Bisakah ‘Counter’ Meningkatkan Kualitas Blog?

Counter-Stat
Banyak yang mungkin belum begitu peduli akan peran angka yang tertera di blog. Jujur saja, meski awam, saya terganggu sekali dengan angka 1.000 hits. Bukan seribunya, tetapi adakah hits menunjukkan sesuatu yang berguna dan bisa saya pakai memajukan blog saya. Tidak cukup, kurva tren yang bergelombang sengaja saya buat dari deretan bilangan data kunjungan, sekedar melampiaskan ingin tahu, adakah benih blog tumbuh baik dan sehat?

Kayak menanam pohon saja, ya. Benar, dan disitulah perlunya mengukur.

” When you can measure what you are speaking about, and express it in numbers, you know something about it; but when you cannot express it in numbers, your knowledge is of a meager and unsatisfactory kind. …  ” – Lord Kelvin

Kalau kita bisa mengukur apa yang kita bahas, dan menyatakannya dengan angka, maka kita tahu apa yang sedang dibahas itu; kalau tidak, pengetahuan kita masih belum memadai dan belum layak untuk membicarakannya.  (Terjemahan bebas, menyakitkan juga ungkapan  “belum layak” itu, ya.)

Karenanya blog mulai didekorasi dengan perca logo-logo aneh di kanan bawah. Itulah alat ukur kemajuan pertumbuhan blog. Asyik menyaksikan blog tumbuh dari kecil, jadi sedang, jadi besar, jadi buesa.ar, … terus berkembang, berbuah, beranak-pinak. Semua dijalani dengan segala suka dukanya, terkadang sakit, susah, terkadang gembira, ceria.

Ada yang sempat punya mainan “tamagotchi” (たまごっち),  dari Jepang, yang menghebohkan dunia itu?  Sebenarnya ini bukan mainan main-main. Serius, karena untuk memainkannya perlu perhatian dan kasih sayang, makan, minum, obat, tidur, dijaga kebersihannya, dimandikan, dibuang kotorannya, bermain, bergaul dengan teman-temannya. Kalau tidak, bisa mati.  Sama, persis, seperti itulah blog. Eh, manusia juga sama.  Sampai lupa.

Counter-Stat-logoAngka gambar di atas, adalah data 2 hari, hari ini dan kemarin. Untuk hari ini:  Blog dibuka 129 kali, total pengunjung 28 orang, 9 tamu lama, 19 tamu baru.
Terimakasih rekan lama, selamat datang rekan-rekan baru!

Data ini diproses oleh StatCounter. Informasi penting lain yang saya perlukan seperti, lama kunjungan, analisis keyword, jalur yang ditempuh menuju blog kita, dan lain-lain, juga bisa ditampilkan. (Free.)

Counter-FlagIni penggembira, yang bikin kita gembira, karena blog bisa dilihat dunia! Bendera tidak dipasang semua, nantilah kalau sudah cukup usia.

Informasi counter membantu kita menyaksikan pertumbuhan blog; informasi counter dapat merangsang kita meningkatkan kualitas blog, paling tidak produktivitas.

Selamat bloging!

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Lain-Lain, Wawasan
8 comments on “Bisakah ‘Counter’ Meningkatkan Kualitas Blog?
  1. Dangstars mengatakan:

    Menurut saya “counter” sama “kualitas blog” gak begitu kali dominan berhubungan,sebab para Blogger pertama kali buat posting/artikel,berniat menarik perhatian dengan judul dan berharap banyak yang berkomentar…Itu saja..

    • rioseto mengatakan:

      Setuju mas Dangstars, mungkin saya berpikir terlalu jauh dan teksnya ‘nggak nyambung, ya. Sederhana saja sih, di benak saya kalau hits atau visitor sedikit tentu ada penyebabnya. Saya mungkin lebih berharap dari jumlah pembaca, artikel ada yang baca. Buat mas Dangstar kriterianya blog sukses adalah komentar. Tidak-apa-apa, sah juga.

      Saya melakukan eksperimen dengan blog; artikel di blog dimuat juga di blog Kompasiana. Dalam 2-3 jam pembaca 200-an orang, komentar 1-2 bahkan nihil. Di blog sendiri, kok tidak sebanyak itu? Menarik untuk dikaji. Kenapa coba?

      Begitu.

  2. Rory mengatakan:

    Hi!

    Thanks very much for the article on us and the kind words, we greatly appreciate it. We’re very glad to hear that you’ve found our service useful. Please do let us know if there’s ever anything we can help you with.

    Happy blogging!

    Rory
    StatCounter

    • rioseto mengatakan:

      Thank you for your nice comment, Rory.

      I believe counter is one strategic tool encourage bloggers to improve their productivity and quality as well (welll, at least for me…).

      Surely I will bother you someday. Thanks for your kind offer.

      Rio Seto

  3. callighan mengatakan:

    Tergantung mas sendiri.
    Kalau terlihat pengunjung banyak membuat mas terpacu ya bagus.

    Bisa juga pengunjung yang melihat counter tinggi jadi tambah berminat karena melihat blog mas laku.

    Anyhow, kebanyakan pengunjung blog hanya membaca judul dan langsung memberi komentar tanpa membaca seluruh artikel. Saya termasuk.

    • rioseto mengatakan:

      Ada benarnya, kalau jumlah visitor secara psikologis memacu saya. Nah, kalau counter berdampak terhadap kunjungan, baru tahu.

      Nah yang ini juga baru tahu. Baca cukup sebatas judul dan sepotong teks pembukaan mungkin ya, langsung komentar. Tidak ada komentar, berarti tidak tertarik… Begitu, ya. Berarti saya salah kasih judul, atau memang tidak menarik.

      Terimakasih banyak pencerahannya, mas Callighan…
      (jadi komentar jangan terlalu panjang seperti sebelumnya, ya.)

  4. rioseto mengatakan:

    Halo mas Romail,

    Hehehe… sepi atau ramai itu relatif; tidak bisa dilihat per hari. Lihat kurva di artikel sebelumnya, naik-turun. Harus membuat perbandingan dalam seminggu, sebulan, triwulan, kuartal, semester, setahun, 2 tahun, 3 tahun, begitu.

    Pendekatan saya memang berbeda dengan integritas yang dimaksud mas Romail ke saya (masih ingat?). Gaul, banyak komentarnya, ‘kan? Blog ini namanya juga eksperimen, saya menguji integritas dengan memeriksa kualitas konten blog, apakah sanggup mengundang tamu yang bua..anyak. Soal integritas komentar, nanti deh tahap berikutnya.

    Terimakasih kunjungannya. Mudah-mudahan besok atau lusa orang dari counter mau berkunjung dan memberi komentar di sini… (pakai bahasa inggeris tidak apa-apa, ya).

  5. romailprincipe mengatakan:

    keren counternya….tapi blog pada mulai sepi nih?

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: