Mengenal Ukuran Berkas Citra

wiki-bit-all-size-web

Artikel ini sambungan posting Piksel, Piksel, Piksel sebelumnya, yang memperlihatkan pengaruh piksel atas kualitas gambar atau citra, yang secara tak langsung mempengaruhi juga kualitas blog atau situs web kita.

Ukuran berkas citra

Piksel juga mempengaruhi ukuran berkas citra. Download 1_bit.png, 4-bit.png, 8-bit.png dan truecolor.png yang kita pakai di artikel Piksel terdahulu (ada di bawah atau di Wikipedia). Amati ukuran berkasnya. Ukuran terkecil adalah 1_bit.png dan terbesar  truecolor.png, yang dibangun piksel 24-bit.

Untuk mengetahui ukuran sesungguhnya, kita dapat meminta bantuan menu [Attribute] program Paint. Buka 1_bit.png dan klik [Attribute…] di menu [Image]. Diperoleh data seperti ini,

paint-attribute-sm

Dimensi citra adalah 300 x225 piksel, dan ukuran berkas 11,7 kB.  Dengan cara serupa kita periksa ukuran berkas lainnya, didapat: 4_bit.png 19,95 kB, 8_bit.png 38,455 kB, dan truecolor.png 186,211 kB.

Hanya dengan mengetahui dimensi piksel saja, ukuran berkas kasar juga dapat kita hitung, luas dimensi piksel x bit piksel. Hasil perhitungan ditunjukkan pada gambar di atas.

Selain berkas 1_bit.png, terdapat perbedaan mencolok ukuran berkas ‘png‘ dibandingkan hasil perhitungan. Lebih kecil. Pengubahan format citra ke jpg’ dan ‘gif‘, juga memberikan hasil serupa. (Buktikan sendiri, proses konversi dapat memakai Paint atau program konversi format sembarang lainnya.)

Kesimpulannya, format ‘png‘, ‘jpg‘, ‘gif‘ adalah metoda atau teknik untuk mengompakkan ukuran berkas citra tanpa mengorbankan kualitas informasi citra. Proses ini dinamai kompresi data atau data compression.

Dua pertanyaan, mengapa berkas harus diperkecil dan mengapa harus ada banyak format?

Berkas citra kecil mempercepat pendistribusian informasi

Dua jawaban untuk pertanyaan pertama. Pertama, berurusan dengan ruang media simpan. Ukuran berkas sebanding sebanding dengan besar media simpan. Memperkecil ukuran berkas berarti menghemat media simpan. Namun teknologi sudah sanggup membuat harga media simpan, ”rupiah per bit”, relatif murah sehingga penyimpanan berkas besar bukan masalah lagi.

Ke dua, berurusan dengan kecepatan pendistribusian informasi. Besar data atau informasi dapat dipandang sebagai muatan di atas truk. Kalau jalannya lebar, seluruh muatan sekaligus dapat tiba di tujuan dengan cepat. Kalau cuma selebar gang? Muatan terpaksa dikirim secara berangsur. Lebih lama. Contoh ekstrim berkas ukuran besar adalah video, audio, musik. Berkas harus dipenggal atas beberapa berkas kecil lalu dikirim beruntun seperti aliran air (streaming).

Lebar jalan diukur dengan kapasitas informasi yang dapat melintas per satuan waktu. Lebar jalan dinamai bandwidth; broadband berarti volume informasi yang lewat besar. Contoh, berkas truecolor.png (186,2 kB) ingin dikirim (upload) dari lokasi ini ke server di Semarang via “jalan” 64 kB/detik (atau o,o6 Mb/s, lihat gambar bawah). Diperlukan waktu sekitar 3 detik. Cepat? Lambat? Relatif.

Speedtestnet

Jalan sempit murah tetapi lama, jalan tol mahal tetapi cepat. Kita harus kompromi dengan bandwidth jika informasi ingin menjangkau pelosok yang penuh gang termasuk dusun Kahuripan yang terpencil itu. Aturlah agar ukuran berkas yang terkandung dalam blog atau situs web kecil, sehingga warga bisa menerima informasi dengan cepat dan murah. Dan dengan kualitas tetap terjaga! Wah, susah juga, ya.


Jawaban untuk pertanyaan ke dua ada di posting berikut, Citra di WordPress, JPG? PNG? GIF?”

Pustaka citra

1_bit.png, 4_bit.png, 8_bit.png, truecolor.png.

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “Mengenal Ukuran Berkas Citra
  1. […] ada 3 saja, .jpg, .gif dan .png.  Kapan format dipakai untuk masing-masing dibahas di “Mengenal Ukuran Berkas” dan “JPG, GIF, […]

  2. […] Posting artikel berikut, ‘Mengenal Ukuran Berkas Citra‘. […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: