Riset Kecil-Kecilan (revisited)

HTML_Survey

Pemilik blog 3 bahasa, indonesia, inggeris, jawa(!), David[1], kemarin berkomentar meminta pencerahan soal tabel di “Riset Kecil-Kecilan“.  Saya menjanjikan menjawabnya hari ini. Inilah dia.

Mengingat kegiatan riset merupakan bagian penting dari bloging, saya pikir ya dibuat artikelnya saja agar rekan-rekan lain yang belum sempat mengikuti, bisa menikmati dan memanfaatkannya. (Artikel sebelumnya terlalu singkat.)  Gambar tabel di artikel sebelumnya, diulang kembali dengan kualitas sedikit lebih baik*.[2]

Sebuah mesin pencari (search engine) akan menampilkan sederet nama situs berurutan ke bawah. Proses ini dikenal dengan nama search engine results page, disingkat SERP.  Ketika saya memerlukan informasi editor HTML, saya masukkan kata kunci “editor HTML” (lihat kolom-2). SERP Google menampilkan nama-nama situs relevan dengan yang saya cari. Saya awam, tetapi secara nalar urutan paling atas, atau peringkat tinggi, mestinya situs paling populer, alias situs yang paling banyak dicari orang. Betul? (Ternyata salah! Lihat jawabnya di bawah).

Lima situs teratas saya ambil dan masukkan ke dalam tabel sesuai urutan SERPnya (angka di dalam sel). Selain urutan, informasi juga dilengkapi dengan data lain seperti  gratis atau berbayar, ukuran editor, dan lainnya suka-suka sesuai kebutuhan kita. Saya menambahkan peringkat Alexa.

Saya klik kelima situs di atas satu per satu, ekstraksi informasinya, cari tahu gratis atau tidak dan besar berkasnya. Saya aktifkan Alexa untuk tahu peringkat situsnya. Berhenti, selesai. Tabel sudah terisi data untuk kata kunci “editor HTML”.

Prosedur diulangi untuk kata kunci lain, kali ini berbahasa inggeris, “HTML editor” (kolom-3).  Ternyata SERPnya lain. Wah, ini menarik. Dua dari 5 situs, Real-time HTML Editor dan HTML editor Indonesia, ditemukan kembali dengan kata kunci ini, tetapi dengan peringkat berbeda. Selebihnya adalah situs baru. Kembali saya lengkapi data mengikuti prosedur seperti sebelumnya. Tabel kini sudah terisi data untuk kata kunci “HTML editor”.

Lanjutkan dengan kata kunci-3 dan 4.  Habis, riset pengumpulan data tentang HTML editor tuntas sudah. Saya sekarang sudah punya tabel informasi penting. Penting apa?

Cobalah simak dengan cermat, tabel ini sebenarnya “ngomong” banyak. Ambil contoh, situs HTML editor Indonesia. Peringkatnya berbeda ‘kan? Jangan puas dulu, mungkin kebetulan. Lihat yang lain, iya yah berbeda. Lainnya. Lainnya lagi. Berbeda juga. Siip, barulah sekarang kesimpulan boleh kita tarik, “peringkat adalah relatif; peringkat tinggi SERP bukan jaminan popularitas“.

Eureka! Saya dapat! Saya tahu sekarang!

Betul, dan kesimpulan ini bisa dibuat menjadi sebuah artikel menarik. Tabel masih punya segudang Eureka! lainnya. Ini baru dari pemilihan kata kunci. Coba lakukan seperti ini dengan mesin pencari lain. Bersiaplah kaget sendiri. Jadi, kalau saja mau rajin berkutak-katik, mengapa harus cemas atau takut kehabisan materi? OK, kalau ada yang mau coba, jangan lupa beritahu saya kalau sudah nanti, ya.

Ayo, belajar riset dan bikin artikel!

* “Kualitas Gambar untuk Posting” (menyusul)
[1] davidjuly.blogspot.com
[2] HTML_Survey.png

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Wawasan
2 comments on “Riset Kecil-Kecilan (revisited)
  1. Raspio Wismono mengatakan:

    Pak Seto,
    Blognya bagus, hanya sayang margin kirinya kok gak ada. Dikomputer saya kalau setelannya meleset sdikit saja, maka di semua baris huruf pertamanya akan tidak kelihatan.
    Komentar saya….ya…ada laah margin kirinya, setengah senti aja mungkin udah cukup….he…he…

    Momi

    • rioseto mengatakan:

      Hahaha… mas Momi, namanya juga belajar; temanya masih berubah seperti sekarang. Masih cari terus sampai dapat yang pas dan nyaman…

Silakan komentar, 'like' juga oke

