Pan-O-Rama

PANORAMA 00_fused-jpg2

Kita kini sudah jauh lebih trampil memilih foto atau citra yang bagus untuk blog. Sekarang kita coba membuat sebuah foto yang sedikit aneh, panorama, gabungan  sejumlah gambar atau foto yang dipotret secara “pan” (pandangan mata digerakkan dari kiri-tengah-kanan atau dari atas-tengah-bawah, atau sebaliknya). Karena itu disebut pan-o-rama?


Foto kemudian disusun lagi dan disambung menjadi satu buah foto saja yang panjang (atau tinggi). Dimensinya tidak lagi proporsional mengikuti ukuran foto pada umumnya. Hasilnya, gambar di atas.

Proses menjadi panorama dilaksanakan sebuah program editor foto yang memiliki fitur  “panorama” atau “stitching” (menjahit). Foto-foto disusun, dicrop, lalu di”jahit” jadi satu. Seperti baju saja. Selesai.

Fitur panorama kini sudah ada di kamera digital. (Ada yang belum?) Periksa kembali buku manual atau kamera dan temukan menu ‘panorama‘, ‘stitch‘ atau semacamnya, di sana. Sebuah CD biasanya juga disertakan ketika membeli kamera. Ada program ‘stitch‘  di dalamnya.

Program PhotoStitch versi 3.1 adalah panorama dari Canon. Mudah menjalankannya, praktis, bisa jug dipakai oleh foto hasil jepretan kamera lain. Kita coba untuk 2 foto. Jalankan PhotoStitch (langkah-1). Langkah selanjutnya seperti gambar berikut,

Stitch-menu-all 70

Mudah sekali; program nyaris bekerja otomatis sampai selesai termasuk cropping! Kita hanya menyempurnakannya dengan menerapkan aturan komposisi “1/3” (lihat posting lalu), dan ini hasilnya,

Stitch-05-cut-50

Lumayan! Berita bagus lain, program PhotoStitch bisa dipakai menyambung potongan dokumen hasil scan.

Mari coba buat panorama sendiri dengan program PhotoStitch dan 4 buah foto contoh yang sudah tersedia di PhotoStitch-1.zip (1,6 MB) dan PhotoStitch-2.zip (1 MB). Buat folder, nama bebas, taruh kedua berkas .zip di sini, buka file .zip, cari stitch.exe dan klik.

Untuk membandingkan hasil, download program PanoramaStudio (versi 2.0, atau, klik “Older version of Panorama Studio”  untuk versi 1.6; keduanya sama bagus). Sayang program ini berbayar sehingga ketika dicoba (versi percobaan) ada label alamat situs.  Ada beberapa program lain seperti Autostitch, PosPanorama Pro, dan dari Microsoft, Image Composite Editor.

Tiga terakhir semuanya gratis. Kita coba lihat hasilnya di posting berikutnya.

Selamat berlatih panorama, sukses!


Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
One comment on “Pan-O-Rama
  1. […] untuk download lihat di posting […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: