Kaki-5 Digital

iPavement, kaki-5 menjadi sumber informasiInformasi luar biasa dampaknya kalau kita mengerti dan sanggup memanfaatkannya. Google sadar betul dan terciptalah kacamata atau ‘goggles’ yang menggemparkan itu. Ke mana kita pergi, informasi mendampingi. Google tidak sendiri, ada saingan gila …menciptakan kaki-5 digital.

Pengetahuan ada di bawah telapak kaki kita!

Ubin untuk kaki-5 digitalKaki-5, trotoar, atau emper, tempat kita berjalan kaki menyusuri pertokoan, pusat belanja, atau pusat keramaian umum, fungsinya mulai berubah sebagai sumber informasi. Google menawarkan akses informasi melalui kacamata, perusahaan ini menawarkan akses informasi melalui ubin yang kita pijak. Cerdas!

Spesifikasi ubin yang semula dimensi, berat, dan material saja, sekarang bertambah: kapasitas memori 5 GB, OS Viacities berbasis Linux, Bluetooth dan Wifi dengan cakup pancar 500 m2. Memori untuk menyimpan informasi obyek dan produk di sekitarnya. Tentunya bayar, ya.

Ubin juga diperlengkapi sensor untuk menjaring berbagai informasi penting seperti suhu dan getaran. Nama yang diberikan untuk ubin ini keren, iPavement.

Adakah yang dirugikan dengan kehadiran ‘iPavement’? Kebalikannya mungkin, kita tak takut tersesat di negeri asing. Kita disapa ramah oleh pemandu tur virtual memberitahu nama jalan, posisi dan arah, memandu ke bank, restoran, hotel, stasiun, bandara, dan seterusnya. Peta dan kompas sepertinya tidak terlalu penting lagi. Enaknya.

Masih lamakah kita punya kaki-5 digital? Masih, ubin baru diperkenalkan di sebuah pameran dunia akhir tahun ini.
 
:D
 

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain
2 comments on “Kaki-5 Digital
  1. Edy Gunawan mengatakan:

    Business model-nya seperti apa ya Pak? didukung iklan oleh usaha-usaha di sekitarnya?

    • riosetoblog mengatakan:

      Sudah kuduga, Bali memang paling cocok untuk testbed, mas Edy memulai ..buruan! Bisnis model belum tahu, iklan salahsatu, download/print hardcopy salahdua, mungkin fiverr.com bisa jadi ide.

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.