Hello World! (1) Tentang Udara

WordlMap_www.worldmaps.net

Penduduk di bumi kita terus bertambah mencapai 6 milyar saat memasuki tahun 2000, dari 1 milyar di tahun 1820, 2 milyar tahun 1930, 3 milyar tahun 1960, 4 milyar tahun 1974, hingga 5 milyar di tahun 1988. [1] Populasi tahun 2009 diperkirakan sudah mencapai 6,7 milyar[2], dan pertumbuhan masih terus berlangsung tanpa ada tanda-tanda berhenti.

Sementara itu semua sarana yang kita perlukan untuk hidup, terbatas. Sarana tidak ikut tumbuh, bahkan cenderung berkurang. Daratan, tempat menumpang sekaligus lahan utama sumber makanan bagi kita, tidak bertambah; oksigen tidak bertambah, air bersih juga tidak. Jadi?

Ambil oksigen (O2) sebagai contoh. Katakan kita bisa bertahan hidup dengan kandungan O2 di udara, 18% (normal 21%); menurut perhitungan kasar kondisi degradasi ini tercapai setelah 72.000 tahun![3] Meski diperpendek menjadi 60.000 tahun sekali pun, karena di”racun”i berbagai jenis bahan terbakar yang merampas O2, masih ada seribu lebih generasi yang masih berkesempatan menikmati hidup dengan oksigen yang ada.

Jadi tidak perlu cemas. Bagaimana dengan ketersediaan air layak pakai dan daratan? Kapan-kapan keduanya kita bedah, gaya pop saja agar kita jangan resah.

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, memberi harapan baru yang menggembirakan bagi manusia dalam upaya meningkatkan kualitas hidup ke yang lebih baik, tetapi sekaligus juga menghadirkan kecemasan baru dengan terciptanya senjata mutakhir canggih yang sanggup memusnahkan manusia dalam sekejap itu!

Memahami tren pertumbuhan populasi dunia dengan kondisi darat-udara-air di atas berikut segala dampaknya, adakah  mata dan pikiran kita terbuka bagaimana kita harus memanfaatkan teknologi bloging ini sebaik-sebaiknya, demi kehidupan yang lebih baik dan bermakna?

😀 rio
tidak ada perubahan, 14 nov.2010.

* FreePrintableMaps

[1] The World Factbook
[2] World Internet Users and Population Stats
[3] “Is there enough Oxygen in the atmosphere?”

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Wawasan
One comment on “Hello World! (1) Tentang Udara
  1. […] itu mencoba menerawang jauh ke depan, Hello World Udara, Hello World Air, Hello World Darat, dan menerka permasalahan apa yang akan muncul tahun 2050 di […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: