Bioritmik (Biorhytm)

Biorhythms_Wikipedia
Dua artikel tentang bioritmik atau biorhytm untuk blog hari ini. Artikel ini, dan artikel satu lagi, yang mencoba mencari kaitan bioritmik dengan kemenangan Obama di Amerika! Kita juga sedang mengadakan Pilpres, hari ini, ya.

Bioritmik adalah siklus dari sinyal yang berasal dari dalam diri manusia. Sinyal ini mulai bekerja sejak kita lahir. Sinyal menyatakan kondisi fisik (physical) dengan siklus 23 hari, emosional (emotional) bersiklus 28 hari, dan intelektual (intellectual) bersiklus 33 hari. Setiap siklus berangkat dari “0”, naik memasuki tahap atau fase Aktif, kembali ke “0”, turun masuk ke fase Pasif, dan kembali ke “0”.

Siklus Fisik (Physical)
Sinyal siklus bersumber dari sel otot. Menunjukkan kekuatan fisik, vitalitas, dan kesehatan. Siklus menunjukkan secara simbolik karakteristik laki-laki. Dalam fase Aktif, fisik sedang berjaya; semua kekuatan, ketahanan, kekebalan, metabolisme kelenjar, daya penyembuhan (kalau sakit), sedang berada dalam kondisi puncak. Satu istilah pas, energik penuh!

Di fase Pasif, kita dalam keadaan lesu, lemah, letih, tidak nyaman, tidak berdaya, dan seterusnya. Lintasan siklus dari Aktif ke Pasif memasuki perbatasan “0” disebut fase Kritis. Waspadai kondisi tidak stabil, tidak menentu. Kecelakaan umumnya terjadi di sini. Lintasan perbatasan dari Pasif ke Aktif disebut fase Netral atau Nol, tidak berdampak yang berarti ke diri kita.

Siklus Emosional (Emotional)
Sinyal siklus berasal dari sistem syaraf, secara simbolik didominasi oleh karakteristik perempuan. Siklus berkaitan dengan kepekaan, perasaan, semangat. Di fase Aktif, siklus menunjukkan kestabilan emosional, kehadiran energi positif, kemampuan menjalin hubungan dengan dunia luar (sosial). Kreativitas ada di sini!

Di fase Pasif, kita merasa santai, perasaan “mati” (bad mood, dan sejenisnya). Fase Kritis, orang merasa tertekan, merasa dirinya tidak berarti! Wow, hati-hati.

Siklus Kecerdasan atau Intelektual (Intellectual)
Sinyal bersumber dari sel otak. Siklus menunjukkan daya atau kemampuan manusia berpikir, berbicara, dan bertindak. Di saat tinggi atau fase Aktif, manusia memiliki pikiran tajam, sanggup membuat kajian atau analisis dengan baik, menggunakan nalar (logika), mengambil keputusan bijak, dan konsentrasi penuh.

Dalam fase Pasif, sesuai namanya kita kehilangan daya berpikir dan berkonsentrasi. Semua “hilang”. Di dalam fase Kritis, mungkin kita “bengong” saja, diajak berkomunikasi dan berpikir ‘ndak nyambung! Ah, masa sampai begitu, sih.

[1] Biorhytm (Wikipedia)
[2] What Are Biorhytm Cycles

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Wawasan
7 comments on “Bioritmik (Biorhytm)
  1. rosa mengatakan:

    saya ingin tahu lebih banyak untuk dapat softwarenya bgmn caranya

  2. Anjang mengatakan:

    makash infonyaa

    bisa tolong bantu perhitungannya gak, mas??
    makasih yaa…

  3. callighan mengatakan:

    Sebenarnya sih tidak terpikirkan untuk mengulas soal biorhythm. Tapi boleh juga lah saya ulas. Mungkin tidak dari sudut pandang ilmiah. Agak nyeni begitu.
    Trims idenya.

    • rioseto mengatakan:

      Ternyata! Rupanya saya berhadapan dengan seorang seniman, ya. Biorhytm disajikan nyeni, ehm, why not? Menariknya, ada unsur abstrak. Jadi, mas Callighan pertama. Asyik!

  4. callighan mengatakan:

    Bagus infornya.
    Ada tidak cara untuk mengukur dan meral biorhythm kita?
    Alangkah lebih baik jika kita bisa mengantisipasi kemunduran kerja kita melalui pengawasan Bioritme.

    • rioseto mengatakan:

      Ada mas Callighan, ada softwarenya segala untuk menganalisis hasil sampai detil. (Sayangnya berbayar.) Saya serahkan saja ke bloger lain, mas Callighan mau ulas biorhytm? Ayolah, saya dukung!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: