Citra di WordPress, JPG? PNG? GIF?

Insert-image-menu-00

Waktu belajar blogging 4 bulan lalu dan berhasil menyisipkan citra di WordPress, waduh senangnya bukan main! Pengalaman langsung dijadikan artikel, “Blog 101.01: Sisip (Insert) Gambar di Posting”.  Waktu itu masih masa bodoh dengan 3 format gambar  jpg, png, gif yang tersedia di menu. Sekarang tahu, sedikit.

Kompresi JPG, PNG, GIF

Piksel, ukuran berkas, bandwidth, saling berkaitan. Ukuran berkas sebaiknya kecil karena keterbatasan bandwidth. Coba amati lama buka sebuah halaman blog atau situs web. Cepat, kalau informasi berisi teks saja dan lebih lama kalau dipenuhi gambar atau foto. Mengapa, karena berkas gambar atau foto yang kaya warna (24-bit) jauh lebih besar daripada teks. Kalau mau cepat, berkas ini perlu diperkecil. Dikompres.

Banyak teknik atau metoda kompresi dan 3 diterima sebagai standar umum saat ini,’jpg’, ’png’, ’gif’. Masing-masing memiliki teknik mengompakkan sendiri. Bagaimana dengan kualitas informasi hasil kompresi, masihkah tetap prima?

Kompresi dan Kualitas

GIF (Graphics Interchange Format)

WP GIF imageGIF adalah teknik kompresi ’jadul’ di mana kecepatan koneksi atau bandwidth, masih sangat rendah. Pembentukan data citra hanya didukung 8-bit atau 256 warna saja. Ini masih bertahan hingga sekarang.

GIF kemudian disempurnakan dengan tambahan fitur seperti 1-warna transparan (lihat gambar), dan gabungan sejumlah berkas GIF jadi 1 berkas GIF, cikal bakal animasi!

PNG (Portable Network Graphics)

PNG atau ’ping’ (“P Not GIF”?), adalah penyempurnaan GIF. Teknik kompresi lebih baik dari GIF, warna 24-bit, dan transparansi lebih banyak.

JPG (Joint Photographic Experts Group)

WP JPG imageJPEG, atau JPG, dirancang untuk mengkompres data citra yang kaya warna (24-bit) atau gradasi warna abu-abu (bayangan), dan citra lain seperti lukisan dan  foto bertema dunia nyata atau kehidupan sehari-hari.

JPEG kurang baik untuk mengkompres data citra yang terdefinisi dengan baik dan jelas seperti, huruf, gambar kartun, dan gambar dengan sedikit warna atau hitam-putih. Batas obyek yang jelas saat dikompres membuat batas bahkan menjadi tidak jelas atau samar.

Mungkin karena batas tidak jelas di foto inilah kompresi menjadi mudah dikendalikan. Penyamaran terus dilanjutkan hingga mata mulai dapat mengindentifikasi cacat yang timbul. Inilah batas terkecil ukuran berkas.

Dalam beberapa program kompresi JPEG ada sarana tingkat faktor ‘Q’ (kualitas) seperti good, better, dan best. Terka, berkas mana yang terkecil?

JPEG dipakai untuk kompresi gambar atau citra diam atau statis; untuk gambar atau citra dinamis (bergerak) seperti film tersedia JPEG padanannya, MPEG.

Panduan Pemakaian

WP GIF-PNG-JPG menu

Patokan gampang, periksalah citra masuk golongan mana? Kalau foto atau gambar rumit penuh warna pelangi dan gradasi abu, pakailah JPEG; kalau bukan, pakai PNG. Format GIF hanya dipakai untuk gambar sederhana.

Pustaka

1. “What is the difference between JPEG, GIF and PNG?” (sumber gambar)

Tagged with: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
8 comments on “Citra di WordPress, JPG? PNG? GIF?
  1. z4nx mengatakan:

    bapak ini ilmu nya banyak, tapi untuk bahasan citra seperti ini, belum bisa saya cerna.

    • rioseto mengatakan:

      terimakasih komentarnya; z4nx dan rekan-rekan saya maklumi karena itu juga kesukaran saya, ada banyak level pemula, madya, dst. jadi mohon bersabar ya.. itu nanti masuk di IT101.

  2. shu_enk mengatakan:

    Ngono tha…
    Nice Info…:mrgreen:

  3. […] Format gambar (foto, citra) yang diterima Kompasiana ada 3 saja, .jpg, .gif dan .png.  Kapan format dipakai untuk masing-masing dibahas di “Mengenal Ukuran Berkas” dan “JPG, GIF, PNG?“. […]

  4. Encyclopedia Blog mengatakan:

    Ow jadi gitu ya,,,, thanks atas info na bro…😀

    • rioseto mengatakan:

      You’re welcome… mau dimasukkan ke Encyclopedia Blog di bawah topik “Something Behind C” (Compression)? Hehe… Salam😀

  5. […] Jawaban untuk pertanyaan ke dua ada di, “Citra di WordPress, JPG? PNG? GIF?” […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: