Compress, Resize dan Crop

GWK-onethird-05-resizejpgBicara jujur, bagus mana, gambar “GWK” (Garuda Wisnu Kencana) yang ini atau sebelumnya? (Yang ini.. ii.)

Aturan “1/3” alias “sepertiga” disinggung sekilas di posting lalu. Aturan “1/3” membantu cropping; “1/3” bukan aturan, lebih tepat disebut alat bantu pengatur keseimbangan konten foto atau gambar.

Bagi yang bukan pakar foto seperti saya, yang kalau ambil foto asal-asalan, setting semua otomatis, jepret sesukanya, yang penting wajah yang jual tampang harus jelas. Tidak begitu, ada tekniknya! Bahwa harus jelas, ya, tetapi keadaan di sekitarnya juga penting. Buka dulu ah, pustaka pintar “Aturan 1/3“…

Kita berimajinasi membagi ruang gambar di layar kamera dengan membagi 3 (karena itu disebut 1/3). Diperoleh 3 x 3 kotak, disebut grid, menjadi 9 kotak seperti ini,

diagram grid onethird-pngObyek itu sebaiknya ditaruh di salahsatu 4 titik-fokus atau 4 garis-fokus, 2 garis mendatar (H, horisontal) dan 2 garis tegak (V, vertikal). Ooh ..gitu, selama ini biasanya (selalu) menempatkan obyek tepat di tengah!

Wajah obyek juga sering didekatkan (close-up). Ini dihindari; kalau pun harus dekat, mata ditempatkan di garis- fokus H atas. Garis juga dipakai sebagai batas horison pemandangan. Ooh ..gitu. Banyak lagi tipsnya, intinya tetap 4 titik-fokus dan 4 garis-fokus tadi.

Langsung bereksperimen dengan foto “GWK” (Garuda Wisnu Kencana) yang kemarin itu. Sekarang dipasangi grid 3×3. Ah, benar juga, komposisi gambar kemarin tidak mengikuti aturan. Kurang bagus. Diperbaiki lagi dengan urutan sepert ini,

GWK-onethird-00-all

Tidak seberapa sukar, ya.

Semua dikerjakan dengan program Paint kecuali grid; grid dibuat dengan bantuan tabel Power Point, setelah itu di-kopas (copy-paste) ke gambar di Paint. Hasil akhirnya seperti gambar di atas. Cukup spektakuler? Menurut saya ‘sih ..iya. Enjoy dan puas (untuk saat ini).

Posting ini bukan bermaksud membahas fotografi, tetapi bagi yang mulai tertarik komposisi “1/3” yang dikenal dalam dunia fotografi, dapat mempelajarinya lebih dalam di beberapa situs yang saya pilihkan di sini (bahasa inggeris),

1.  Composition: Part-1
2.  4 Rules of Composition for Landscape Photography
3.  Rule of Thirds

Jangan lupa, konten gambar atau foto itu bisa “ngomong” …lebih dari seribu kata. Pelajari dan kuasai dengan baik kamera digital yang kita miliki. Banyak fitur “aneh” yang bisa membuat kita terpesona! Jangan pernah bosan mencoba, sampai berhasil, sampai (hampir) tidak perlu crop, resize, dan compress.

Sukses membuat gambar bicara dengan aturan “1/3”!

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
One comment on “Compress, Resize dan Crop
  1. freezipe berkata:

    sipp good post

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: