Melihat Dengan Camera-Look Around-Walk

Tool Camera Look Around WalkKita ingin melihat atau mengamati sebuah obyek dari berbagai sudut pandang, dari depan, belakang, kiri, kanan, atas, bawah, juga bagian dalam. Kalau perlu kita berjalan menghampiri obyek untuk melihat dari jarak dekat. Itulah fungsi ‘Camera’, ‘Look Around’, dan ‘Walk’.
 

‘Camera’ dan Look Around’

‘Camera’, ‘Look Around’, ‘Walk’ adalah 3 tool khusus yang dibuat untuk maksud tersebut. ‘Camera’ disimbolkan dengan ‘orang berdiri’ untuk menunjukkan posisi melihat. Ketinggian ‘mata’ diset 1,68 meter, diukur dari alas pada gambar di mana kita berdiri. Ketinggian mata dapat diubah dengan mengetikkan angka baru di kotak setting (sudut kanan bawah).

camera free and pointed view 1Kubus pada gambar ketinggiannya 0,5 m. Tempatkan ‘camera’ di pusat dan klik. ‘Mata’ (1,68 meter) melampaui tinggi kubus hijau dan biru (1,5 meter), melihat pemandangan dengan lebar ruang pandang sebagian kubus hijau dan biru dan latar horison. Garis pandang mata lurus ke depan, di”pandu” sumbu biru.

Garis pandang dapat kita ubah dengan misalnya menempatkan ‘camera’ di pusat, lalu klik dan tahan. Tarik mouse ke sudut kubus dan lepaskan. Inilah garis pandang baru, lurus dari ‘tanah’ ke sudut kubus. Ketinggian ‘mata’ 1,68 meter tidak berlaku lagi. Ruang pandang ikut berubah, memperlihatkan tumpukan kubus barisan depan dengan latar langit. Kubus di barisan belakang tidak tampak (tampak sedikit).

camera free and pointed view 2Di samping contoh garis pandang lain.

Setiap selesai klik ‘camera’, ikon berganti dengan ‘mata’ yang dapat digerakkkan melihat keadaan sekitar, menengok ke kiri dan kanan, mendongak ke atas, menunduk ke bawah. Karenanya diberi nama ‘look around’.
 

Animasi dengan ‘Camera’

Satu aplikasi ‘Camera’ adalah membuat klip animasi seperti di bawah.


 
Setiap ‘scene’ berisi adegan sudut pandang dari arah berbeda seperti di samping (ada 6). Semua garis pandang kemudian di-‘hide’ dan model (pesawat) di-‘unhide’. Beres, tinggal dianimasi. Jadinya seperti di atas.

Kelemahan animasi SketchUp, gerakannya belum atau kurang halus. Ada kesan gerak ‘patah-patah’ karena berhenti sejenak saat pergantian adegan/sudut pandang.
 

:D   (‘Walk’ ditunda dulu)
 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tutorial

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 226 pengikut lainnya.