Riset Kecil-Kecilan

HTML_010609-JPG

Ya, artikel harus mempesona untuk bisa menarik perhatian pengunjung. Saya termenung, lewat mana pesona bisa masuk? (Mata.) Jadi mata harus disuguhi yang bagus-bagus, yang cantik, entah itu tampilan, topik, gambar, tata letak teks,  dst., dst., begitu ya?  Baru tahu saya. Kalau begitu artikel Taut (Link) di Blog 101 kemarin memakai “butir”, hasilnya kurang bagus. Hurufnya mengecil, font-nya berubah, tidak rapi rata kiri, “butir”nya hilang. Kualitas artikel, keterbacaan atau readability, turun. Mata jadi tidak berselera berkunang-kunang karena artikel kehilangan pesona, padahal isi mungkin berguna. Terus diklik, ganti page lain. Waduh.

Artikel, tidak akan diperbaiki untuk pembanding nanti. Artikel berikutnya sudah harus betul. Kuncinya terletak pada penyuntingan di editor teks. Ada 2 panil, [Visual] dan [HTML]. Banyak yang usul kalau mau menyunting pakai panil HTML saja. HTML, apalagi itu, kok sepertinya rumit sekali?

Saya belum siap belajar HTML sekarang;  saya mau tahu HTML yang terkait hanya dengan format dan alignment artikel saya saja dulu. Cari-cari di WordPress, di blog rekan-rekan, belum juga ketemu-ketemu. Malah saya menemukan yang lain tetapi karena ulasannya boleh juga, ya sudah saya catat dan simpan saja. Dibuang sayang, siapa tahu kelak butuh.

Saya baru saja melakukan sebuah riset. Sudah terkumpul pustaka atau library pengetahuan cukup banyak yang siap membantu pembuatan konten artikel saya nanti. Lha yang tadi belum ketemu? Proses pencarian harus dilanjutkan melalui survey, browsing, searching, surfing, berselancar, blog walking, … . Ah, semuanya idem dan kata orang akademi, riset. (Lebih keren?)

Bagaimana membangun riset? Saya coba mulai dengan “alignment in HTML“. Terlalu tajam, takut malah tidak mengerti. Akhirnya “editor HTML” sajalah. Lebih umum, dibuat bervariasi hingga 4 kata kunci. Langsung riset dijalankan. Diekstrak, diambil 5 teratas, biar seru ditambah peringkat trafik dan ukuran berkasnya. Beres, hasilnya seperti gambar di atas.

Wo..wow, sungguh menarik. Tabel bisa diajak ber”dialog”. “Kata” tabel, kata kunci lain, peringkatnya lain; kata dan kalimat diatur agar mudah ditemukan dan bisa menempati peringkat atas; satu program yang sama berperingkat atas dapat ditemukan Google di bawah 3 nama berbeda! Eh, kok bisa sih? Cerdik juga. Nanti saya belajar, katanya trik semacam ini untuk bisnis, benarkah? Ada satu yang dari Indonesia nyelip di situ. Hebat, bangga. Asli, lho!

Kalau tabel sudah berkata begini, banyak artikel menarik bisa tercipta. Halo bloger pemula, silakan pakai dan saya serahkan tabel untuk dibuat artikel menarik. Mengulas misalnya, (1) review beberapa editor dan bandingkan seperti kemudahan pemakaiannya (user friendly), fitur-fiturnya, dsb.,  (2) Kuasai satu editor lalu buat tutorialnya disertai contoh, syukur bisa sampai ke website (kirim sebagai hadiah ke saya satu, oke),  (3) Kaitan data tabel dengan SEO (search engine optimization),  (4) Kontak yang buatan Indonesia dan tawarkan, apakah ada program afiliasinya, apa boleh  dibuatkan trainingnya?

Masih banyak lagi.

Saya sih mau pakai tabel buat cari yang belum ketemu tadi. Harus dapat, soalnya, artikel sudah waktunya didandani seksi agar mata bisa lebih dari hanya terbuka dan berselera, sampai terbelalak dengan mulut ternganga (hah?).

Just kidding.
😀 rio
tidak ada perubahan, 14 nov.2010.

Berkas eksperimen [.pdf]:  HTML_Survey (lihat nih, aku sudah bisa sedikit html!)

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Wawasan
3 comments on “Riset Kecil-Kecilan
  1. […] indonesia, inggeris, jawa(!), David[1], kemarin berkomentar meminta pencerahan soal tabel di “Riset Kecil-Kecilan“.  Saya menjanjikan menjawabnya hari ini. Inilah […]

  2. David berkata:

    Saya nggak faham nih

    • rioseto berkata:

      Hi David,
      Nice to meet you. Saya sudah lihat blog David sepintas. Bagus sekali, multi-lingual, ada Jawanya lagi. Hebat, tenan!

      David tunggu artikel besok saya, oke? I haven’t even described myself yet…

Silakan komentar, 'like' juga oke

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

