Hocus Pocus Pilatus, Puf, …Hilang!

Teknologi pakaian atau garmen, mengalami kemajuan yang bukan main! Di posting “Ketika Seni Ketemu Teknologi” kita menyaksikan pakaian yang indah dengan menyatukan material tekstil dan komponen elektronika; di “Teknologi Emosi“, selain indah pakaian juga dilengkapi sensor emosi si pemakainya. Sekarang, pakaian bisa dibuat tembus pandang. Hocus, pocus, pilatus… puf, badan si pemakai jubah pun hilang dari pemandangan! (Klik gambar.)

Impian pencipta cerita fiksi Harry Potter atau pencipta game “Dungeons and Dragons” yang tokoh utamanya bisa menghilang, sebentar lagi menjadi kenyataan.

Ada 2 teknik menghilangkan pemakai mantel atau jubah ajaib. Teknik pertama adalah dengan proyektor. Di belakang punggung, ada kamera yang sedang merekam adegan pemandangannya; gambar ini kemudian disorotkan kembali ke jubah. Material jubah memantulkan bayangan pemandangan yang di belakang tadi. Cerdik juga.

Teknik satu lagi masih dalam pengembangan. Material ini sangat canggih; sinar yang jatuh ke material di”belok”kan, berkeliling mengikuti bentuk material kemudian menyatu kembali. Tidak ada sinar yang memantul ke mata sehingga memberi kesan obyeknya, hilang!

Hebat sekali teknologi. Jika kelak benar-benar material ini terwujud aplikasnya luas sekali. Pilot dapat melihat landasan bandara yang menembus lantai kokpit pesawat saat mendarat. Dalam keadaan darurat seperti perang misalnya, tank disamarkan sehingga tidak terdeteksi oleh pandangan musuh. Pengemudi mobil dengan bebas dan leluasa melihat kondisi di sekeliling mobil, depan, samping, belakang, atas, tanpa terhalang kaca, bodi atau kabin mobil. Mobil “gundul”! Kaca spion jadi kuno dan tidak diperlukan lagi.

Asyik juga. Celakanya, teknologi canggih ini pasti dimanfaatkan juga untuk tujuan yang kurang baik. Penjahat memasuki rumah tanpa tanpa diketahui, orang membawa barang terlarang tidak bisa dan tidak cukup mengandalkan mata atau kamera saja. Berhati-hatilah.

Mungkin yang menarik dan lucu kalau material dipakai sebagai dinding kamar mandi. Yang mandi senang karena kamar mandi jadi seluas rumah,  yang di luar kamar mandi bingung ‘kok rumah tidak ada kamar mandinya, tetapi suara mandi ada. Hii, ngeri juga…

😀
Dua klip “hilang” lain bisa ditonton di sini: [1], [2].

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
11 comments on “Hocus Pocus Pilatus, Puf, …Hilang!
  1. saatulihsan berkata:

    wah (woot) sy baru tau ini,,kira2 harganya berapaan yach,pengen beli sayah :d

  2. Red berkata:

    mantap nih artikel!

  3. wow, luar biasa,.. canggih bener teknologinya om!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: