Meluncurkan Blog Hipotetikal: 2. Riset

Water-5W1H jpg

Selesai dengan survai di artikel berseri sebelum ini, dia siap melakukan pencarian situs dan blog tentang air. Sebanyak mungkin. Perolehan dicatat, dibuatkan ringkasan, sebagian dicuplik untuk bahan tulisan nanti. Bahasa Inggeris bukan hambatan. Kalau tidak sanggup menerjemahkan sendiri, minta bantuan penerjemah. Malah mungkin tidak perlu diterjemahkan, karena yang penting adalah esensinya, apa yang tersirat. Selanjutnya susun pakai kata-kata sendiri.

Setuju, dan tulisan harus bagus dan berkualitas. Dia periksa kembali perolehannya, masih acak-acakan yang akhirnya dikelompokkan menjadi seperti ini, (1) Program MDGs (Millenium Development Goals) (2) WHO (3) UNDP (4) UNESCO (5) ‘UN’ lain-Lain (6) Kependudukan (populasi) dunia. Pustaka sumber sebenarnya masing-masing bisa diekstraksi menjadi artikel tersendiri, tetapi  sayang kalau hanya begitu. Rasanya kurang menarik. Dia mencoba membuat cerita sendiri kombinasi dari berbagai sumber tersebut. Dia mencoba menempatkan diri sebagai seorang sutradara.

Maksudnya, kerjaannya. Dia harus menciptakan sebuah artikel baru membuat skrip atau skenario, story board kata orang animasi, untuk jalan ceritanya. Pelaku utamanya, air, apakah hendak dijadikan si ”jahat” atau si “baik”, atau, ciptakan peran ganda saja. Seperti api saja ya, kecil jadi kawan, besar jadi lawan. Dipaksa kreatif. Beruntung, sumber yang ada lumayanlah untuk menghasilkan 3 artikel atau lebih. Istilah sutradara juga kurang pas, lebih tepat copywriter barangkali, ya.

Dibuatlah artikel perdana, membahas piramida demografi 3 negara di 3 masa, tahun  2000, 2025, dan 2050, untuk pembanding. Setelah check and recheck akhirnya artikel siap untuk diluncurkan di sebuah blog perdana, waterispreciousandpower.com, “air itu mulia (bernilai), dan ampuh”. Judul berbahasa ingggeris bukan untuk gagah-gagahan, melainkan sekedar mengingatkan artikel juga ingin bisa disajikan dalam bahasa global (inggeris).

Dia menginginkan blog jadi milik bersama, setiap orang diharapkan berkontribusi dengan posting konten relevan dengan air. Boleh tentang apa saja asal ada “air”nya! Setiap orang berkesempatan menuangkan buah pikirannya tanpa harus punya blog. Dia nanti akan memintakan para pakar air, dan pakar-pakar lain termasuk dokter dan industri, membantu menilai kelayakan konten berdasarkan bobot materi untuk dimasukan ke kategori yang sesuai. Blog siap diluncurkan begitu pendaftaran domain tuntas.

Sudah tidak sabar menunggu “waterispreciousandpower.com”!

Ditulis dalam Blogging

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: