Teknologi Saku 3: Kosmetika Itu Lho…

lens_camera-pentaxApa yang mengangkat nilai sebuah produk, yang sepertinya biasa-biasa saja, tetapi laku dijual dengan harga tinggi? Tentu produk ini memiliki keistimewaan atau keunikan yang sanggup menarik minat konsumen begitu besar sehingga bersedia membayar lebih untuk keunikannya atau keistimewaannya itu. Sebagai awam dalam dunia pemasaran, cukup mengamati perilaku iklan saja kita jadi tahu  ternyata pengaruh kosmetika terhadap kemasan besar sekali!

lens_camera-lego

Untuk produk kamera profesional kaliber dunia seperti Pentax, sungguh berani membuat kamera tampak seperti mainan (tetapi pasti bukan mainan). Kebalikannya, produk mainan terkenal Lego berani membuat sebuah produk serius. Spesifikasi kamera Lego di atas 3 MP (mega piksel), layar display 1,5″ dan memori 128 MB. Ada lampu kilatnya lagi. Jelas ini bukan mainan…

Warna mencolok merah, kuning, biru pada keduanya menunjukkan sasaran produk adalah anak-anak. (Warna hitam dikurangi diganti abu-abu?) Sungguh cerdik, memperkenalkan IT melalui fotografi! Anak mana yang tak senang memotret dan melihat wajahnya sendiri? Sang anak pun merengek, ” Pak, belikan kamera …!

computer_Dell

Produsen sangat agresif; kepentingan anak-anak yang lebih besar ABG, dan yang lebih besar lagi, juga tak luput dari perhatian. Lihat berapa yang harus dibayar untuk kosmetika warna, … berani “beli” warna favorit Rp. 400 ribu? Taksir juga kira-kira berapa kita berani membayar lebih untuk ornamen cantik komputer notebook di bawahnya?

Kesimpulannya, ada 2 arus produk IT.  Pertama, produk diciptakan untuk kepraktisan. Produk dibuat sekompak mungkin hingga bisa masuk saku. Dompet perempuan seperti gambar di samping, termasuk saku juga ‘lho. Perangkat kosmetik lipstik, bedak, parfum, sisir, pasti senang dapat teman baru! Hehe he…

Belum selesai lagi… nanti kita lihat bagaimana produk IT dikembangkan lebih kecil lagi hingga menyatu dengan tubuh atau badan kita!

Ke dua, adalah produk IT yang jelas tidak masuk dalam kategori teknologi saku. Semakin bisa dilihat orang, semakin bangga. Ukuran besar, warna mencolok, bentuk geometri unik, … . Pokoknya gaya, lain dari yang lain. Tampil beda.

😀

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: