Compress, Resize (dan Crop)

Selalu saja ada alasan untuk posting terlambat. Hehe.. belum bisa jadi blogger sejati. Next time better… (rs)


Setiapkali kita hendak memasang sebuah foto di blog, umumnya kita selalu dihadapkan pada masalah pengecilan besar berkas. Kita berharap program dapat memanipulasi besar berkas dengan degradasi kualitas foto sekecil mungkin. Tiga cara yang biasa dipakai memperkecil ukuran berkas:

    (1) compression (kompres)
    (2) resize (memperkecil dimensi)
    (3) crop (“gunting”)

Kompresi

Pada artikel sebelum ini sudah didemonstrasikan bagaimana kompres mengubah besar berkas. Kualitas turut berubah, dimensi tidak. Berdasarkan pengamatan, berkas dengan kualitas yang masih baik secara visual diperoleh pada tingkat kompresi sekitar 50% untuk konten yang penuh detil; untuk yang tidak terlalu detil berkas masih dapat ditekan lagi hingga 25%! Lumayan banyak.

Di bawah adalah contoh konten gambar yang penuh detil, gambar-1 (kiri), dan yang tidak, gambar-2 (kanan).

resize_GWK-12prct resize_SUMO-12prct

Resize

Dimensi gambar-1 2594×1860 piksel. Dengan monitor 96 ppi dimensi gambar-1 adalah 27”x19” dan dimensi gambar-2 1500×2000 piksel (15” x 21”). Padahal ruang layar monitor kita terbatas 1024×768 piksel (11” x 8”). Gambar tidak muat di layar sehingga ditampilkan hanya sepotong!

Resize-1
Untuk blog, gambar-1 dan 2 perlu kita resize. Dimensi gambar-1 baru adalah lebar = 314 piksel dan tinggi = 226 piksel (mengikuti). Bilangan 314 piksel adalah perkiraan yang bagus untuk blog. Faktor pengecilan 314/2594 = 0,121 atau 12%. Jalankan Paint dan klik menu [Stretch/Skew], ketikkan 12 (%). Dimensi gambar-1 sekarang 312 x 224 piksel. Tidak mungkin sama, tidak apa-apa. Hasil resize lihat di atas.

Resize-2
Kita juga ingin melihat dimensi layar monitor kita di blog. Mudah, resize monitor juga 12%, atau 0,12 x 1024piksel = 123 piksel. Tinggi monitor (perbandingan 4:3) = 92 piksel. Kita pakai Paint untuk membuat monitor 123 x 92 piksel. Selesai, dan gambar-1 di atas layar monitor kita (di dalam bingkai putih) jadi seperti di bawah. Cobalah cek.

resize_GWK-frame resize_SUMO-frame

Resize-3
Resize gambar-2 juga dengan 12%. Masuk ke [Stretch/Skew] Paint dan perkecil dengan 12%. Diperoleh 180×241 piksel. Coba diperiksa tampilan gambar-2, di atas.

Idealnya, Jangan Diubah…

Setiap pengecilan entah kompres atau resize, kualitas sudah dapat dipastikan akan turun. Idealnya sebuah gambar jangan diubah sehingga kualitas foto masih “asli” seperti yang tertangkap lensa dan sensor citra kamera atau hasil scan. Kamera HP dan kamera digital “jadul” generasi pertama ukuran 0,3 megapiksel (640 x 480 piksel), jangan tergesa-gesa dibuang. Simpan dan pakai untuk ilustrasi blog kita nanti.

Karena sudah terlanjur punya megapiksel besar, yang bisa kita lakukan  menggunting bagian yang diperlukan atau crop. Cerita 0,3 megapiksel dan crop kita bahas di posting berikutnya.

Gambar untuk latihan:

1. GarudaWisnuKencana (file besar, .jpg, 2,7 MB)
2. Sumo (.jpg, 1,1 MB)

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “Compress, Resize (dan Crop)
  1. dony mengatakan:

    prtm…. numpang lewat… he

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: