Meluncurkan Blog Hipotetikal: 4. Entrepreneur

mona-lisa-jigsaw-puzzle_allvishal.com-S(update) Semua langkah kegiatan di dalam proses meluncurkan blog hipotetikal (teoritis) di posting terdahulu sudah dilaksanakan. Berikutnya? Salahsatu spiral yang akan dijalani nanti, adalah menjaga dan menggembala blog agar tetap di jalur sesuai visi dan misi pokok, yaitu berdampak ekonomi (bisnis). Blog harus berjiwa atau memiliki “ruh” entrepreneur.

Tidak ada yang istimewa dengan entrepreneur, karena ini sudah seharusnya menjadi sikap setiap orang di dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari, entah di rumah tangga, kantor, perusahaan, industri, perkumpulan, asosiasi, …, dan sekarang blog, yang kesemuanya dapat dipandang sebagai entreprise. Setiap orang dituntut jeli melihat sebuah peluang, kalau perlu ciptakan, dan mengerahkan segenap kemampuan untuk mewujudkannya. Mungkin kita tidak sadar sudah melakukannya. Entrepreneur melalui blogging disebut blogpreneur. Boleh juga ‘tuh.

Dampak ekonomi bukannya berarti blog untuk cari duit? Betul tetapi saya berpikiran lain. Prioritas blog adalah memberi dampak sosial (sebab); beri dan tawarkan manfaat sebesar-besarnya, beri kesenangan dan kepuasan, beri apa yang dperlukan. Bukankah ekonomi jadi akibat? Demi senang, puas, dan terpenuhi keperluannya bukankah orang mau dan rela membayar dengan apa saja untuk itu?

Blog dianggap “manusia” yang harus gaul untuk mendapatkan “teman” yang sehabitatuntuk membangun keakraban. Kasus “air” terdahulu pada blog hipotetikal kita, memiliki jejaring pertemanan yang sangat luas karena air memiliki spektrum aplikasi yang sangat lebar. Tidak mungkin kita mengerjakan semua sendiri, harus mau berbagi dengan “teman” blog-blog lain. Terbangunlah sinergisme, kekuatan kolektif jauh lebih dahsyat dibandingkan kekuatan apabila dijalankan sendiri. Indah sekali (seperti gambar). Dengan bersinergi, ‘nothing is impossible‘.  Mengingat air adalah unsur strategis, diperebutkan banyak orang, tanpa disuruh pun industri produk dan jasa air dan terkait akan terbangun sendiri. Dampaknya jelas, ekonomi (bisnis, duit)!

Dengan mencermati peristiwa interaksi bolak balik sosial dan ekonomi yang terjadi di global, blog dapat kita isi dengan sembarang komoditi yang kita yakini pasti diperlukan manusia nanti*, dan bertahan di situ.  ‘Think global, act local‘.

*Bagaimana kalau kita mulai dari komoditi ‘f-e-w(food-energy-water) dulu? Contoh, energi. Batere sekarang sudah bisa digulung. Untuk pengisian perlu energi sinar matahari; matahari di kita nyaris bersinar setahun penuh. Jual jasa mengisi batere saja ‘gitu? Sedunia, lho. Hehe… aya-aya wae.

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blogging, Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
One comment on “Meluncurkan Blog Hipotetikal: 4. Entrepreneur
  1. […] Tulisan relevan: 1. Uang itu Akibat Bukan Tujuan 2. Meluncurkan Blog Hipotetikal 4: Entrepreneur […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: