Indonesia Konek 8: Sinergi (2)

rural internet & telephony   www.netkrom.com

rural internet & telephony http://www.netkrom.com

Kalau dibedah teknologi komputer dapat dipilah menjadi 4 bagian besar: (1) motherboard multilayer, (2) komponen elektrik dan elektronika, (3) layar LCD, (4) plastik, yang kesemuanya berada di luar sana, Taiwan, Cina, Korea. Prakarsa Depdiknas melakukan perakitan komputer oleh SMK, patut mendapat acungan jempol. Sayang, kita belum mendengar departemen terkait seperti Perindustrian, Kominfo, Ristek, Perdagangan, KoperasiTenaga Kerja, Industri, Perguruan Tinggi/Riset, juga Pemerintah Daerah, dilibatkan dan bersinergi untuk bersama-sama membangun kapabilitas nasional di bidang ini. Cantik sekali, kalau ada…

Ini belum memadai. Membangun kapabilitas nasional desain dan manufaktur komputer mencakup ruang lingkup yang amat luas. Tidak mudah karena teknologi komputer dan network bukan milik kita. Berikut diperlihatkan peta sinergi, hasil kajian ringkas sebuah pemikiran  memperlihatkan apa yang perlu dikerjakan untuk membangun kapabilitas nasional tersebut.

asia-sinergi

(1) desain motherboard, chip, komputer (2) manufaktur motherboard (3) mounting komponen di atas motherboard (4) marketing & sales (1)(2)(3)(4) support, customer care, training, maintenance, …dll.

Dengan menerapkan konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) secara bertahap, kegiatan dapat dirinci lebih lanjut melihat keterlibatan institusi dan departemen. Dapat dilihat juga, merakit hanya merupakan bagian kecil namun bukan proses sederhana yang sekedar menggabung-gabungkan komponen. Masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Kesemua ini, tidak mungkin dikerjakan sendiri, terlebih hanya oleh satu departemen saja tanpa melibatkan pihak lain. Impossible. Ayolah serius, jangan main-main dengan uang titipan rakyat, para pembayar pajak .

Dalam skala kecil model kegiatan membangun kapabilitas di atas sudah dkerjakan, dan berhasil seperti yang dibahas di posting-posting sebelumnya. Tiba saatnya kita memasuki tahap desain dan manufaktur sesungguhnya dalam skala besar. Untuk meningkatkan kandungan lokal tidak semua harus dikerjakan sendiri di negeri ini; tidak perlu karena negara lain juga tidak melakukannya. Mari kita bersepakat kandungan lokal komputer ‘made in Indonesia’ selain proses perakitan di Indonesia, adalah komputer yang memiliki kekayaan intelektual anak bangsa sebanyak-banyaknya di dalamnya. Satu istilah, desain! Mulai dari desain kemasan, desain chip, desain motherboard, hingga ke desain komputer  untuk aplikasi khusus yang sangat diperlukan Indonesia.

Bagaimana?

Semogalah disetujui dan dilaksanakan. Kita serahkan dan percayakan ini semua kepada pemerintahan SBY yang baru…

komputer dapat dipilah atas 4 bagian besar, (1) komponen elektrik dan elektronika, (2) motherboard multilayer, (3) layar LCD (liquid crystal display), (4) plastik. Teknologi ada di luar sana, Taiwan, Cina, dan Korea.
Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
8 comments on “Indonesia Konek 8: Sinergi (2)
  1. orokbaduy mengatakan:

    tolong atuh pak,itu yang terkait perindustrian,perdagangan,laboratorium teknik, dan lainnya untuk mulai melangkah nyata dengan teknologi ini, rasanya rekan2 bapak siap mendorong terwujudnya keinginan ini. Bravo!

  2. Callighan mengatakan:

    Bisa copy upload di manager lalu embed urlnya di comment?😀

    • rioseto mengatakan:

      Eureka!

      Setelah menu editor WordPress link, img, dan cara lain gagal, dengan sedikit trik akhirnya berhasil juga memasang image di komentar di WP gratisan! Ini janji saya, sarana PCB multilayer di China.

      Foto-1: Kunjungan ke manufaktur PCB di Cina. berturut-turut kiri Taiwan/Medan, Indonesia, Cina/Tasikmalaya.

      Foto-2: bursa komponen elektronika di China.

  3. rioseto mengatakan:

    Setuju… sebuah industri PCB multilayer ingin membuka cabang atau relokasi kalau pasar PCB untuk motherboard di Indonesia sudah mengijinkan. Believe it or not, salahsatau manager pemasarannya adalah orang Indonesia, orang Tasikmalaya (yang terkena gempa kemarin), tetapi sudah lama bermukim di Cina! Bicaranya bahasa Inggeris dan Mandarin. Kangen ‘kali dia…

    Ada fotonya, tetapi WordPress gratis ini tidak menyediakan sarana embed image di komentar, ya. (Mas Callighan punya solusi?)
    😀

  4. Callighan mengatakan:

    Design di Bandung dan Taiwan. Motherboard buatan RRC. Mounting di Singapura dan Bandung. Dan marketing di Aceh, serta Jakarta.

    Bagus. Lebih bagus lagi jika motherboard buatan Indonesia.
    Semoga bisa terealisasi ya.

  5. IPin MTPDI mengatakan:

    Lanjutkan…………lam kenal boss

  6. Mr.o2n mengatakan:

    Selamat malam mas mohon kiranya datang melihat artikel ini dan jangan lupa di kasih koment ya😀

    Melamar jadi publsher google adsense dengan operamini

  7. Mr.o2n mengatakan:

    Mas apa kampusnya sudah terdaftar di telkmsel mobi comunity?
    Kalau udah terdaftar mas,aku mau minta tolong nmr id kampusnya berapa,kalo blh tau krm via email,krn dgn adanya id kmpus aq bisa dapet diskon 50% dari internet telkmsel

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: