Kualitas Citra JPG Untuk Blog

<font color="darkblue">JPG master: <em>Paint</em>, kompres 80%</font>

"P"master2 dikompres 80%, 448 x 336 piksel, 27,1 kB

<font color="darkblue">JPG master: <em>Pic.Mgr</em>, kompres 70%</font>

"M" master2 dikompres 70%, 448 x 336 piksel, 17,9 kB

Besar berkas ’jpg’ untuk blog sekitar 50 kB; mau lebih besar juga boleh asal sarana memadai dilewati volume informasi besar. Untuk bisa begini, kita masih harus bersabar. Sementara itu kita pakai apa saja yang ada. Anggap toleransi kesabaran download satu halaman sekitar 10 detik (hehe… benarkah?), dan kecepatan informasi 20 kB per detik. Informasi yang diterima adalah 200 kB. Lumayan banyak. Lewat 10 detik kita mulai jenuh, bosan, lalu …klik, ngacir!


Sayang bila gagal berkunjung hanya gara-gara lelet. Tak perlu terjadi seandainya berkas per halaman blog diatur tidak melebihi batas misalnya, 100 kB. Dua citra cukup, habis sudah jatahnya. Sekarang seberapa bagus kualitas citra 50 kB?

Pertanyaan bagus. Kita kaji berkas citra foto karena ukuran umumnya besar-besar. Foto master jepretan tampilan di layar komputer dipakai kembali: rs-ixus-capture.jpg, [3264 x 2448] piksel (atau 4:3), 6,9 MB. Sekarang darimana kita mulai?

Kita berangkat dari tata-ruang blog dulu. Dimensi gambar blog distandarkan 2,0”x 1,5” (kecil, S) dan 2,5”x 2” (sedang, M). Tidak harus persis. Misalkan kita punya S = 1,85”x 1,35” dan M = 2,5”x1,9”; ganti sekarang satuannya dengan piksel. Kalau gambar ditampilkan di layar monitor dengan resolusi 96 ppi (pixel per inch), diperoleh S = [178 x 133] piksel, M = [241 x 181] piksel. Praktis juga pakai ukuran piksel, ya.

Berarti berkas induk [3264 x 2448] harus dikompres ke dimensi baru tersebut. Waduh, loncatnya jauh amat. Tidak apa, kita coba pakai Paint (’P’) dan Picture Manager (’M’). Ternyata setelah berkas induk dibuka di sini dan di-save kembali, ada perubahan di ’P’; ukuran baru menjadi 2,1 MB, piksel tetap. Di ‘M’ tidak ada perubahan.

Sekarang kita punya 2 berkas, P-master1 dan M-master1, sebagai ”induk” baru untuk dikompres ke dimensi yang dikehendaki. Memakai menu [resize] di program, kompresi esktrim dari ”besar” ke ”kecil” mulai dilakukan. Tidak berjalan mulus. Program ’M’ gagal berfungsi. (Kaget mungkin, ya?) Perlu kompresi bertahap yang dilakukan mengikuti langkah seperti di bawah

Diagram Kompres JPG web1

Sebuah program proses kompres online dipakai membantu menghasilkan berkas ‘jpg‘ dengan beberapa tingkatan kualitas ‘Q’. (JPG Image Optimizer.) Program hanya bisa menerima berkas 300 kB maksimum. Induk-induk terpaksai diperkecil lagi. Lihat diagram. Beres, mulai. Keluar sederet citra hasil kompresan dengan Q berbeda. (Tidak ditunjukkan di sini.)

Dari pengamatan, berkas terkecil yang masih layak dipakai di blog, adalah hasil kompres 80% untuk master ‘P’ , dan 70% untuk master ‘M’. Horee… kompresi dari “besar” ke “kecil” berhasil! Jadilah gambar seperti di atas.

Kualitas mana yang paling bagus? Relatif, untuk yang ini keduanya sama bagus. Pemilihannya terserah  selera. (Nanti dulu, coba layar di’gede’in… .)

Bagaimana dengan gambar ukuran S dan M? Ini dia ada di bawah; di kiri adalah ‘P”, di kanan adalah ‘M’. Klik gambar untuk memeriksa, (1) piksel (2) inci (cm) (pakai penggaris saja!) (3) ukuran berkas, dan (4) cacat (pakai kaca pembesar, atau dibesarkan di layar).

Kalau sekarang disuruh milih, ambil yang mana?

program Paint, <em>resize</em> 17 %

program Paint, resize 17 %

Pic.Mgr, <em>resizeK/em> piksel ke 178x133</em>

Pic.Mgr, resize piksel ke 178x133

P32-Q020-OK-23prctM-Q030-OK-241x181

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “Kualitas Citra JPG Untuk Blog
  1. rioseto berkata:

    Salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung. Memang dalam beberapa eksperimen program Paint lebih baik dibandingkan Picture Manager. Gambar diambil dengan kamera saku dengan merek seperti yang tertulis di layar itu… dengan hape piksel layar monitor tidak bisa terlihat (di gambar ada, meski samar).

    Sudah mampir ke blog, benar tidak ada ruang komentar atau saya kurang periksa?

  2. L3S berkata:

    saya lebih suka yang kiri, lebih terang gambarnya walaupun keduanya ngga begitu jelas…. . . itu hasil foto dari komputer pak hape ya (hehe, sok tau banget)….
    tp yg penting dari gambar orang bisa menangkap maksud dari gambarnya sih….

    kapan2 maen ke blog ku ya… thx..salam kenal…

    Lowongan Kerja di update tiap hari …….KLIK DISINI

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: