita.

Selamat berlatih!

:D  (belajar mendadak)

Gambar latihan:  [1] Gambar ’0′*: [2] Gambar 1 [3]  Gambar 2 [4] PelatNo.
*Gambar ’0′ bagus untuk latihan awal membuat bayangan berkesan 3-dimensi dan manipulasi menghapus yang rapi tanpa meninggalkan bekas atau jejak.

Tulisan terkait:
[1] Blog 2011: Manipulasi Teks di Gambar dengan Irfanview
[2] Blog 2011: Membubuhkan Teks di Gambar dengan Irfanview

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 226 pengikut lainnya.