Pan-O-Rama: ‘Motret Pakai HP

KitePhotography
Pan-o-rama
mengasyikkan? Bagi saya hasil pakai layangan seperti gambar di samping sangat mengesankan. Ingin sesekali mencoba dengan kamera HP, sekarang bisa di‘jepret’ via sms ‘kan?

Rata-rata kita semua sudah punya HP berkamera. Oke, kita siap membuat panorama sekarang. Jangan anggap enteng, foto HP dengan sedikit rekayasa software (program) sanggup membuat gambar panorama  bagus-bagus untuk blog!

Berikut hasil eksperimennya…

Tips

Obyek untuk panorama, pemandangan, paling mudah ditemui. Amati saja di sekitar kita, mungkin ada deretan puncak gunung, bukit, lembah, sungai, danau, pesisir laut, hutan, kebun, sawah, rumah adat, dan seterusnya. Di kota pemandangannya berbeda; banyak bangunan, bangunan kuno dan moderen (pencakar langit  di kota besar), dan satu lagi, kerumunan orang.

Dari sasaran obyek panorama ini saja kita sudah bisa menarik tip pertama, obyek harus “diam” (statis). Sukar menciptakan panorama kalau obyeknya bergerak seperti kesibukan lalu lintas, pohon dihembus angin kencang, arus kuat aliran air sungai, cuaca (kuat cahaya berubah, awan berubah), …  . Supaya terkesan diam, obyek ditembak dari jarak jauh. Seberapa jauh tidak ada rumusnya. Intuisi saja.

Gara-gara Tip-1, bagian bawah panorama berikut terpaksa dicrop karena banyak orang berlalu-lalang. Ingin diperlihatkan di sini detil pohon dan bangunan, hasil memotret hari ini dengan HP 2 megapiksel (jam 10 pagi, 4 pemotretan). Lihat, ada cacat pada warna langit tetapi oke..lah.

06-for.web,

‘Motret pakai HP enaknya tidak usah mikir! Fitur kamera yang bisa diatur sangat terbatas. Iya, ini ‘kan HP yang siap setiap saat. Kamera ikutan. Tinggal berlatih memotret terus, siang dan malam, obyek sembarang, sampai kamera dikuasai betul dengan hasil memuaskan.

Overlap_onethirdTip ke dua, pengambilan adegan harus tumpang-tindih; aturan “1/3” dipakai kembali agar program tidak “bingung” dalam penyambungannya nanti.

Gambar kanan sudah betul, informasi yang diambil diulang melampaui ruang “1/3” foto sebelumnya. Lakukan tindakan serupa untuk adegan selanjutnnya. Lihat warna langit, kuat cahaya langit di zona sambung gambar 1 dan gambar 2. Ada perbedaan? Keterbatasan kamera.

Tip 3. Pertahankan seting kamera dari awal sampai selesai. Hindari mengubah-ubah seting seperti zoom, white balance, dan fitur kamera lainnya.

Tip 4. Pertahankan posisi kamera selama pemotretan. Maksudnya HP tetap tegak, jangan berubah. Maklum HP benda kecil ini dioperasikan dengan tangan; kemungkinan berubah besar sekali. Lalu ada ketinggian. Posisi kamera misalkan setinggi mata, pertahankan, jangan ditinggikan atau direndahkan. Biasanya posisi berubah tanpa disadari.

Proses dengan Autostitch & IrfanView

Download hasil potret dari kamera ke komputer. Dua program kita siapkan untuk membuat panorama, Autostitch (.zip, 1,0 MB) dan IrfanView v4.25 (1,3 MB).

Autostitch:
Jalankan Autostitch. Panggil kesemua gambar sekaligus. Program bekerja otomatis, semua gambar disambung jadi satu, panorama! Beri nama dan simpan berkas ini (yang masih setengah-jadi).

IrfanView:
Jalankan, panggil panorama setengah-jadi tadi.

  • 1. buat bingkai/kotak untuk crop pakai mouse
  • 2. [Ctrl]  [Y], pangkas (crop)
  • 3. [Ctrl]  [E], unsharp mask (setting = 1)
  • 4. [Ctrl]  [R], resize/dimensi baru, bisa dalam (%) atau (piksel)
  • 5. [Shift]  [S], ketajaman
  • 6. [Shift]  [G], terang-gelap
  • 7. [File]Save for Web… — JPEG — Save
  • 8. Beri namaSave

Horee berhasil, …inilah dia panorama pertamaku!

(Siap diupload ke blog.)

😀

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “Pan-O-Rama: ‘Motret Pakai HP
  1. romailprincipe berkata:

    Mantap Pak, hal-hal simpel yang bisa menghias ya?
    hehe..

    • rioseto berkata:

      Betul mas Romail, saya mengamati posting di blog lain, yang simpel-simpel juga terkadang tanggung, dijelaskan cuma sepotong. Sayang. Padahal kalau didorong lebih jauh sedikit, ada peluang terbuka yang tak pernah kita duga sebelumnya, termasuk dapat uang “jajan”! (Hehe… nanti saya coba, kalau berhasil mas Romail nanti saya beritahu, mau saya traktir es krim!)

      😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: