Tutorial

Belajar Google SketchUp 8 Pertamakali

Belajar Google SketchUp 8Logo WordPress 3D yang di posting kemarin pakai Google SketchUp? Iya. Kenapa ‘Google SketchUp’? Gampang.. kata Google. Pastinya, dia yang bikin.

Gampang menurut Google karena obyek 3D bisa dibangun hanya oleh 2 elemen dasar, ‘garis‘ dan ‘bidang datar‘ (permukaan). Bidang di”melar”kan ke berbagai arah hingga terbentuk obyek 3D seperti contoh gambar rumah di samping.

 

Konsep, Teori

Kalau begitu menciptakan sebuah obyek 3D di ‘Google SketchUp’ cukup dengan 3 alat bantu atau ‘kakas‘ (tool) saja seperti ini,

Belajar Google SketchUp 8 Konsep

pengisi ruang kiriBelajar Google SketchUp 8 Pencil       Belajar Google SketchUp 8 Push-Pull Belajar Google SketchUp 8 Orbit

Pensil‘ (‘Line’) dipakai untuk membuat ‘garis’ (border) dan ‘bidang datar’ (2D); ‘Push/Pull‘ untuk me”melar”kan bidang datar jadi obyek 3D; ‘Orbit‘ untuk mengubah sudut pandang obyek 3D yang perlu saat menyunting.

Betul gampang kalau membuat 3D sesederhana ini; ikon juga lumayan intuitif, mudah difahami. Tapi ini ‘kan teori. Pelaksanaannya, gampang juga?

Kita coba menjelajah ‘Google SketchUp’.
 

P r a k t i k

Download program di situs Google SketchUp (versi 8.0, 63 MB).
Instal dan jalankan.

Dapatkan ketiga kakas di atas. Cari juga 3 kakas lain untuk membantu pembuatan obyek 3D kita, ‘Select‘, ‘Move/Copy‘, dan ‘Pan‘. Mudah dikenali, ada tulisan di ikonnya.

Oke semua ketemu, kita mulai. Kita akan menggambar contoh rumah di atas.

Belajar Google SketchUp 8 SumbuRuang gambar
— 3-sumbu jadi acuan menggambar 3D:
merah‘ (kiri-kanan), ‘hijau‘ (depan-belakang), ‘biru‘ (atas-bawah). Atur pandangan ruang gambar dengan ‘Orbit’ (dan ‘Pan’) sehingga obyek terlihat jelas di arah ketiga sumbu tersebut.

2D: Bidang, permukaan — Gambarlah sebuah bidang datar memakai ikon ‘Persegi’. ‘Orang’ belum diperlukan, boleh dihapus. Orang jadi acuan kasar saat menentukan ketinggian obyek 3D (rumah, bangunan, kursi, meja, tempat tidur, dll.).

3D: Balok — gunakan ikon ‘Push/Pull’, tarik ke atas sejajar sumbu ‘biru’ untuk membuat ketinggian. Jadi sudah obyek 3D kita.

Atap — ganti dengan ikon ‘Pensil’. Telusuri salahsatu tepi hingga ketemu titik-tengah warna ‘hijau’, dan klik. Gambar garis ke tepi di seberangnya juga di titik-tengah, dan klik. Garis ini calon atap.

Sekarang ikon ‘Move’. Telusur garis atap hingga ketemu titik-tengah warna ‘hijau’. Tekan dan tahan tombol [Shift], tarik keatas sejajar sumbu ‘biru’. Perhatikan gambar sumbu ‘biru’ tipis bertulisan ‘On Blue Axis’ kalau tepat sejajar. Horee… rumah induk jadi.

Belajar Google SketchUp 8 MoveRumah ‘anak’
— dengan cara yang sama buat rumah berukuran lebih kecil di sebelah rumah induk. Tarik alas ‘persegi’ dengan ‘Push/Pull’ sehingga ketinggian sama dengan tinggi rumah induk.

Tahunya sama? Sambil menarik ke atas, simpangkan ikon ‘Push/Pull’ ke bangunan induk. Ada garis putus-putus bertulisan ‘On Edge’. Stop, tinggi sudah sama.

Lanjutkan dengan membuat atap. Jadilah rumah ‘anak’.

Menggabungkan 2 obyek — rumah anak akan kita ‘lebur’ ke bangunan induk. Blok seluruh rumah anak (garis biru tebal). Pakai ikon ‘Move’ untuk menggeser rumah anak ‘menembus’ bangunan induk. Stop, saat ujung atap rumah anak tepat menyentuh atap rumah induk.

Tahunya tepat menyentuh? Tempatkan ikon ‘Move’ pas di ujung atap rumah anak. Begitu menyentuh atap rumah induk, muncul tulisan ‘On Face’.

Rumah ‘induk’ dan ‘anak’ belum lebur. Masih ikon ‘Move’, klik kanan. Pilih ‘Intersect’ dan klik ‘Intersect Model’. Lebur.

Horee… rumah kita akhirnya jadi!
 

Lanjut…

Belum puas! ‘Orang’ itu masihkah ada di dalam? Kasihan. Oke, kita buatkan jendela agar bisa bernafas. Pakai ‘Persegi’ untuk menggambar jendela. Dinding mana, terserah. Sudah jadi, klik jendela dan tekan [Del]. Bolong! Syukurlah, masih ada dia.

Bayangan bisa? Klik menu [View]-[Shadow]. Ada bayangan sekarang. Asyik!

Boleh dong ada warnanya. Banyak maunya ‘nih. Oke, klik ‘Kaleng Cat’, muncul menu, pilih ‘Roofing’ untuk atap dan silakan klik jenis atapnya. Tuangkan ‘cat’ di atas atap!

Belajar Google SketchUp 8 Simple HouseLanjutkan bikin pintu, dinding dicat, jendela diberi kaca (ulangi gambar ‘Persegi’ di jendela bolong lalu ‘cat’ dengan bahan tembus pandang ‘Translucent’)… dst., dst. Kira-kira hasilnya seperti di samping. Cantik, ya.

Update (terlupakan): klik menu [Window]-[Component]; ada pohon, mobil, bangku taman di sana untuk menyemarakkan rumah. Update gambar di samping menyusul segera… (sudah).

 
Selamat datang di Google SketchUp, mari sama-sama kita bangun rumah pertama kita. Tipe ‘RSS’, gratis.

:D   (untuk pemula, bisa ini semua sudah luar biasa; jadi, google sketchup gampang atau susah?)
 

100 thoughts on “Belajar Google SketchUp 8 Pertamakali

  1. bos mau tanya. saya lagi bikin gambar garasi mobil pake sketchup. pas tak kasih gambar mobil kok gambar mobilnya sama besar dengan garasinya. gimana cara mengecilkan gambar mobil tersebut?

    • dicakup atau diseleksi seluruh mobil, kemudian klik tool Select atau tekan tombol [S]. Pilih tuas atau ‘handle’ di sudut seleksi dan tekan dan tahan [Ctrl], lalu ubah dimensi mobil. Oke!

  2. bos mau tanya. saya ini bikin garasi mobil pake sketchup. nah pas tak kasih gambar mobil ternyata saya tidak bisa mengecilkan gambar tersebut. sehingga antara gambar mobil dan garasinya sama besarnya. gimana cara mengecilkan gambar mobil tersebut bos? ahmad di jepara

  3. malam mas mau tanya dikit untuk pemulu…..coba buat gambar rumah mas tapi material di dalamnya masih standar seperti rumput, bata, dan gambar lain gimana ya mas kl ingin menambahkan gambar seperti gambar pohon ati mobil dlll apa ada sofwer tambahannya mas???? maksih sebelumnya.

    • tidak ada software tambahan; koleksi rumput, pohon, mobil, kursi, sepeda, kusen jendela-pintu, daun jendela-pintu, dan lain-lainnya ada dan bisa diunduh di sketchup.google.com/3dwarehouse/. ada banyak.. tinggal pilih dan buka di sketchup. :D

  4. selamat malam pak maaf sebelumnya saya siswa SMKN 2 KRAKSAAN

    saya ada di jurusan teknik gambar bangunan
    saya ingain bertanya cara untuk membesarkan property seperti pohon, tempat tidur, dan mobil di sketchup menggunakan menu apa??????

  5. mas, kalo mu bikin 3d di sketcup tapi ngambil denahnya dr autocad biar ga usah gambar lg bisa ga? trus caranya gmn? soalnya dicobain copy paste ga bisa :)

  6. Gan, sorry nech, mohon dimaklum, newbie soalnya..

    saya agak kesulitan bikin instalasi pipa pake sketchup, terutama kalo pas bagian nyambungin pipa pake “siku” bukan sambungan yang “T” lho gan..

    trus kalo bikin sudut kotak yang nirus atau tidak tajam caranya gimana ya gan?

    mohon pencerahannya…

    btw, minta email atau pin nya donk, biar bisa sharing tiap saat, hehehehe…..

    thanks so ya gan…..

  7. mas, begitu banyak design rumah yang saya bikin, tapi gak pernah bisa cara menggunakan pengcahayaan, atau lebih terlihat seperti nyata. saya sering design rumah di banner perumahan-perumahan baru, itu terlihat seperti nyata. gimana caranya?

  8. Kalo butuh accesories lain,seperti lukisan,ornamen2,gt gimana mas?lebih untuk interiornya apa adà?

    • belum pernah coba sih.. coba pakai kata cari ‘how to make rounded staircase sketchup’, ada video youtube cukup banyak. semoga membantu. sukses! :D

  9. ngikut boleh ya…, aq jg bljar google skecthup scr otodidak krn ketlatenan dan rasa ingin bisa akhirnya skrang aq mampu membuat obyek : globe,mobil tlaler(tangki) panjang dng roda 42, masjid, gedung tinggi, kantor rumah susun dsb, pkoknya asik deh bljar softwr ini, bnr2 enjoy

  10. Bang,, gue mau dong buku panduan yang lebih Detail cara pakai Sketchup,,,
    dmn ya gue bisa dapetinnya ??
    bales ya bang salam :)
    terimakasih sebelumnya

    • Wah belum tahu nanti kalau ke toko buku dicarikan, tutorial bahasa indonesia di internet belum cukup ya.. atau coba cek di internet pakai kata cari “buku panduan sketchup”

  11. MAS SAYA COBA NGERENDER TAPI BEGROUNDNYA JADI WARNA HITAM…SAYA MEMANG PENGEN SETINGAN STANDAR BAGAIMANA CARA KEMBALI NORMAL??

    • Belum pernah coba sih, tetapi coba ke menu Window-Workspace, klik Reset Workspace. Beritahu ya hasilnya ya. :D

      Satu cara lagi, Window-Styles. Di kelompok ‘Default Styles’ ada 11 pilihan. Klik style ke 9(?).

    • waktu kita menggerakkan ‘pensil’ atau memindah obyek, arah gerak tidak tahu karena tidak kelihatan. tulisan ‘on blue axis’ memberi tahu arah gerak obyek sudah pas (sejajar) sumbu-tegak atau ‘z’ (kadang2 ada garis bantu tipis putus dengan warna sesuai)

      • mas kalau di dalam rumahnya mau diisi dengan kasur, kursi dll, brarti kita taruh dulu kasur, setelah itu baru dibangun rumah ya mas?

        • hehe… ya ndak gitu toh! harus direncanakan dulu, contoh: ruang tidur — ada tempat tidur, lemari, meja belajar, rak buku. semua punya dimensi atau ukuran (panjang-lebar-tinggi). secara kasar kita bisa menghitung luas lantai yang dipakai untuk sebuah ruang tidur.

          cobalah buka ‘google 3d warehouse’, ketikkan ‘bedroom’, lihat ada apa saja di sana.

          selamat bereksperimen!

    • gambarnya diedit di mana?
      coba pindahkan mouse ke sisi/batas gambar atau sudut gambar. kursor biasanya berubah jadi gambar “panah”. klik “panah” (dan tahan) lalu gerakkan. berubah, ya? sip. coba juga saat menggerakkan “panah” menekan (dan tahan) tombol [Ctrl], coba juga dengan menekan (dan tahan) tombol [Shift]. sukses!

  12. Mantaap.. pingin belajar lewat tutorial dari luar sana, susah inggrisnya. Ternyata akhirnya dapat juga tutor yang pas.
    Mas rioseto, mampukah Google SketchUp ini untuk membuat desain landscaping untuk urban forest (hutan kota) seluas 50 hektar? Saya pakai Acer Aspire 4741G i3 380M NVIDIA GeForce GT 420M 4GB DDR3.
    Trims

    • Terimakasih.. silakan beritahu rekan-rekan.
      Untuk landscaping belum pernah coba.. tetapi mestinya SketchUp bisa.
      Ada pengalaman interaksi SektchUp dengan Google Earth, memetakan lahan hutan 43.000 ha. Bisa. Belum coba dengan Google Map.
      Belum dibuat postingnya, hehe… nanti kapan-kapan. :D

  13. saya pertama belajar 3d bikin kereta untuk game dengan 3ds max(jadi nya ancur sih pas di masukin game), sekarang belajar ini deh kan baru nemu tutor yg pas di blog ini

    • kampus mana ashantie? jalur cepat bikin kotak dan atapnya, pasang foto bangunannya seperti contoh posting di “google is fun!’ he.he… siap bantulah!

  14. Ping-balik: Dari Foto 2D ke Gambar 3D Dengan Google SketchUp « rioseto's blog

  15. wow, ada tutorialnya juga :D. uda lamaa banget ga nyentuh sketchup. dulu pas kuliah di solo pernah diajarin temen, anak arsitek :)

    • ayo mainkan lagi mas arif… ‘ketrampilan menggambar diarahkan ke animasi nanti, untuk bikin setting, dll. :D (masih belajar, jadi arsitek sudah kasip)

  16. Sketch Up memang lebih simple dan tidak terlalu memerlukan spesifikasi komputer yg tinggi… Saya dulu pertama kali belajar 3D pake Maya, selain berat, juga terlalu banyak prosedur, tidak seperti produk google satu ini….

Ditunggu komentarnya... ('like' ikutan dong)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s