Menuju Top Dengan Blog

Blogshop_080809-2

Malu, sudah mau 64 tahun merdeka ‘kok masih banyak juga yang takut, ragu, atau malu, memulai ‘ngeblog. Ada saja alasan untuk tidak ‘ngeblog; tidak bisa menulis, tidak tahu apa yang ditulis, susah, … . Padahal kalau sudah berkumpul bersama teman, ‘ngomong ramainya minta ampun. Kalau saja yang dibicarakan tadi ditata dibuat cerita, ditulis, sehingga orang ikut turut menikmatinya, sudah jadilah blog itu.

Blog

Blog hanyalah alat, sebuah media tulis di dunia maya yang dapat mempertemukan kita dengan teman-teman, untuk saling berbagi informasi, saling mengisi, saling mengasah, mengasuh, dan mengasihi, yang mendorong kita perlahan tapi pasti bergerak menuju ‘top’.

Bloging

Tak mungkin bisa jadi sopir kalau tak pernah duduk di belakang kemudi menginjak pedal gas dan pedal rem, tak akan bisa berenang tanpa pernah mencebur di air dalam. Mengemudi dan berenang adalah ketrampilan yang dikuasai melalui berlatih, yang memakan waktu. Begitu pun bloging, tidak serta merta langsung trampil menulis. Berlatih dan berlatih. Untunglah blog berlatih sudah tersedia dan tinggal pakai; nama blog itu, Kompasiana. Tak perlu merasa kecil karena tulisan-tulisan “besar” di sana. Kita masih belajar. Kalau masih malu juga, mungkin kita usulkan saja ada ruang khusus bagi bloger pemula sebagai batu loncatan, Kompasiana Junior Satu dan Dua?

Bloging alias ‘ngeblog dapat hanya sekedar hobi atau dikembangkan jadi profesi. Apa saja bisa ditulis. Hobi atau profesi bloging jangan dianggap enteng. Sebelas blog Indonesia dengan berbagai topik, berhasil memasuki jajaran blog berbahasa Indonesia terpilih dunia, People’s Choice Winner , dan salahsatu “media-ide” memenangi Best of Blog 2008 (BOBs) tahun lalu.

Bloger

Bloger adalah panggilan keren orang yang rajin menulis di blog. Blog dapat dimanfaatkan sebagai ajang berlatih menjadi manusia paripurna. Melalui tulisan kita dituntut jujur menyampaikan pendapat, santun berbahasa, berjiwa besar dan bersyukur menerima kritikan, merendah menerima pujian, perwira mengakui kekurangan atau kesalahan, dan hal baik-baik lainnya.

Kalau bersungguh-sungguh, seorang bloger bisa diminta menjadi penulis tetap di forum “besar” seperti CNET Asia, atau artikel blog dibukukan (namanya blook), atau, mungkin yang paling menarik, dijadikan ceritera sinetron atau film! Bukan hal mustahil menjadi top dengan blog.

Roadshow Blogshop Kompasiana

Kompasiana melakukan sosialisasi blog-bloging-bloger dengan mengadakan perjalanan keliling (roadshow) ke kota-kota di seluruh Indonesia. Kota Bandung masuk dalam agenda, siapa mau? Silakan daftar dahulu ya, di “Buku Tamu”  blog ini (boleh juga, email). Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian. (Mau di ITB atau di PVJ Paris van Java?) Sambil ‘ngabuburit‘?

Pengasuh Blogshop Kompasiana 3 (tiga) orang, semua bloger kawakan dan juga penulis CNET Asia.

Blogshop_080809-3 Silakan intip materinya di bawah.

Ayo kita bangun dan ramaikan dunia blog Indonesia!

BlogShop Kompasiana 2009 [.pdf]

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Lain-Lain
24 comments on “Menuju Top Dengan Blog
  1. […] selangkah, saya sadar kemampuan blogging harus digiring untuk turut berperan menguasai ekonomi (Menuju Top Dengan Blog, Indonesia Konek: Gagasan). Blog menjadi alat atau perkakas bantu bisnis (meskipun belum faham […]

  2. seumur-umur gini saya belum pernah mengikuti pelatihan blog, hanya belajar otodidak saja dan baca-baca di internet…wah asyik juga jika sesekali kita ikut pelatihan nge-blog apalagi yang dibuat kompasiana…dapat ilmu, dapat teman dan sekalian kopdar dan juga dapat suasana baru

    • rioseto berkata:

      Sama mas Taufik, blog ini juga belajar otodidak, 5 September nanti 3 bulan. Silakan bicara sama pengasuh Kompasiana untuk diadakan juga di Aceh, mas Taufik jadi hostnya sekaligus membangun komunitas bloger. Setuju?

      Kalau ke Bandung, tanggal 5 September ada Blogshop Kompasiana di kampus ITB. Mau ikutan?

  3. rioseto berkata:

    Terimakasih mas Eko, wah bertemu lagi dengan tokoh senior Kompasiana, nih. Terkadang ada di Yogya, ada di Bekasi, ada di Jakarta, ada di Bandung (yang ini khusus kuliner). Hehe…

    SBY yang ini baru saja diajari JK (Jet-isKandar) ‘ngeBlog’ kemarin itu. Ini hasil nyatanya. Berarti yang seharusnya digunjingi, mas JK dong (dan mas Amril, dan mas Yulyanto, mas Udin dan mas Aris, yang meramaikan ikutan ‘ngomentar’ di sini). Ada yang terlupa disebut?

    Terimakasih semuanya.

    Salam kompak juga mas Eko. 😀

  4. eshape berkata:

    Senang rasanya kenalan sama SBY dari Bandung ini, hehehe….ini mitranya SBY dari Yogya kali ya…

    Meski belum ketemu wajah, belum pernah bertegur sapa, tapi kalau sudah jadi bahan gunjingan teman2 di Kompasiana, pasti ada apa-apanya dengan SBY yang ini.

    Tulisannya enak dibaca pak, salam kompak selalu

  5. rioseto berkata:

    Salam kenal juga, mas Pitra. Rajin itu dipaksa supaya terbiasa, baru 2 bulan ‘ngeBlog’, turut Blogshop Kompasiana, aha, disitu dibahas blog juara, “Media Ide”. Rupanya itu mas Pitra toh. Selamat! Biar sudah lewat juga.

    Terimakasih dorongannya, tidak berharap terlalu banyak; sekarang mengintip dulu saja layout dan contentnya blognya mas Prita. Bagus juga kalau mas Prita memberi tips & tricks blog kita-kita supaya bisa mendunia. (Sudah pasti tampil beda, layout, merah, foto tajam,… apalagi?)

    Ijin taruh di blogroll biar banyak blog lain yang ke”seret” atau ke”pelet”?

    😀

  6. Pitra berkata:

    Salam kenal Pak Rio. Wow, Anda rajin juga ya hampir posting setiap hari. Mudah-mudahan tidak kendur dan tetap bertahan staminanya hingga minimal setahun mendatang.

    Terima kasih juga blog saya disinggung di atas. Tunggu saja The BOBs Award tahun 2009 ini di akhir tahun. Siapa tahu berikutnya blog Pak Rio yang berkesempatan menang 😀

  7. ILYAS AFSOH berkata:

    Terima kasih, atas kebaikan Anda menampilkan ilyas afsoh dalam bloggroll Anda Pak Rio

    terima kasih 🙂

  8. ILYAS AFSOH berkata:

    blog aku bisa diterbitkan ya Pak????

    ***
    Sebuah posting sesuka hati
    ***

    berharap

    • rioseto berkata:

      Kenapa tidak? Mengenai cara membukukan blog, mas Ilyas bisa lihat salahsatu komentar dari para pengasuh Kompasiana, karena ada juga yang tertarik seperti mas Ilyas, Menuju Top… .

      Monggo. 😀

  9. Agus Suhanto berkata:

    sy Agus Suhanto, nyampe di situs ini dr mbah bing.Salam kenal ya… 🙂

    • rioseto berkata:

      Terimakasih banyak mas Agus! Salam kenal kembali. Teruskan blognya, bagus sekali. Kalau diubah sedikit jadi bentuk tutorial, bisa saya manfaatkan untuk murid, lho. Good job!

  10. rioseto berkata:

    Terimakasih mas Udin, salam kenal juga. Lagi-lagi Kompasiana Senior, penggagas Roadshow Blogshop, lagi. Maluu dimonitor terus, belum juga berbuat apa-apa, masih hutang kerjaan, hehe… . Rupanya rekan-rekan mas Amril , mas Iskandar , mas Yulyanto , dan mas Aris membuat semua ini jadi heboh, ya mas Udin.

    Terimakasih supportnya, tentu kami akan memberi tahu mas Udin dan melaporkan kemajuan yang telah dicapai selama ini. Mimpi mas Udin, mimpi para instruktur Blogshop Kompasiana, mimpi saya, mimpi bloger senior, mimpi bloger yunior, dan mimpi calon bloger Indonesia, adalah juga mimpi kita semua dan cepatlah terwujud berkat gagasan mulia Roadshow mas Udin ini…

    Semoga.

  11. mas rio salam kenal.
    saya adalah satu dari sekian blogger di kompasiana. saat blogshop kemarin memang tak hadir, tapi semua reportase mengenai blogshop saya ikuti, karena kegiatan ini memang kami support terus. saya senang mendengar ada tawaran blogshop di bandung. senang bukan lantaran kalau saya bisa ikut sekalian bisa nostalgia, tapi karena ide besar kami di kompasiana selama ini ada yang mendukung.

    mimpi saya, setiap orang indonesia punya blog pribadi, sehingga kita bisa saling sharing ide, apapun bentuknya. semoga kita bisa saling berkunjung.

    Salam,
    udin

  12. rioseto berkata:

    Mas Febri yang usul, mas Febri juga yang bikin selamatan bubur merah-putih, biarpun cuma inisial ‘tok. Ha..ha..ha, ‘ngabubur’ disatukan nanti dengan ‘ngabuburit’ Blogshop Kompasiana?

    Acara harus jadi, Bandung macet di hari Sabtu atau Minggu karena ulah bloger Blogshop, itu baru heboh! Nanti saya kabari, sekarang survai kecil-kecilan dulu.

    Terimakasih kunjungannya, mas Febri (lahir Februari, bintang Aquarius?)

    Salam,

  13. febri berkata:

    Salam kenal Pak SBY (seperti yang ditulis mas iskandarjet di kompasiana). Senang sekali tu pak, klo ide bapak bisa terlaksana di Bandung, jadi kita ga usah susah-susah ke Jakarta. Saya sebagai orang yang menetap di Bandung sangat tertarik sekali kalau ada sharing tentang menulis blog ini di Bandung.
    Eh iya nama saya febri pak, mungkin sekali2 bapak bisa mengunjungi blog saya http://kafey.wordpress.com dan kalau ada acaranya tolong dikabari pak.

    terima kasih

  14. […] menemukan sebuah artikel yang sangat bagus di blog Kompasiana Publik. Artikel tersebut ditulis oleh Mas Rio Seto dengan judul Menuju Top Dengan […]

  15. rioseto berkata:

    You are welcome, Sir. Please, do.

  16. mashengky.com berkata:

    mampir sejenak ke sini ah.. kalo ada acara, saya pengen datang mas.. kebetulan saya menetap di bandung sekarang..

    saya tunggu kabar baik nya..

  17. rioseto berkata:

    Wah dengan mas Callighan enak sekali, toast bolak-balik! Sip.. sip.. minumnya pelan-pelan, nikma..at, 1998 lagi! Toast untuk yang sudah lewat.

    Gara-gara ikutan Blogshop Kompasiana jadi begini, nih, menjebloskan diri membuat populasi bloger Indonesia meningkat. Kalau sudah padat, baguslah, mari kita berpikir “blue ocean“, mencari peluang mempertahankan eksistensi dengan jadi kreatif dan mampu berbahasa Inggeris sebagus mas Callighan (itu kriteria minimum saya untuk blog go global, saya harus belajar banyak, blogging, ‘g’ nya dua… trims), ditambah Spanyol, Francais, Deutsch, Mandarin, Jepang, kalau perlu. Bukannya naik kelas?

    Toast sekali lagi untuk yang akan datang… sip, sip, sip.
    (coba baca deh komentar terakhir Rey di “Rio Seto”)

  18. callighan berkata:

    Seiring masyarakat Indonesia melek internet, budaya “ngeBlog” semakin berkembang. Mengapa perlu mengembangkan dan memperluas budaya ini? Bukankah semakin banyak penulis blog, semakin penuh “pasaran” blog kita?

    Well, mungkin salah satu jawabanya seperti yang mas Rio sebut. Blogging (dengan dua huruf ‘g’) adalah sarana melatih diri menjadi manusia paripurna. Semoga semakin banyak blogger mengeluarkan ide dan tulisan yang berkualitas dalam blog mereka. Termasuk saya dan anda.

    Salam blogger!
    Toast dengan Dom Pérignon vintage 1998!

  19. rioseto berkata:

    Salam kenal juga, Pak Aris. Sudah kami lihat blognya. Cantik, belum sanggup mengikuti artikelnya, “berat”. Rupanya saya berhadapan dengan bloger Kompasiana senior lagi, nih.

    Wow, terimakasih banyak sebelumnya pak Aris! Senang mendengar semangat dan dorongan pak Aris, saya jadi malu kalau sampai tidak jadi. Kemarin secara lisan sudah disebar, ditagih sekolah tinggi lain. Ada anak SD mau ikutan…

    Siap, Pak!

  20. Aris Heru Utomo berkata:

    Pak Rio salam kenal. Kemarin Sabtu bapak yang datang terlambat waktu blogshop Kompasiana ya? Saya juga hadir lho, duduk di belakang pakai kaos hitam seperti Mas Amril dan Mas Iskandar. Tapi karena ada keperluan lain saya pulang terlebih dahulu sebelum break makan siang.

    Saya dukung tawaran bapak untuk mengadakan blogshop Kompasiana di Bandung. Mungkin saya bisa bantu promosi kalau acara di Bandung sudah jelas kapan diselenggarakan. Insya Allah juga teman2 Kompasiana akan hadir, termasuk Administrator Kompasiana yang waktu blogshop Sabtu kemarin tidak hadir.

    Ayo teman2 blogger di Bandung dan sekitarnya, kita hadiri blogshop Kompasiana yang digagas Pak Rio.

    Salam
    -Aris Heru Utomo-

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: