Pan-O-Rama 3D, Ready? Action!

Kahuripan-index

Sudah mahir buat panorama? Yuk, kita buat panoramanya “hidup”. Kedua gambar di atas sebetulnya “hidup”, bisa digerakkan ke kiri -kanan, ke atas ke bawah. Sayang jenis berkas ini belum bisa diterima di WordPress gratisan. (Ada yang bisa bantu?) Kita tidak bisa bereksperimen melihat panorama 3D beraksi di blog sehingga terpaksa menampilkannya dengan cara lain.

Ada program panorama 3D sederhana, ADG “Albatross Design Group” Panorama Tools (berbayar). Untuk versi trial (percobaan, gratis), hasilnya di”stempel” logo “Albatross” atau ditulisi teks “Unregistered”. Cukup mengganggu. (Lihatlah gambar kanan, teks saya samarkan dengan hijau dari semula merah menyala.)

Persiapan

Kalau belum punya programnya, download di sini ADG Panorama (4,2 MB).  Sambil menunggu download, siapkan folder eksperimen dan isi dengan gambar panorama yang pernah dibuat, atau ambil foto yang mau dipanoramakan dari pustaka ADG Panorama. Dalam folder “Samples” dari direktori ADG Panorama ada subfolder “Full 360 Panorama” dan “Panoramic View”. Kopas (copy-paste) folder ini dan masukkan ke folder eksperimen kita. Kita mulai.

Eksperimen

Menu ADGJalankan ADG Panorama. Kita akan mengoperasikan mengikuti urutan seperti di samping. Sedikit, hanya 4 langkah saja.

Klik (1), ambil gambar yang hendak dipanoramakan. Klik (2a), program akan menjahit gambar jadi panorama.

Klik (2b) dan (2c) adalah tindakan manual mengoreksi jahitan yang kurang pas. Tidak perlu, hasil biasanya sudah bagus. Klik (3), panorama 3D dapat diperiksa di web. Klik (4) untuk menyimpan.

Pada proses penyimpanan ditawarkan 3 pilihan format: .adg, .mov, jpg. Simpan berkas dalam semua format tersebut untuk kita amati nanti. Proses panorama 3D selesai.

MenuIni adalah semua berkas hasil eksperimen saya di folder; foto induk adalah “Kahuripan”.

Ada tiga folder, 2 folder adalah sampel foto hasil kopas dari ADG Panorama. Folder ke 3 tidak perlu ada, bisa dihapus.

Penyimpanan berkas .adg menghasilkan sepasang berkas, .adg dan .html; demikian pula format QuickTime, .mov dan .html. Satu-satunya berkas tunggal adalah dalam format .jpg.

Di bawahnya ada 2 berkas yang dibuat ADG Panorama, ADView script dan ADGView program. Di bawahnya ada 2 berkas lagi index1 dan index2, berupa script html untuk menayangkan hasil panorama 3D yang baru saja dibuat di web. Berkas harus dibuat sendiri mengikuti petunjuk “Help”. Berkas panorama yang dipakai adalah .jpg dan .adg.

Dua berkas lagi adalah panel dan slider yang dihasilkan ADG Panorama. Seharusnya ada di sini tetapi dipindahkan dan disimpan di folder ke 3. Ingin tahu akibatnya nanti.

Cobalah klik ke 4 berkas .html. Horee… gambar panorama sudah hidup! Tiga dimensi, ada kesan ruang. Masing-masing menampilkan dengan cara yang berbeda. Keluarkan isi folder 3, coba klik lagi.

Pendukung

Berikut berkas lainnya yang mungkin diperlukan untuk menampilkan panorama 3D di blog.

1.  Java for Windows-Firefox/Mozilla (15,9 MB)
2.  QuickTime
3.  index1 dan index2

Penutup

Eksperimen belum selesai karena panorama 3D belum terpasang di blog. Tekniknya dapat dibaca di “Help” . Sudah dicoba, negatif; kalau berhasil tentunya wow!

Gambar induk atau sumber dari ADG Panorama bagus sekali. Bagaimana membuat gambar berseri seperti ini hingga sambungan nyaris sempurna? Sudah coba, negatif; kamera tentu bukan alasan utama… nanti belajar.

(Kita pasang target ‘yuk, buat foto panorama 3D Indonesia yang indah-indah tentang wisata dan budaya, untuk dipasang di peta dunia. Virtual tour. Buat rekan-rekan yang ada di luar Indonesia, buat juga yang ada di sana, untuk pembanding. Masukan buat pemerintahan baru?)

Semoga bermanfaat. (Hehe.. mulai faham sedikit scripting dan html.) 😀

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
3 comments on “Pan-O-Rama 3D, Ready? Action!
  1. Mr.o2n berkata:

    Ia ni maklum aja de fasilitasnya belum ada 😀

  2. Mr.o2n berkata:

    Ya sekedar baca aja ni Tipsnya(garuk2 kepala) 😀
    Dan mampir sebentar soalnya lama egga kesini.

    • rioseto berkata:

      Halo mas Jumal, apa kabar? Saya berharap postnig mudah diikuti oleh semua, ternyata masih harus pakai garuk-garuk kepala ya. Hehe… 😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: