Indonesia Konek 6: Sosialisasi & Promosi

Indonesia Konek 2-5 sudah ada dan dibuat, siapa mau? Menggunakan bahasa pop marketing sistem yang ditawarkan masih berada dalam tahap “tutuko”, sebuah guyonan ” sing tuku ora teko-teko, sing teko ora tuku-tuku “, yang kalau diterjemahkan, “yang beli tidak datang-datang, yang datang tidak beli-beli “. Di mana salahnya?

Saya awam, tetapi dengan mencoba memposisikan diri jadi Penjual, lalu di saat lain jadi Pembeli, oh, pantaslah. Transaksi tidak terjadi karena komunikasi keduanya seringkali tidak pas, tidak kompatibel, entah dalam soal harga, kualitas, lebih celaka lagi karena kurang pandai menjelaskan. Sayang.

Padahal produk atau jasa yang buruk ditinjau dari sisi  harga atau kualitas, namun dengan teknik penyampaian informasi yang jitu, dapat menjadi bernilai dan laku dijual! Sistem menutup kesenjangan informasi yang dibahas beruntun di Indonesia Konek 1-5, juga menuntut kepiawaian berkomunikasi dengan pasar. Meski harga dan kualitas termasuk baik, meski banyak daerah berlaut dan bersungai memerlukan sarana akses informasi seperti yang diusulkan, namun kalau informasinya tidak sampai? Kalau komunikasinya tidak ‘nyambung? Nihil. Sia-sia.

Blog dapat menjadi salahsatu media efektif berkomunikasi. Mengingat pentingnya peran blog, Sabtu kemarin, tim Kompas.com hadir di Bandung untuk tutorial blog dan blogging, seraya menawarkan penggunaan blog Kompasiana sebagai sarana bersosialisasi dan berpromosi. Aha, ini dia!

Adanya blogshop harian Kompas, diharapkan sanggup melahirkan lebih banyak blogger trampil di dalam menyampaikan peran dan manfaat teknologi bagi pembangunan. Menyajikan konsep teknologi yang rumit dalam bahasa sederhana blog, adalah sebuah seni yang menarik dan layak untuk dipelajari. It’s fun!

Terimakasih kepada rekan-rekan dari Kompas.com dan para blogger Kompasiana, yang dengan bersemangat mengajari tricks dan tips blogging. Begitu bersemangatnya sehingga event tutorial blog ditulis beramai-ramai di berbagai blog dan Kompasiana. Lihat saja daftarnya di bawah. Terimakasih, Kompas.com dan Kompasiana.

STEI_Blogshop-05Sep09-serius1STEI_Blogshop-05Sep09-serius2

Semangat dan keseriusan para calon blogger (lihat foto), mudah-mudahan diikuti oleh aktif ‘ngeblog teknologi di Kompasiana.

Sedang dipikirkan nama wadah khusus bagi blogger teknologi ini. Dengan wadah ini diharapkan para i-tech blogger saling bahu membahu,  untuk menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah dalam menciptakan teknologi yang tepat bagi pembangunan di negeri ini. Tidak selamanya harus impor.

Sementara baru terpikir “i-tech blogger“. Monggo, silakan usul… (hehe, sayang tidak ada sayembaranya).

1. Kompasiana Blogshop Goes to Campus (ITB)!!!…
2. Thanks To All Crew dan Admin kompasiana!
3. Bertemu SBY di BlogShop Kompasiana di ITB Bandung
4. Liputan Blogshop Kompasiana di ITB
5. Kompasiana Blogshop: “Menebar Virus Blogging di Institut Teknologi Bandung (ITB)”

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Indonesia Konek 6: Sosialisasi & Promosi
  1. Aris Heru Utomo mengatakan:

    Pak Rio,
    Walau jumlah peserta blogshop di ITB tidak seperti yang diharapkan, namun dari antusiasme yang hadir saya melihat potensi besar dari mereka2 utk menyebar virus blogging di ITB. Walau di ITB kegiatan blogging bukan hal baru, banyak dosen dan mahasiswa yang memiliki blog, namun semangat menebarkan virus blogging harus tetap dilakukan. Saya yakin suatu saat I-Tech Blogger akan terbentuk dan terus tumbuh dan berkembang.

    Melengkapi laporan temen2 yg lain, saya juga menuliskannya di Kompasiana dan sempat jadi tulisan terpopuler pada hari itu (narsis mode on🙂 ). Ini link tulisannya pak:

    http://public.kompasiana.com/2009/09/07/sby-sambut-gank-hitam-di-itb-2/

    Salam dan sukses pak.

    • rioseto mengatakan:

      Pak Aris, terimakasih banyak dukungannya.
      Sejumlah artikel di Kompasiana sudah pakai ID i-tech blogger xxx. Tulisan ada pop ringan, ada pop berat. kalau dijumlah sudah ada 10 posting. Kurang dari seminggu sejak blogshop. Coba deh diperiksa.

      Biar mereka belajar dulu menemukan bentuknya sesuai anjuran instruktur para blogger Kompasiana tempohari. Saya akan jadi virus menebar calon i-tech blogger baru…

      Hehehe…😀

  2. yulyanto mengatakan:

    Pak Rio,

    Mantep euy acara kemarin di ITB, sangat berkesan buat kami…..
    Semoga masih bersambung dan ada lanjutan blogshop-blogshop berikutnya di ITB:-)

    Jika komunitas “i-tech blogger” di ITB (mungkin yang pertama di Indonesia) sudah terbentuk kami siap support untuk melakukan publikasinya:-)

    Ditunggu kabar-kabar selanjutnya pak!

    Salam blogger:-)
    http://www.yulyanto.com

    • rioseto mengatakan:

      Terimakasih mas Yul, ‘i-tech blogger’ lebih baik dimulai dengan komunitas kecil seperti kemarin. Biarkan mereka jadi ‘selebriti’ dulu, baru jadi ‘lokomotif’ menarik teman-temannya yang lain. Kalau sudah mencapai momentum, atau critical mass, komunitas akan bergulir besar dengan sendirinya. Seperti bola salju yang menggelinding!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: