Tokoh-Tokoh Digital Yang Menghebohkan dan Mengubah Wajah Dunia (1)

tokoh digital duniaMereka adalah tokoh yang senang berutak-atik teknologi digital. Mereka adalah tokoh digital yang menghebohkan, yang berhasil mengubah wajah dunia menjadi seperti sekarang ini. Padahal dahulu ketika karyanya masih ‘kecil’, mereka dicuekin; waktu sedikit gede mereka diledekin, tetapi setelah jadi raksasa? Hoho… baru tersadar!

Orang-orang baru sibuk memperhitungkan kehadirannya sebagai ancaman kelangsungan kehidupan yang telah dirintis dan dibangun dengan susah payah selama ini.

Terlambat! Terlanjur nasi telah jadi bubur.

Tokoh digital bermunculan tanpa terbendung, jumlah tak terhitung. Tokoh muda, cerdas, bertalenta, penuh kreativitas, dengan cara dan gayanya masing-masing mulai menghapus batas-batas dunia nyata dengan dunia maya. Mereka menggeser posisi puncak raja-raja kaya dunia dari industri, perdagangan, perbankan. Mereka menciptakan revolusi menggulingkan raja berkuasa. Mereka pujangga yang karya dan tulisannya diminati dan dibaca jutaan umat manusia. Mereka berhasil jadi selebriti kaliber dunia. Lady Gaga hadir di sana! Tetapi ada juga yang memilih jadi ‘malaikat’ atau ‘pendeta’. Banyak lagi.

Kita coba bedah beberapa dan membaginya, kali ini dalam kelompok Inovator dan Visioner.
 

Inovator

Mereka membuat terobosan-terobosan baru, sebagian berhasil sebagian tidak. Mereka melawan arus, jalan pikirannya berbeda tidak seperti kebanyakan orang.

Tim Cook sepeninggal Steve Jobs share Apple naik 50%Tim Cook — dalam waktu singkat, strategi warisan Steve Jobs dalam desain dan efisiensi manufaktur perangkat elektronika, dilanjutkan Tim Cook yang memelejitkan nilai saham Apple hingga lebih 50%.

Skype Niklas ZennstromNiklas Zennstrom
Skype sepertinya belum tertandingi sampai sekarang sejak diluncurkan tahun 2003. Asetnya ‘tidak banyak’ sekitar USD 225 juta saja, tetapi bisa-bisanya dia memperoleh uang ‘tidak banyak’ itu bermodal program oceh tampak muka.

Spotify Daniel Ek Enjoy the MusicDaniel Ek
— motonya ‘Enjoy the Music’! Bagi penggemar streaming lagu dan musik gratis tentu tak asing dengan situsnya, Spotify. ‘Spotify’ mungkin ini salah satu penyebab diluncurkannya ‘SIPA’* dan ‘SOPA’ yang menghebohkan itu. Perusahaan rekaman musik merasa terancam bisnisnya.

* PIPA = Protect IP Act (akta/undang-undang perlindungan hak cipta), SOPA = Stop Online Piracy Act (akta/undang-undang penghentian pembajakan ‘online’).

Hulu siaran TV online, pendirinya Jason KilarJason Kilar — bagi penggila sepak bola yang bermimpi bisa menonton siaran ‘live’ (langsung) di mana saja, dan gratis, akan segera terwujud. Itulah misi ‘Hulu’.

‘Hulu’ menyediakan sarana menonton siaran TV secara ‘online’ dari seluruh stasiun TV yang ada di Amerika. Berhasil menggaet 2 juta pelanggan! Sementara terbatas bagi warga Amerika dulu. ‘Hulu’ mulai menghapus batas menonton TV yang disiarkan via ‘udara’ dengan via ‘kabel’. Kalau siaran semacam itu diijinkan di Indonesia kita namai ‘Hilir’ saja, setuju? (Kapan, ya.)

Khan Academy, sekolah online gratis oleh Salman KhanSalman Khan — pernah mendengar Khan Academy? Inilah sekolah ‘online’ gratis. Mau belajar apa saja mulai aritmetika, fisika, keuangan, sejarah, hingga ketrampilan. YouTube, juga gratis, dimanfaatkan sebagai media pembelajarannya. Kapan kita bergegas membangun infrastruktur jaringannya dan meniru gagasan mas atau akang Salman demi kemajuan anak bangsa?
 

Visioner

Mereka hebat berkat pandangan dan pemikirannya yang jauh ke depan, mendapatkan solusi pemenuhan kebutuhan manusia abadi, selalu dicari dan dinanti. Terawangannya hebat dan berbukti!

Status Facebook Mark Zuckerberg sekarang 'married'Mark Zuckerberg
— pasti kenal, dialah pendiri Facebook! Di usia yang masih tergolong belia (28 tahun), kekayaannya menduduki peringkat 35 pada papan 40 orang terkaya dunia versi Forbes. Terakhir nilai sahamnya merosot. Tak ambil pusing, tergantikan oleh Priscilla Chan yang bulan Mei lalu memaksa Mark memperbaharui status Facebooknya menjadi ‘married’ alias ‘sudah menikah’. Perjalanan keluarga ‘FB’ baru saja dimulai; masih panjang, masih banyak waktu.

Google is Larry Page vice versaLarry Page — identik dengan Google. Tak usahlah dibahas, ya. Pada usia 39 sekarang menduduki peringkat 24 orang terkaya di dunia versi Forbes. Wow
 

Amazon kindle e-tail karya visioner Jeffrey BezosJeffrey Bezos
— contoh kisah sukses yang berangkat dari bawah, dari garasi(!) yang meroket menjulang menempati peringkat 26 orang terkaya dunia. Itulah Amazon, yang membuka mata dunia cara baru berjualan buku. Di sini lahir ‘Kindle’, perangkat baca isi buku dan media cetak elektronik. Numpang lahir di sini konsep ‘e-tail’ atau ‘e-retail’ alias penjualan eceran melalui internet.

Sekarang ‘e-tail’ marak di mana-mana. Penjualan tiket kereta api termasuk ‘e-tail’? Tentunya, dan tiket lebaran sudah terjual habis! Tak perlu antri, tak ada calo. Hebat.

Netflix Reed Hastings akan membuat HBO OnlineReed Hastings — tidak terbayang waktu itu bioskop bisa pindah ke rumah. Tidak tanggung-tanggung, sebentar lagi HBO (Home Box Office), stasiun TV yang menayangkan khusus film, akan melahirkan kembarannya di internet. Beruntunglah mereka yang terjebak macet di kota metroplitan dan kota besar, sekarang bisa menghibur diri di rumah.

eBay dan PayPal duet e-commerce dari John DonahoeJohn Donahoe — jelinya John melihat lalu-lalang uang di eBay, sebuah sarana jual-beli melalui lelang di internet, melahirkan gagasan untuk mengakusisi ‘bank internet’ PayPal! Menyerap tenaga kerja sebanyak 27.000 orang yang tersebar di seluruh dunia, kedua bisnis ini menghasilkan USD 3,2 milyar (2011). Tidak cukup ruang mencetak bilangan ini di buku tabungan. Hehe.. masih bisa ya.

Aribnb Brian Chesky tahu orang akan mencari cara alternatif beliburTentu saja Bill Gates dengan ‘Microsoft’nya, yang juga penggemar berat Khan Academy, ada di dalam daftar kelompok ‘Visioner’.

Bagi pengembang perumahan atau ‘real estate’, tanyalah Brian Chesky (1981, http://www.airbnb.com) cara alternatif jadi kaya melalui penyediaan akomodasi bagi orang yang sudah bosan tinggal di hotel. Nah ‘lho… kita sedikit kasip; liburan sudah habis, sudah tiba waktu untuk kembali bersekolah.
 
Muda, cakap, cerdas, kaya raya. Halo para perancang arsitek pembangun negeri ini, halo pembuat kebijakan, halo pelaku bisnis dan entrepreneur muda, dimanakah posisi kita? Banyaklah belajar dari mereka. Fakta sudah berbicara, dunia maya membuka kesempatan seluas-luasnya untuk kita jadi raja…
 

:D  (kesimpulannya, carilah cara mengumpulkan masa (banyak orang) dan bangun komunitas)

 

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.