QR Code: Peluang

Apa yang bisa kita buat dengan QR code?

Mau ‘nyentrik’? Tambahkan QR-code di kartu nama. Nanti saat berkenalan kartu nama sungguhan (hardcopy, masuk kantong), QR-code masuk ponsel. Atau, simpan “kartu nama” dalam bentuk citra QR-code langsung di ponsel kita. Terbayang lucu, bersalaman sambil mengasong ponsel, tret, tret… memotret QR-code masing-masing. Quick response, cepat, praktis. Boleh lupa bawa kartu nama, jangan lupa bawa ponsel! Budaya kartu nama kertas akan bergeser ke QR-namecard? Nanti suatu saat mungkin, sekarang belum, belum terbiasa.

Aplikasi QR code lain?

Ayo, tunjukkan kreativitasmu! QR code tidak ada yang istimewa. Hanya sebuah tag atau label elektronik dengan informasi terbatas. Pikirkan apa yang bisa diperbuat dengan informasi 7.000 angka atau 4.300 alfanumerik, atau 3.000 byte data. Reservasi tiket atau voucher online? Tiket bioskop, bis, kereta api, pesawat, hotel, restoran, pertandingan sepak bola, kupon (voucher) belanja TV, sepeda motor, kamera, saham, valas, bayar tol, …. , paspor, kartu pelajar, KTP, SIM, Surat Nikah, STNK, dst., dst. Transaksi dimulai dengan kewajiban (bayar); “kwitansi” GR code lengkap dengan “benang keamanan”nya seperti di uang, logo dan animasi flash kalau perlu, pindah ke ponsel kita.[1][2] Tunjukkan kode ponsel di counter untuk menagih barang/jasa yang menjadi haknya, lalu nikmati. Enjoy… 🙂

Asyik sekali, dan semua adalah peluang! Terimakasih rekan bloger yang sudah menurunkan tulisan QR code sejak setahun lalu, yang disusul rekan bloger lainnya.[1] Sedikit banyak artikel tentu berpengaruh terhadap popularitas pemakaiannya. Selamat kepada Kompas yang merintis penerapannya teknologi QR code langsung di pemberitaannya Juni lalu! Cepat, praktis, quick response, demi kepuasan kustomernya. Strategi marketing yang jitu!

Siapa menyusul?


Peluang lainnya. Ada yang tertarik mengembangkan hardware QR reader untuk dipasangkan di counter mall atau bioskop? Ada yang tertarik mengembangkan QR code agar bisa mengeluarkan bunyi (suara, musik), atau mengubah “garis” dalam QR kode menjadi “bintik”? (Lihat gambar di bawah.)  Setiap perubahan membuka peluang bisnis; siapa jeli dan cepat, dia dapat.

Contoh data/informasi yang bisa dimuat ke QR code:

QR Code Membuka PeluangQR Code LogoQR Code Animation-Frame

[1] QR Zxing (gambar kiri)
[2] QR Animasi (kanan; yang bawah lucu, menarik)
[3] Bloger Indonesia:
QR Code (2008)

QR-Code Pecas Ndahe (2009)

[4] QR Kode di Kompas
[5] Logo di dalam QR Code BeQrious

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Blogging
4 comments on “QR Code: Peluang
  1. teTuku berkata:

    Ponsel jaman sekarang sudah bisa membaca QRcode.
    QR Code adalah generasi baru diatas Bar Code, dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Kelebihan utama dari QR
    COde adalah kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada Bar Code.
    QR Code telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004
    dan JIS-X-0510
    Anda bisa memasang qrcode di blog/Web dengan mudah dan gratis. Silahkan kunjungi http://qrcode.tetuku.com
    Kami juga melayani jasa pembuatan seni QRcode yang bisa anda gunakan untuk melengkapi kartu nama, label, leaflet dan media promosi lainnya.

    —————-
    barangkali mau kerjasama dengan kami gan. silahkan cek http://qrcode.tetuku.com
    ini sebagian kecil contoh penggunaannya:
    [IMG]http://farm8.staticflickr.com/7048/6988748624_c01d81b683_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm8.static.flickr.com/7132/7130824701_ccfd6ba694_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm9.static.flickr.com/8006/6984739608_b7ff7e6a18_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm9.static.flickr.com/8157/7130824473_7d32073934_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm8.static.flickr.com/7115/6984739016_00b88daabc_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm9.static.flickr.com/8025/6984738814_750fd26e33_s.jpg[/IMG]
    [IMG]http://farm8.static.flickr.com/7129/7130823697_a619359ab5_s.jpg[/IMG]

    YM: cs.tetuku

  2. Galit Beck berkata:

    Mobile barcode reading solutions are especially effective for Mobile Advertising and Mobile Marketing inititives. Consumers, once wary of using their mobile phones, for anything more than talking, are now very eager for innovative mobile applications. As a result, demand for mobile web content and mobile applications is soaring, providing tantalizing business opportunities. For example, 3GVision’s end-to-end 1D/2D mobile barcode solution is helping mobile operators and leading content providers and advertisers create and run rich mobile marketing and advertising campaigns that generate additional new revenue streams and boost consumer loyalty.

  3. comment ke 29. artikel anda sangat menarik dan anda layak sebagai pemenang

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: