Impianku O-Blog “m.o.s.a.i.k” (Wawancara Imajiner)

BALI-Jul09-00_Ketapang-jpgApa impianmu?

Aku ingin bisa dikenal, bisa terkenal, melalui bloging.

Mengapa engkau ingin dikenal dan terkenal?

Ah, aku ‘kan manusia, yang perlu recognition juga. Boleh dong aku dikenal dengan aktualisasi diri di blog.  Aku pikir blog, pas, semacam telepon atau Facebook bentuk lain, dimana orang bisa kontak dan berkenalan dengan orang lain melalui tulisan yang dibuatnya. Bersyukur bisa terkenal; terkenal adalah sebuah kehormatan, sebuah kebanggaan, bukan untuk disombongkan.

Bukannya dikenal baru terkenal?

Menjadi terkenal adalah sebuah proses. Blog adalah aku, di awal jelas harus dikenal; buat blog “hidup”, bisa “ngobrol” dengan blog-blog lain  melalui konten yang berkualitas, bagus, dan menyentuh.  Kalau tidak, obrolan blog berhenti. Obrolan berlanjut hanya karena pertemanan, bukan karena konten.

Jadi blog berubah seperti telepon atau Facebook hanya untuk kontak dan beramah-tamah. Sah-sah saja, tetapi sayang blog semata-mata hanya untuk itu. Blog adalah sebuah media komunikasi yang ampuh, yang bisa berbuat lebih banyak, yang bisa memberi manfaat lebih besar. Lihat tulisan berikut.

Dengan cara apa engkau bisa membuat  dirimu dikenal?

Memposisikan aku, diriku, sebagai pelayan! Blog melayani pembacanya dengan baik. Suguhi artikel dengan topik pas dengan selera komunitas pembaca.  Harus ada ciri khas yang membuat blog dikenal. Orang menyebutnya, fokus. Kita tahu ‘kan kemana harus mencari masakan Padang?

Artikel atau topik apa yang menurutmu bisa menjadi terkenal?

Semua topik bisa diangkat. Mulai sampah hingga pesawat ulang-alik, dari astronomi hingga astrologi. Tiga artikel saya “Hello World” tentang udara, air, daratan, dan populasi adalah artikel umpan. Kalau dilanjutkan, blog tentang air yang terlihat sepele misalnya, bisa dikupas lebih dalam dari sisi fisika, kesehatan, kecerdasan, pencemaran, bisnis, senjata (?), survival, teknologi, dan banyak lagi turunannya. Jadi terkenal adalah masalah waktu.

Tidak semua orang bisa buat blog seperti itu, hanya pakar. Betul?

Jangan percaya, jangan suka berkecil hati. Itu ‘kan perkiraan. Coba lakukan riset kecil-kecilan. Body of knowledge, sumber ilmu pengetahuan, semua tersedia di internet! Manfaatkan sebesar-besarnya. Amati kejadian di sekeliling kita, informasi juga ditemukan di sana. Bukankah hackers sering menghasilkan karya jenius yang seringkali mengejutkan para pakar? Ucapan brilyan bisa terlontar dari mulut seorang anak kecil lho! Ilmu pengetahuan itu seluas dan sedalam lautan, tidak bisa diduga, jadi, …jadilah kreatif!

Engkau ingin dikenal dan terkenal dalam bidang apa?

Aku ingin blog berdampak bisnis. Bukan blog jadi ladang bisnis, tetapi dampak tulisanku itu. Contoh, blog air mengupas teknologi mengubah air hujan agar layak minum. Di sana ada komunitas pakar air. Aku jadi “pintar” dianggap “pakar” atau “hacker”, lalu aku disodori pekerjaan mewujudkan teknologi tersebut. Lalu, horee, aku dapat duit! Keliru, belum lagi…

Aku buat blog lain, tentang UKM (Usaha Kecil Menengah) manufaktur. Gaul dengan komunitas ini, aku tahu siapa yang layak membuat. Blog lain yang perlu diciptakan, Internet Marketing untuk tahu siapa yang pandai menjual (global). Semua dilibatkan, pemikir (pakar), pembuat, penjual, dan pembeli (layanan purna jual). Menurutku, inilah jejaring sosial (social network) yang sebenar-benarnya! Saya hanya melayani… (Psst, rasa-rasanya belum banyak yang tahu, deh. Untuk kita saja, oke.)

Jadi aku harus membangun sebuah blog besar, “o-blog”, m.o.s.a.i.k! Kependekan dari apa ya, untuk dipakai dalam penciptaan blog-blog lainnya. Link kesatuan antar blog akan aku beri nama link mosaik. (Dipatenkan, bisa ‘gitu? Mimpi ‘kali ‘ni yee… hehe.)

Tak kenal maka tak sayang. Nah, kalau sudah dikenal disana-sini, bukan namanya terkenal? Disayang juga, tentunya, ya! (Sebagai pelayan.)

Lalu duitnya?

Ah, reward (imbalan) itu ‘kan akibat saja dari berbuat, bukan tujuan ‘kan, ya ‘kan mas

🙂

Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
7 comments on “Impianku O-Blog “m.o.s.a.i.k” (Wawancara Imajiner)
  1. romailprincipe berkata:

    Wah pemikiran liar ya..jarang aku mikir sampai ke situ. ok dah mantapz….

    • rioseto berkata:

      hehehe… mas Romail, ini hasil survai dari blog ke blog, domestik dan global, masa blog cuma bisa sebegitu saja? pasti dong ada kelebihan lain. akhirnya mendaratlah blog saya seperti ini… aneh, ya? terimakasih kunjungan dan komentarnya, mas.

  2. […] Excerpt from:  Impianku Blog “m.o.s.a.i.k” (Wawancara Imajiner) « rioseto's blog […]

  3. callighan berkata:

    Wah, kalau ingin terkenal berarti Mas Rio secara pribadi taraf kebutuhanya sudah masuk ke tingkat aktualisasi diri dong?
    GusBa!
    605 hits dalam waktu satu bulan itu sudah oke. Dengan isi yang menarik dan audience yang jelas (tentunya yang diutamakan khalayak yang berbahasa Indonesia bukan?), Mas Rio bisa saja terkenal.
    It will definitely take time. But time is on your side.

    Excelsior!

    • rioseto berkata:

      Thanks a lot, mas Callighan! Adat timur yang telah melekat kental erat dan lama, membuat saya malu-malu apa keinginan saya. Malu-malu salah juga, ya. Terjebak ucapanku sendiri, saya sadar betul apa yang harus saya lakukan, mencambuk diri sendiri! Bisakah lebih cepat maju? Mas Addy (hehe.. tahu sekarang nama asli) rupanya bermukim di Korea, itu juga hebat! Suatu saat pasti saya perlu bantuan… boleh?

  4. rioseto berkata:

    terkenal itu bukan berarti sombong atau angkuh, melainkan sebuah kebanggaan karena karyanya bermanfaat bagi banyak orang… ambisi mas Jumal untuk jadi bloger kebanggaan dusun dengan memperkenalkan dusunnya, bukankah terkenal juga namanya? hebat!

  5. Mr.o2n berkata:

    Kalau aku mas bikin blog bukan inging terkenal,cuman inging agar dusun saya punya juga seorang blogger,kali aja suatu hari nanti dusunku bisa di kenal oleh google.oy,mas mau tau perkenalangku dgn dunia maya,ada di blog aku mas bru terbit he,he

Silakan komentar, 'like' juga oke

