Inilah Jalan Emas Itu…

Ini adalah lanjutan posting Roadmap Monetisasi terdahulu.

Masih ingat ceritera petanya? Peta adalah pedoman kita mengantisipasi kendala atau masalah yang mungkin menghadang saat mengembangkan monetisasi blog, dan bersiap mencari solusinya.

Kalau peta diproyeksikan ke proses monetisasi blog, akan menghasilkan sebuah peta baru ‘jalan emas blog‘, sebutlah begitu, seperti di samping.

Banyak jalan tersedia tetapi umumnya ada 5 jalan utama. Jalan ini memiliki karakteristik sendiri yang menuntut penguasaan pengetahuan dan ketrampilan blogging (teknik, tip, trik) yang berbeda.

Perbedaan, juga persamaan, inilah yang hendak kita cari sekaligus dikaji sehingga efektif dan efisien dalam menyusun strategi monetisasi nanti. Sekali dayung 2-3 pulau terlampaui, sekali tepuk 2-3 lalat mati, sekali ngeblog duit datang dari sana sini. Hmm … asyik juga. (Maunya.)

Kita tak pernah tahu jalan mana paling baik ditempuh, jalan mana paling memberi dampak positif besar bagi kita, selain mencoba (hampir) semuanya sendiri. Rasanya kita semua setuju, pengalaman adalah guru yang terbaik.

PPC dan PPM/CPM, Shopping, CPA dan Afiliasi

Blog kita dianggap seperti media cetak koran atau majalah, atau media TV, atau radio, atau mall atau toko, yang bagus dan layak diboncengi iklan. Dengan memasang iklan penjual berharap dapat menghimpun transaksi pembelian dari pengunjung yang datang ke blog kita. Dapat deh, imbalan.

Banyak jenis iklan, banner, pop-up/pop-under, interstitial, dll.  Banner alias spanduk mirip iklan di koran atau majalah, dipajang menyatu dengan blog. Pop-up atau pop-under adalah iklan tampil sendiri di depan layar monitor, yang menimpa laman yang sedang kita buka (pop-up), atau bersembunyi di baliknya (pop-under).  Iklan tampak  kalau laman ditutup atau berganti.

Interstitial adalah tampilan jenis pop-up yang tampil nyelip beberapa detik saat pergantian laman.

Uraian rinci bermacam iklan ada di posting mendatang nanti.

Ulasan (Review, Freelance, Sponsored)

Kalau di atas blog layak dipasangi iklan, maka di sini blog kita sendiri yang beriklan. Promosi, bahasa gayanya. Pikiran dan tulisan blog dinilai “menjual”  oleh produsen sehingga meminta kita membuat tulisan mengulas produknya. (Pernah dengar copywriter?) Dari informasi ulasan kita yang jujur, netral, obyektif, akurat, dan bisa dipercaya, diharapkan dapat membujuk dan meyakinkan orang untuk membeli.

Imbalannya jelas, cash and carry alias ‘jreng’!

Diskusi/Renungan

Modal dasar mendulang atau menangguk ’emas’ di jalan emas adalah (ternyata) blog yang bagus! Orang tentu kurang nyaman berbelanja di tempat kumuh, becek, gelap, bau, dilayani wajah judes atau muka garang…

Blog bagus adalah mutlak untuk bisa jadi ‘magnet super’ yang sanggup menarik ’emas’ datang sendiri menghampiri. Inilah hebatnya blog.

Kesimpulannya? Uang jangan dicari, uang itu akibat dan datang sendiri, uang bukanlah tujuan.

😀

Tulisan relevan:
1. Uang itu Akibat Bukan Tujuan
2. Meluncurkan Blog Hipotetikal 4: Entrepreneur

Tagged with: , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Inilah Jalan Emas Itu…
  1. soemitra berkata:

    Setuju banget Mas Rio…..uang itu hanya akibat….bukan tujuan akhir. Sekali pun dalam hidup ini, (sangat)….. diperlukan, bukan hidup ini perlu ongkos..he..he.
    Nah untuk membuat blog yang baik khan perlu jurus jurus tertentu dan tidak menabrak rambu2 yang telah baku. Nah itu yang belum saya tahu, mas.
    Ah…hari esok (HARUS) lebih baik dari sekarang……..(semoga).
    Salam
    Soemitra

    • rioseto berkata:

      kalau kita mau cari duit, pasti tidak ketemu karena tidak ada yang melemparkan ke jalan; kalau mau cari kerja, pasti ada yang menawarkan; soal duit bergantung, kalau dia puas pasti dibayar banyak…
      salam:D

  2. Bambang Oke berkata:

    kalo blog di wp.com kan ga bisa di pasangin iklan ppc mas,..

    • rioseto berkata:

      yes! betul sekali, dan kita semua belajar (termasuk saya, ..hehe jangan dikira saya tahu semuanya, lho); eksperimen monetisasi nanti termasuk cara buat blog wp mandiri, buat cantik luar, buat cantik dalam (konten), … dll.
      😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: