Lain-Lain

3G, Gilanya Google Goggles

Konsep Google Goggles
 
Berjalan di antara kerumunan orang banyak, mengenakan kacamata ala ‘StarTrek’, mulut berbicara sendiri… gila orang ini ‘kali. Keliru. Samasekali tidak. Di balik kacamatanya, dia sedang berdialog dengan lawan bicara di seberang sana yang tidak kasat mata. Mungkin dia sedang menikmati membaca berbagai informasi yang tampil di layar kaca kacamatanya.

Macam apa ini, mana ada kacamata seperti itu.

Project Glass Google GogglesAda! Benar. Google Goggles, begitu namanya, akan segera beredar di pasar. ‘Google Goggles’ adalah produk istimewa menerapkan teknologi mutakhir, mengintegrasikan telepon genggam dan ‘komputer’ untuk dikenakan di mata! Hands free full. ‘Google Goggles’ membentuk jejaring interkoneksi baru ‘mata-mulut-telinga-otak’. Mata menangkap obyek untuk diptoret dan membaca informasi di layar kaca, mulut bersuara di mikropon di dekatnya, telinga mendengar musik dari gagangnya. Semua lalu diserahkan ke otak untuk dicerna. Luar biasa.

Lagi-lagi Google, gagasan gilanya tak pernah habis-habis. Dulu Google pertama mengenalkan teknik pencarian informasi via gambar (image). Gambar tinggal di’drag-drop’ di kotak pencarian, lalu Google mencari keterangan terkait gambar tersebut. Ternyata fitur pencarian ini disukai, pengguna pernah mencapai 1 milyar lebih dalam sehari!

Mungkin ini yang mendorong dikembangkan lebih lanjut membuat program pencarian citra untuk telepon genggam berkamera. Nama program juga ‘Google Goggles’. Kita tinggal memotret obyek dan mintakan Google menerangkan obyek tersebut. Masih terbatas, sementara baru bisa mengenali bangunan terkenal, buku, benda seni, minuman, logo, teks (dan diterjemahkan!), dan nama orang.

Tentunya program pencarian melalui citra ini juga terdapat di kacamata ‘Google Goggles’. Bahkan nanti (akhir 2014?), pustaka pengetahuan Google akan dilengkapi dengan data flora (tanaman) dunia agar kita mengenal khasiat dan bahaya tanaman tersebut.

Screen contact lens, Google Goggles stereoLebih gilanya ‘Google Goggles’ lagi, nanti kacamata tak perlu kaca karena pindah menempel langsung di mata! Kita cukup pakai kacamata bolong, atau, seperti saat anak-anak dulu kaca dari plastik warna merah-biru?
 
Kita tunggu saja apakah terobosan gila ‘Google Goggles’ sanggup menggeser peran telepon genggam yang menurut kita, sekarang, sudah cukup nyaman dengan berbagai kelengkapan fiturnya itu.
 

:D   (penerapan nyata konsep ‘Tech-People-Money’, lihat posting lalu)

 

6 thoughts on “3G, Gilanya Google Goggles

    • Oom Google.. ‘nih ada peminat mendaftar, ingin segera punya goggle untuk melihat khasiat bunga & buah seluruh dunia yang bisa ditanam di kebunnya! :D he.he…

Ditunggu komentarnya... ('like' ikutan dong)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s