Back to School…

Tomorrow-Tech-n-You_8ed_Beekman-cover

Waktu bergulir begitu cepat, ilmu pengetahuan maju terus, teknologi juga. Semua berubah, hari ini tak sama dengan hari kemarin, besok lain lagi, lusa apalagi. Di era informasi yang semua serba digital, apa-apa serba cepat. Klik sana, informasi di tangan kanan, klik sini, duit di tangan kiri. Hehe.. ada yang cari nafkah dari sini, ya.

Hardware maju, software mengikuti, produk dan program dan fiturnya masing-masing berkembang terus dan kian canggih. Produk “3C” (communication-computer-consumer electronics) yang dulu terpisah, kini konvergen, menyatu menjadi satu produk saja, “three in one”. Bagaimana tidak, beli ponsel untuk bertelepon, dapat “bonus” bisa motret, bisa chatting, bisa imel, bisa nonton TV, bisa dengar musik, bisa dengar radio, bisa nonton video. Semua ada, wow! Luar biasa.

Sebentar lagi tahun ajaran baru dimulai, kita kembali ke sekolah. Back to school… Mungkin di antara kita banyak yang masih “gap-tek” IT, information technology, entah yang muda di SMP dan SMU, dulu SMA, yang remaja, yang mahasiswa, yang dewasa, yang kerja, yang tuna karya, yang memasuki usia senja, yang pensiun. Kita mulai tercecer, kesenjangan digital, atau ‘digital gap’, atau ‘digital divide’, kian menganga lebar. Mari kita kejar dan tutup segera gap ini.

Untuk itu saya mencoba, sambil belajar juga, setiap Senin dan Kamis meluncurkan artikel berlampiran tutorial yang khusus ditujukan bagi pemula. Yang muda dan tua, semua umur, tidak dibedakan, silakan baca. (Dianjurkan.) Tutorial dibuat mudah, mengambil materi presentasi bahan ajar buku “Tomorrow’s Technology and You” (“Teknologi Hari Esok dan Engkau”), edisi ke 8 (sekarang sudah edisi 9). Harga buku baru Rp.1 juta lebih! Terjemahan ke dalam bahasa indonesia belum ada. Sayang, padahal penting.

Dengan penyajian berkala dua kali seminggu diharapkan tutorial pengetahun dasar IT tertuntaskan sekitar 2-3 bulan! Artikel berseri ini mengambil judul (Tutorial) IT 101.01 … (Tutorial) IT 101.13 atau lebih; ada logo kecil seperti gambar di atas, sebagai pemberitahuan. Isinya lebih ke pengetahuan dasar dan wawasan. Jangan berpikir terlalu mendalam. Buat catatan kecil pribadi saja; diskusi mendalam atau pertanyaan lanjutan, silakan mencari sendiri di internet untuk pengayaannya, pasti jawaban ditemukan di sana. Oke? Nanti semua terbuka sendiri. Kalau masih ada kesempatan, saya bantu dengan artikel pendukung dan kuis sederhana (berikut jawabannya?). Untuk menguji kemampuan kita.

Sebagai perdana, berikut dipersembahkan tutorial pertama, IT 101.01.

Belum terlalu sempurna…
Selamat menikmati.
Semogalah bermanfaat.
Ditunggu kritik membangunnya.
🙂
Tutorial IT 101.01

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
4 comments on “Back to School…
  1. Callighan mengatakan:

    More like tomorrow’s technology and the enslavement of the human race through information culture.

    Perhaps the irony in my words is that I’m a willing slave.
    Winston Smith, anyone?

  2. apiqquantum mengatakan:

    Setuju…!
    Siap mendukung hadirnya blog berkualitas seperti blog Pak Rio Seto.
    Salam,
    Agus EL93

    • rioseto mengatakan:

      Terimakasih banyak mas Agus… siapa saja alumni EL yang ngeblog?
      Reunian ‘yuk, exchange link dengan arisan jadi penulis tamu di blog, mungkin menarik dan efektif?

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: