Meluncurkan Blog Hipotetikal: 1. Survai

The Dream

The Dream

Hipotetikal adalah pura-pura, imajinasi, teoritis. Ini adalah cerita seorang calon bloger, yang setiap pagi bangun tidur dan sesaat menjelang tidur, selalu dibayang-bayangi blog. Dia sangat berkeinginan bisa bloging tetapi tidak tahu harus berbuat apa, harus bertanya ke mana.

Tak cuma itu; blog diisi apa, itu saja, belum tahu. Dia hanya tahu blog itu menarik, bisa diajak berdialog. Membuatnya juga mudah, satu-dua-tiga, abrakadabra, jadi! Diisi apa? Iya, apa ya, satu-dua artikel ‘sih mungkin bisa. Bingung, namun blog tetap menarik dan keinginan bloging begitu kuat dan menggebu-gebu.

Setelah membaca beberapa artikel sebelum ini, pendiriannya kukuh, tidak bergeming, mantap untuk bloging. Tidak peduli, ignore everybody (masa bodoh orang lain), dia langsung memulai sebuah riset kecil-kecilan.

Melongok (ke luar)

Dia amati konsistensi penulisan blog, ada yang rajin secara berkala hampir setiap hari, ada yang sebulan sekali pun tidak. Lihat hitsnya,ada yang mencapai sejuta hanya dalam kurun waktu kurang dari setahun, ada yang cuma ribuan saja dalam beberapa tahun. Tampilan dan komentar juga sangat bervariasi, sebagian tampak pribadi.

Konten ada yang fokus, ada yang bergeser, ada yang gado-gado. Konten ada yang berurusan lowongan kerja, jodoh dan cinta, spritual/agama, dan yang lumayan dominan, urusan duit atau materi! (Ah benar juga, siapa yang tak butuh duit, ya?) Pokoknya, urusan harta-tahta-wanita, ada. Juga urusan ilmu pengetahuan, kemanusiaan, teknologi, budaya dan seni, manajemen, ada. Lengkap sudah.

Jadi di mana dia harus memposisikan blognya?

Bercermin (ke dalam)

Apa yang dia mampu? Apa yang dia tahu?

Artikel “Eureka..!” di blognya rioseto, ada gambar 3 semut bertulisan skill (ketrampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap mental). Aha, ini dia, mungkin ‘SKA’ bisa dijadikan panduan. Dijabarkanlah ‘SKA’, sebisanya, seperti ini,

Ketrampilan (S)

0-5

Pengetahuan (K)

0-5

Sikap mental (A)

0-5

Browsing artikel

4

Internet

4

Suka bergaul

3

Ekstraksi konten

4

Penguasaan konten

4

Berani berubah

4

Bloging

3

Blog

1

Berani belajar

4

Menulis artikel

2

Bahasa Indonesia

3

Berani gagal

5

Menyusun artikel

2

Bahasa Inggeris

2

Berani “tidak suka”

3

Membuat rencana

3

Manajemen

2

Tidak jera

4

Menjalankan rencana

2

Marketing

2

Profesional

3

Melakukan analisis

2

Bisnis

1

Disiplin, konsisten

3

Memperbaiki hasil

2

Santun, hormat

3

Sikap mental = attitude = ‘soft skill

Dia puas.

Dia tahu sekarang peta kekuatan dan kelemahan blog yang ada di luar, peta kekuatan dan kelemahan bloging yang ada di dalam, di dirinya. Dia tersenyum, kini lebih optimis dan lebih percaya diri untuk membuat sebuah blog. Bahkan, dia sudah menemukan sebuah topik indah, air! Terilhami artikel tentang air di “Hello World (2)“.

Air, air, air. Bagus. Horee..! Bersorak. Bersemangat sekali dia.

Apa berikutnya?

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blogging, Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
8 comments on “Meluncurkan Blog Hipotetikal: 1. Survai
  1. callighan berkata:

    Jangan terlalu dipikirkan.
    Asal usul blog adalah sebagai semacam buku harian yang bisa dilihat dan dikomentari khalayak ramai. WordPress asal usulnya adalan sistem yang dibuat agar para photojournalist bisa publikasikan foto-foto mereka tanpa tergantung majalah atau koran.

    Jadi menurut saya santai saja lah.
    Kalau ada yang terpikirkan, tulislah. Dan kalau sedang senyap ya jangan dipaksakan.

    • rioseto berkata:

      Mas Callighan, this was the main idea. Saya sendiri bukan akhli air. Saya sengaja men”jeblos”kan seorang profesor pakar air, yang punya segudang ide tetapi malu mengutarakannya, untuk ngeblog. Dia merasa “pensiun”, semua diserahkan ke asistennya, generasi muda. Dalam sebuah kesempatan saya ganggu dia, masa idenya mau dibawa pensiun juga (ada yang layak paten!). Nakal saya, ya. Beliau bersedia (good news! Hehe.. sukses kecil nih.). Jadi hidup-matinya blog air nanti ya bergantung beliau (dan asistennya dan komunitasnya). Mudah2an hidup dan berkembang jadi besar. Saya hanya pelayan, bantu posting artikel di sana hanya sebagai umpan saja. Hehe… kelakuan.

      Masih banyak yang mau saya ganggu. Ada hobi aeromodeling, ada industri botol oksigen, ada industri netbook, ada industri manufaktur mekanik, ada MLM Herbal, ada tutorial IT 101. Pelan-pelan, satu-satu dulu… Rata-rata pengetahuan dan social network mereka sudah di atas rata-rata, mereka potensial, tetapi mengapa berhenti hingga disitu, tidak didorong habis-habisan, build to last, menjadi sesuatu yang bernilai lebih? Sayang sekali. Blog adalah salahsatu tool yang bisa dipakai. Begitu.

      Sebelum saya ganggu mereka dengan blog dan bloging, hehe… saya harus bisa terlebih dulu, ya ‘kan?

      • callighan berkata:

        As I said, don’t think too much about it.
        Anda sudah bisa.

        • rioseto berkata:

          Huahaha, saya bisa, ya… jangan begitulah, malu saya, ini dibaca banyak orang lho. Anyway, terimakasih dorongannya!

      • callighan berkata:

        Scheisse!
        Oh, ternyata anda gangguin orang lain toh. Kok saya bisa telmi yah?
        Haha… oke. Gute!
        Semoga berhasil “gangguan” berikutnya.

        • rioseto berkata:

          Danke! Itulah rioseto, Sir! Tidak bisa lihat orang mengeluh, padahal ada segudang bom di kepalanya. Ya, bisanya cuma gangguin (sampai kena!). Maksudnya blog ini juga demikian… kemarin senang sudah ada yang mau buat artikel Biorhytm (hehe… termasuk mas Callighan, hayo, mana). Biar dunia bloging rame, semarak…

  2. Mr.o2n berkata:

    Emang makna air dalam pandangan mas sendiri apa?

    • rioseto berkata:

      Mas Jumal, saya tidak berpikir terlampau jauh, air, seperti juga udara dan makanan, adalah unsur vital untuk manusia bisa bertahan hidup. Tidak ada jawaban akurat berapa lama manusia bisa bertahan, tetapi sebagai patokan kasar bolehlah dipakai angka “3”: 3 menit tanpa oksigen (sel otak mulai rusak, kesadaran turun), 3 menit terendam dalam air dingin (fungsi metabolisme tubuh mulai mengendur), 3 jam di alam terbuka yang sangat panas atau sangat dingin tanpa pelindung, 3 hari tanpa air, dan 3 minggu tanpa asupan makanan.

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: