Indonesia Konek 4: Membangun Pengetahuan

Integral-2-Coret2Empat unsur yang harus dimajukan untuk daerah atau desa maju, teknologi, SDM, informasi (pengetahuan), dan manajemen (tidak dperlihatkan pada gambar). Teknologinya disediakan dengan membangun sistem informasi; platform sarana akses informasi sudah jadi dan link sudah tersambung. Sisanya memajukan SDM, konten, dan manajemen.

Integral-2-Coret3 gifKonten diisi  pengetahuan berguna bagi kemajuan daerah atau desa. Dari sekian banyak warga yang belum berkesempatan bersekolah, kini peluang itu terbuka dan bisa belajar. Di antara mereka pasti ada beberapa yang pandai dan berbakat. Dengan berpengetahuan memadai mereka kelak menjadi pemimpin desa yang sanggup memajukan mengangkat potensi daerahnya. Ada kaitan antara kemajuan ekonomi dengan tingkat kecerdasan. Lihat gambar.

Perlahan tetapi pasti daerah atau desa berkembang dan maju bertahap; SDM pintar, desa jadi pintar; SDM kreatif, desa ikut kreatif; SDM makmur, desa terbawa makmur. Dari itu informasi yang disampaikan tak perlu muluk harus seperti di kota, cukup disesuaikan keperluan desa saja. Kita ingat sistem diadakan sebagai pengenalan informasi, untuk menutup kesenjangan informasi. Setelah warga menerima manfaatnya, mereka nanti tahu sendiri apa yang harus diperbuat untuk mendapatkan nilai imbalan yang lebih tinggi lagi, yang hanya bisa diperoleh dengan menata manajemen lebih baik.

Begitulah 4 unsur ini saling berinteraksi dan meningkat, seiring kesanggupan desa. Kalau perlu warga desa berbakat dikirim ke ”luar”, memperdalam pengetahuan dan memperkaya pengalaman, lalu kembali. Di puncak kemajuan kita berharap menyaksikan sebuah desa yang tidak saja moderen dan maju secara sosial dan ekonomi, namun juga maju karena mengusung budaya yang dimiliki sebagai unggulan desa.

Dalam skala besar atau nasional, tidak heran kalau seorang fisikawan kondang Prof.Yohanes Surya berujar,” …kalau Indonesia mau maju, diperlukan 30.000 doktor dalam bidang sains dan teknologi; … anak-anak pintar ini harus dapat kesempatan studi di universitas terbaik di dunia.”. (Kompas 6 Agustus 2009). Itu yang dikerjakan Cina. Negeri ini dipimpin orang pintar. Sepuluh tokoh pengubah masa depan Cina dapat dibaca di artikel ini, ”The China Tech Revolution: Ten to Watch”. Kebangkitan industri informasi didorong kuat oleh visi, semangat, dan kerja keras dari orang-orang pintar ini.

Orang kita di pelosok desa dan pulau terpencil tentu dapat berbuat serupa. Dimulai dari yang ada, jadikan diri sendiri pintar, melek informasi, trampil memanfaatkan informasi. Itu saja sudah bagus, sebuah kemajuan luar biasa; tak perlu harus menunggu sampai jadi doktor! (Itu nantilah.)

Lampiran:  The China Tech Revolution: Ten to Watch (.pdf)

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Dunia Wirausaha, Wawasan

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: