Kualitas Gambar untuk Posting

dotted-worldmap-preview

Pada dua artikel “Riset Kecil-Kecilan” sebelum ini, gambarnya sama tetapi kualitasnya berbeda, meskipun sudah ada peningkatan, masih buruk rupa juga. Saat gambar dibuat, prosedurnya tidak sama (eksperimen saya). (Blog WordPress tidak bisa disisipi berkas spreadsheet MS Excel? Ada yang bisa bantu? Terpaksa pakai gambar.) Beda kualitas ini membuat saya penasaran…

WordPress hanya mengenal 4 jenis format gambar, .jpg, .jpeg, .png dan .gif.  Apa hubungan kualitas gambar dengan keempat format ini? Cobalah simak peta dunia “bintik”  di atas.[1] Nyata sekali bedanya.

Bentuk benua Amerika kasar, Asia dan sebagian Eropa Timur lebih halus, Asia paling halus. Kalau dimensi bintik diperkecil lagi kita memperoleh bentuk benua yang utuh sempurna, semua detil terlihat. (Bali jadi ada ‘kan, disini tidak.) Mana lebih bagus, yang detil atau “mosaik”? Relatif, yang pasti semakin kecil bintik, bentuk benua semakin jelas. Dampaknya adalah terhadap ukuran berkas. Setiap bintik merepresentasikan satu noktah informasi; besar ukuran berkas ditentukan oleh total jumlah noktah.

Format gambar, persis sama; gambar dibentuk oleh bintik halus yang kita kenal dengan pixel. Gambar foto yang kaya penuh warna hingga detil, ukurannya berkasnya besar sekali. Akibatnya, ruang atau lahan yang diperlukan untuk menyimpan berkas, juga besar. Diperlukan metoda memperkecil ukuran berkas karena teknologi memori, ketika itu, belum memungkinkan dan belum seekonomis sekarang.

Untuk mengejar nilai ekonomi, dilakukan kompromi bagian mana dari bintik gambar yang bisa dihilangkan, tanpa mengorbankan kualitas (nilai) informasi yang terkandung di dalamnya. Tekniknya bermacam-macam; format .jpg, .jpeg, .png, dan .gif hanya sebagian dari sekian banyak format yang ada. Teknik pengecilan ukuran berkas ini disebut kompresi (compression).

Keempat format memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penjelasan dan pemakaiannya, dapat dibaca di “TutorialGratis.net”.[2]

Penjelasan serupa dapat diberlakukan untuk jenis media lain. Cobalah lakukan riset kecil membandingkan ukuran berkas media video (film, animasi)audio (bicara, musik), teks (.pdf, .zip, dsb.). Berani?


[1]  Dotted world map
[2]  “Tips Memilih Format Gambar BMP, JPG, GIF, atau PNG

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blogging
4 comments on “Kualitas Gambar untuk Posting
  1. mau tanya mas,ketika upload gambar-gamabr diwordpress kualiatas gambar menjadi lebih jelek.gmna caranya agar gambar-gambar yang kita upload diwordpress kualiatas tetap sama dengan gambar aslinya?

    • rioseto berkata:

      Kualitas menurun antara lain dimensi gambar berubah/diubah. Di WP ada sarana untuk memperkecil, atau dengan merentangkan atau mengecilkan dimensi gambar di editor. Kalau tidak terpaksa, hindari pemakaian kedua sarana ini.

      (update) Kualitas menurun kalau di save dengan kualitas kurang dari 100%. Usahakan selalu 100%.

      Tipsnya:
      (1) Mengubah dimensi gambar tanpa mengubah kualitas sebaiknya dilakukan di editor. Saya pakai Irfanview; download di Irfanview Download. Lumayan).
      (2) Dengan editor atur dimensi akhir gambar tidak perlu dimodifikasi lagi.
      (3) Memotret produk cukup dengan resolusi rendah (misalnya 640×480 piksel). Set kamera digital dengan fasilitas itu (biasanya ada). Lebih dari cukup, foto bagus dan tajam untuk blog/web. Save dengan kualitas 100%.

      Selamat bereksperimen,
      😀

  2. Endang Kusmana berkata:

    betul mas saya juga pemula. pada dasarnya mau pilih blog gado2 atau spesifik sebenernya sama aja. biar gado2 kalo bumbunya enak pasti ngetop juga mas….hehe…
    trims atas kunjungannya.

    • rioseto berkata:

      Betul Kang, gado-gado yang dinilai cantik dan enaknya.. sudah tidak penting lagi ada krupuk, ketupat, kecap… maksudnya blog ini juga demikian, apanya yah supay cantik dan enak, agar diminati dan dinikmati terus?

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: