Ukuran Berkas Citra JPG Untuk Blog?

rs-ixus-capture-SCALEBenar juga, berapa besar berkas ’jpg’ untuk blog? Dan kualitasnya? Cari-cari untuk kualitas, dapat jawaban seperti ini. Untuk blog, kualitas citra tak perlu sebagus foto hasil studio. Citra silakan kompres sekecil-kecilnya sampai cacat mulai terlihat.

Iya, seberapa besarkah itu?

Ada jawaban nimbrung yang mungkin bisa dipegang. Begini, kalau citra baku itu adalah citra induk (master, original), maka citra ini masih layak dipakai dengan tingkat kompresi hingga 50% bahkan hingga 25%. Kompresi 10% tidak bisa lagi, ditolak, diafkir, karena cacat biasanya sudah sangat kentara. (www.scantips.com)

Kita coba buktikan dengan eksperimen, yuk.

Sebuah tampilan di layar dipotret dijadikan gambar induk (gambar atas) dengan kamera digital. Sengaja tidak memilih obyek nona cantik atau pemandangan penuh warna-warni malah memilih yang cenderung keabuan yang mungkin memiliki kategori ‘tanggung’ di antara foto dan gambar. Kurang bagus, maklumlah bukan juru potret.

Citra yang dihasilkan kamera sudah dalam format ‘jpg‘. Ukuran berkas luar biasa besar, sekitar 7,0 MB! Ini datanya,

rs-ixus-capture-2

Terlihat dimensi citra hasil pemotretan dengan kamera 8 MP (megapiksel) adalah 3264 x 2448 piksel. Citra ditampilkan di atas layar dengan resolusi 96 ppi (pixel per inch, bukan dpi atau dots per inch seperti di atas; dpi adalah untuk printer). Artinya, dimensi metrik citra (setelah dibagi 96) akan membentang dengan lebar x tinggi = 34″ x 25,5″ (inci), atau 86,3 cm x 64,7 cm. Kalau diprint dan ditegakkan sudah setinggi anak kecil ‘lho!

Eksperimen ini bagus karena dampak kompresi ‘jpg‘ terhadap ukuran berkas yang besar, dan kualitas, akan lebih terlihat. Untuk mempercepat eksperimen 2 program kompresi diambilkan dari yang ada, Paint dan Office Picture Manager dari Microsoft, untuk  pembanding. Pembandingnya kurang tepat, karena kedua program berasal dari vendor yang sama, seharusnya vendor lain. Uuh, mau cepat ‘nih.

Setelah puas bereksperimen hasilnya disusun dalam bentuk tabel seperti ini,

rs-ixus-capture-COMPARE

Hasil ekpserimen menarik untuk dikaji. Berkas orde MB ternyata bisa dikompres hingga orde kB, sekitar 1/100 dalam kasus kita di atas. (Dengan perkataan lain, berkas baru ini hanya sekitar 1% saja dari berkas induk! Jadi situs yang menyatakan 25-50% tidak bisa diterima dan urung kita pegang. Kini kita punya sendiri, horee… ) Kalimat dalam tanda kurung salah, namun terlanjur diluncurkan. Ini koreksinya (hari ini, 04/10/09): Pengecilan ukuran berkas tidak berbanding lurus dengan kompresi! Berkas 1/100 tidak berarti kompresi berkas tinggal 1%.  Sorry about that… Eksperimen tidak bicara apa-apa tentang kompresi. Jadi pernyataan kompresi 50-25% mungkin sekali benar. Nanti kita kupas.

Kalau ukuran berkas diambil sebagai patokan pemilihan pemasangan di blog, ada 3 ukuran yang saling berdekatan, 21 kB, 23 kB, dan 32 kB, dengan dimensi relatif citra masing-masing diperlihatkan di bawahnya.

Jadi batas atas ukuran berkas ‘jpg’ ideal untuk blog kita sudah diperoleh, sekitar 50 kB.

Tinggal kualitas. Oke, setelah ini …oke?

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: