Tokoh-Tokoh Digital Yang Menghebohkan dan Mengubah Wajah Dunia (4)

Silicon valley compared to West Java
 
Ketrampilan itu memiliki nilai ekonomi. Sayang tidak semua sadar, atau sadar namun belum sanggup mengubah menjadi sebuah nilai ekonomi (baca, duit). Itu mungkin salahsatu penyebab utama orang lebih memilih karir pegawai ketimbang wirausaha atau entrepreneur.

Tidak mudah memang jadi seorang ‘entrepreneur’. Beruntunglah mereka yang tinggal di lembah silikon atau ‘Silicon Valley’ (SV) di Amerika (gambar tengah dan kanan, klik untuk memperbesar). Lingkungan yang tepat dan mendukung berhasil merangsang tumbuhnya industri produk dan jasa ‘hi-tech’ IT. Dari luas areanya saja kita bisa menaksir betapa dahsyatnya industri ini.

Tokoh digital yang menghebohkan dan mengubah wajah dunia tercipta di sini. Industri anak bangsa ‘Marvell’ juga lahir di sini (tanda ‘ungu’ & ‘merah’, tidak kelihatan). Katanya dalam waktu dekat akan memperluas usahanya di Indonesia dan berkantor di Bandung. Semoga jadi.

Usaha dalam bidang ini memerlukan kejelian para pencari bakat dan investor, yang berani menanamkan modal di usaha baru (‘start up’) yang tidak atau belum pasti masa depannya. Tetapi di tangan dingin ‘super angel’ ini, begitu julukannya (bahasa inggeris, bukan jawa, ‘angel’–susah), usaha bisa berkembang dan sukses.
 

Super Angel

Berikut beberapa tokoh ‘super angel’ (klik kanan gambar untuk informasi lebih lanjut).

Y Combinator Paul GrahamY Combinator — namanya aneh, didirikan Paul Graham (2005). Paul melihat usaha ‘IT’ tidak perlu biaya besar. Sarana dan prasarana seperti software ‘open source’ nyaris gratis, akses internet lebih mudah, biaya perangkat keras lebih terjangkau. Perusahaannya menawarkan dana, konsultasi, dan koneksi. Imbalan kalau berhasil, 6% kepemilikan harta kekayaan usaha!

Thiel Fellowship Peter ThielThiel Foundation — punyanya Peter Thiel (pendiri ‘PayPal’ bersama Max Levchin). Ide gila Peter, memberi dana USD 100.000 (hampir 1 milyar) bagi mahasiswa di bawah usia 20 yang berani meninggalkan bangku kuliah demi mewujudkan impiannya. Dari 400 mahasiswa yang mempresentasikan gagasannya, 24 berhasil lolos memperoleh dana tersebut.

Hebat sekali cara menggebrak semangat calon entrepreneur muda, generasi berikut yang bakal mengubah wajah dunia.

Andreessen-HorowitzAndreessen Horowitz — diambil dari nama berdua, Marc Andreessen dan Ben Horowitz (2009). Menginvestasikan dana di usaha awal dan yang sedang berjalan. Salahsatu keberhasilan saat menginvestasikan USD 50-juta di Skype (2003, masih kecil). Dianggap ambisi gila karena tidak mungkin bersaing dengan raksasa Google dan Apple. Percaya atau tidak, hanya butuh 1,5 tahun menaikkan nilai ‘Skype’ menjadi USD 8,5 milyar yang dibeli Microsoft. Wow!

Mereka berinvestasi di berbagai bisnis yang menurut pandangannya memiliki masa depan cerah seperti komunikasi, game, sosial, e-commerce, pendidikan, dan usaha IT lainnya. Ikutan?

SV Angel Investor David Lee Ron ConwaySV Angel — tokoh utamanya Ron Conway, yang melakukan investasi lebih dari 500 perusahaan (!) dari yang terkenal hingga yang kurang terkenal. Situsnya agak tertutup, entah mengapa; kita diarahkan ke akun ‘twitter’ kalau mau mengikuti informasi investasi perusahaannya. Itu pun hanya sepenggal.
 

Diskusi

‘Super angel’ menerapkan konsep Tech-People-Money, mengubah teknologi (ketrampilan) yang dimiliki seseorang menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi (uang). Hidup di habitat yang tepat perlu untuk memulai usaha baru yang sukses. Kelak pada gilirannya akan disusul oleh lahirnya usaha-usaha baru sukses lainnya, membentuk satu ekosistem yang saling melengkapi.

Tidak berhasil bukan berarti menyerah. Konperensi ‘FailCon’ (lihat kolom samping), adalah ajang temu para calon entrepreneur untuk saling berbagi pengalaman kegagalan dalam rangka menuju sukses.
 

:D   (terbayang ‘Marvell’ menjadi teladan pengisian koridor Bandung-Jakarta dengan industri ‘hi-tech’ hingga penuh seperti ‘SV’!)
 

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain
One comment on “Tokoh-Tokoh Digital Yang Menghebohkan dan Mengubah Wajah Dunia (4)
  1. riosetoblog mengatakan:

    ada kesamaan posting ini dengan logo blog, program tv ‘indonesia mencari bakat’ dan ‘indonesia idol’…

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 226 pengikut lainnya.