Roadmap Monetisasi

waduuh… maaf berat nih buat teman-teman yang sudah setia menunggu! tahun baru saja sampai lupa, minta ijin sekarang untuk mengucapkan “Selamat Tahun Baru 2010!”, ya. tidak sempat posting begitu lama karena blog akan berubah aliran dari serba-serbi teknologi ke monetisasi. sistemnya belum dikuasai betul jadi kutak-katik dulu.”

‘Roadmap’

Menurut pengamatan selama ini, ajakan memonetisasi blog atau situs biasanya adalah menjalankannya langsung. Tidak perlu persiapan apa-apa, cukup ikuti instruksinya saja dan voila… bisnis berjalan dengan sendiri, kita dapat duit sekian juta dalam sehari! Horee.. (iri juga). Syukur, semogalah tetap begitu dan terus berjaya.

Tidak diceriterakan apa yang terjadi saat pemasukan mulai menurun tak sesuai harapan. Cemas, tak tahu harus berbuat apa. Kita menjalankan sebuah bisnis yang belum dimengerti betul. “Ruh” atau semangat bisnis masih tertinggal karena terlalu mengandalkan ‘otomatis’.  Sementara jumlah pesaing meningkat terus dan mereka berhasil karena lebih trampil, lebih berpengetahuan.

Melihat ini muncul gagasan membuat sebuah roadmap (peta jalan, lihat gambar). Peta ini menggambarkan perjalanan bisnis menuju sasaran dengan alur pikir sederhana saja, start = “tidak punya” duit dan finish = “punya” duit. Cling.. duitnya ada dan terlihat di sana. Belum bisa diambil! Masih impian yang ingin diwujudkan.

Menggunakan peta jalan sebagai perumpamaan (analogi), banyak pelajaran yang bisa kita petik. Kita dihadapkan kenyataan ada beberapa pilihan jalan. Jalan lurus, lebih pendek, tetapi harus bekerja luar biasa keras (memperbaiki jalan, menggali terowongan). Salah memilih jalan, tersesat masuk laut! Atau, tersesat di kota yang padat dan harus membuat jembatan. Ada jalan lain yang sepertinya lebih aman, lebih panjang dan berliku, eh, masih ada kemungkinan terjebak juga…

Jalan mana?

Bebas. Jalan menggambarkan besar “investasi” kita, waktu, energi, dan materi yang akan kita pertaruhkan agar menjadi trampil dan berpengetahuan di dalam mempercepat mewujudkan impian. Mereka yang suka tantangan akan memilih jalan lurus; yang kurang suka jalannya melambung sedikit, dan yang tidak suka melambung jauh. Disini letak perbedaan “ruh” atau semangat wirausaha atau entrepreneur itu.

Kendaraan kita adalah blog; kita pemilik blog, terserah kita ke mana blog akan dibawa atau diarahkan, jalan mana yang akan ditempuh, yang penting harus tiba di sasaran. Titik, eh, koma…

… secepatnya.

😀

(bersambung)

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
6 comments on “Roadmap Monetisasi
  1. soemitra berkata:

    Membuat Blog itu …Ya tujuan akhir mungkin….yaaah U(jung) U(jungnya) D(uit).
    Tapi untuk menuju kesana, perlu pembekalan yang memadai biar nggak tersesat dan terkecoh
    ……soalnya berjalan tanpa kompas…….linglung juga, Mas Rio.
    Apalagi saya ini baru hitungan hari/atau mungkin 1-2 minggu, dolan-dolan di arena blogging, jadi benar-benar buta. Mudah-mudahan tidak terlalu lama ….setapak demi setapak majuuu jalan ( ke depan).
    MENGERTI dahulu …lah Mas, baru BERANI…..he..he..

    Tapi saya ikuti terus dan dukung penuh Mas Rio gagasannya……..
    Insya Allahu……hari-hari cerah menunggu di depan kita (mudah-mudahan).
    Salam

    Soemitra.

  2. […] peta jalan, roadmap, teknik, teknologi, tip, trik by rioseto Ini adalah lanjutan posting Roadmap Monetisasi […]

  3. Benar Mas RioSeto, kita harus berani membuat langkah terobosan dalam hidup kita termasuk melakukan eksperimen untuk memonetize Blog kita dengan cara kreatif seperti tulisan anda.salam

  4. liudin berkata:

    ingin mengendarai blog sebagai penghasil uang. tetapi untuk saat ini hanya untuk hobi dalam menyalurkan tulisan dan pemikiran

    • rioseto berkata:

      salut! bagus sekali pendirian mas liudin, semuanya bagus selama kita konsisten. teruskan! (saya coba buat posting khusus untuk mas liudin).

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: