Pan-O-Rama: Teknologi & Kreativitas

banda-de-ipanema-2008 (www.360cities.net)

banda-de-ipanema-2008 (www.360cities.net)

Fungsi foto panorama sudah berkembang bukan lagi sebagai ilustrasi pendukung artikel saja. Panorama sekarang bisa menjadi sebuah situs web yang berdiri sendiri, ada link yang merujuk ke teks, panorama lain, situs lain, e-mail, sampai audio. Panorama lebih “hidup” dan bisa berinteraksi dengan kita. Dapat ditayangkan off-line, lagi. Lalu?

Mari berpikir keras, mencari manfaat apa yang bisa dipetik dengan kehadiran sensasi baru berupa kebebasan menampilkan informasi visual yang memiliki kedalaman emosional ini. Panorama tak sekedar foto “pan”, yang menampilkan gambar panjang membentang dari kiri ke kanan, tetapi juga dari atas ke bawah, dari segala arah pandang. Dalam bahasa bebas matematika, panorama = 360 x 180o! Wow.

Pertama, tentu saja, panorama sebagai sebuah mahakarya seni foto meski ada yang masih keberatan karena sebagian besar hasil adalah berkat ketrampilan memanipulasi foto di atas komputer. (Ketrampilan manipulasi bukankah seni juga?) Ke dua, panorama dapat difungsikan sebagai alat bantu efektif menyajikan sebuah presentasi yang spektakuler! Ke tiga, efek 3D (3 dimensi) tambahan pada panorama dapat menjadi sarana komunikasi ampuh pemasaran!

Akhirnya semua berpulang kepada kita, apa yang hendak disampaikan ketika membuat panorama. Konten, sudah harus dipikirkan dan ditentukan sejak awal. Misi apa yang ingin disampaikan melalui unsur gabungan estetika dan emosi, memanfaatkan tebaran obyek dan warna yang terdapat di sekeliling kita. Komposisi menjadi rumit karena panorama dibangun oleh sejumlah foto, yang mau tidak mau menuntut kita menguasai pengoperasian kamera dan memotret, agar hasil berkualitas dan selaras sesuai misi.

Jangan berkecil hati kalau tidak bisa memotret, kita tidak sendirian. Mari belajar dimulai dengan memahami seluruh fitur kamera digital yang kita miliki. Baca manual dengan seksama, dan kutak-katik kamera. Uh, kuno sekali, ternyata baru tahu saya kalau ada fitur komposisi panorama di sana! Dulu juga ada cuma ‘ndak ‘ngerti. Kalau tidak ada, kita masih ditolong oleh software yang banyak tersedia bak jamur di musim hujan. Untuk penyajian, ada teknologi flash, Java, dan QTVR (QuickTime Virtual Reality). Lengkap sudah dari hulu sampai hilir. Semua ada, jadi?

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba memotret panorama (dan lebih asyik, mulai berkompetisi).

3194032731_www.fotografer.netFoto panorama membuka peluang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Lihatlah teknik yang dilakukan orang untuk menciptakan panorama. Pakai layang-layang (layangan)!

Jangan tanya hasilnya, luar biasa. Penasaran? Forum dalam bahasa Indonesia ada di sini, “Kite Aerial Photography” (atau Panorama?).

Kuncinya satu, …kreativitas!

Ayo ambil kameranya, segera buat panorama. Tampilkan di situs (ada banyak) antara lain di bawah.  Ini salahsatu aplikasi panorama, virtual tour, untuk budaya dan pariwisata? Indonesia masih kosong (ayo isi, jangan tunggu sampai diaku orang lain…).

Obyeknya apa, ya?

PanOye_capture

😀

Posting berikut persiapan membuat panorama, dari awam, oleh awam, untuk awam. Ditunggu.

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: