Berubah… Berani?

Sebagian kita melihat ketidakpastian ekonomi sebagai ancaman, sebagian lagi memandangnya sebagai peluang. Di manakah kita berada? Kalau ini ancaman beranikah kita bertindak, dengan segala konsekuensinya, dan mengubahnya jadi peluang?

Berani? Hebat. Sikap semacam inilah yang dibutuhkan seorang blogpreneur sejati. Monetisasi blog dijalankan dengan serius dan sungguh-sungguh karena yakin bisa membantu mengangkat kita keluar dari kesulitan ekonomi. Kita coba uji keteguhan keyakinan ini dengan menjawab kuis berikut secara jujur. Klik gambar (laman baru).

Jawab 20 pertanyaan ini dengan true (ya, benar) atau false (tidak, salah). Catat di secarik kertas. Terjemahan hanya untuk membantu kalau diperlukan.

    I don’t like my opinions being challenged

    saya tidak ingin pendirian saya dilawan

    I would rather be an accountant rather than a TV anchor

    saya lebih memilih jadi akuntan dari pada jadi tokoh TV

    I believe that I control my destiny

    saya yakin bisa mengendalikan masa depan saya sendiri

    I am a highly creative person

    saya termasuk yang sangat kreatif

    I like a lot of varied sex

    saya suka bereksperimen dengan seks

    I don’t like trying exotic foods

    saya kurang suka mencoba makanan baru dan aneh

    I would choose bonds rather over growth stocks

    saya lebih memimilih deposito dari pada saham yang berkembang

    Friends would call me a thrill seeker

    teman-teman menyebut saya pencari sensasi

    I like to challenge authority

    saya suka mendebat hal yang diyakini orang benar

    I prefer familiar things to new things

    saya lebih memilih barang yang sudah saya kenal dibandingkan yang tidak

    I’m known for my curiousity

    saya dikenal memiliki rasa ingin tahu yang besar

    I would not like to be an entrepreneur

    saya tidak suka jadi seorang wirausaha

    I’d rather not travel abroad

    saya lebih memilih untuk tidak bepergian ke luar negeri

    I’m easily bored

    saya mudah bosan

    I wouldn’t like be a stand-up comedian

    saya bukan tipe yang suka melucu

    I’ve never gotten speeding tickets

    saya tidak pernah ditangkap polisi lalu lintas karena melanggar

    I’m extremely adventurous

    saya sangat suka berpetualang

    I need a lot of stimulation in my life

    saya membutuhkan banyak rangsangan dalam kehidupan saya

    I would work for a salary than a comission

    saya lebih memilih gaji dari pada komisi

    Making my own decision is very important for me

    mengambil keputusan sendiri penting bagi saya

Sekarang periksa hasilnya. Skor 0-10, kita termasuk orang yang lebih memilih aman dari pada kegiatan atau pekerjaan menantang yang berisiko. Skor 10-20, kita termasuk orang yang berani mengambil risiko.

Skor kurang dari 10? Kita harus berani mengubah diri kita untuk berhasil memonetisasi blog. Skor di atas 10? Horee.. ayo kita rayakan dan siap memonetisasi blog. Sampai jadi dan berhasil!

:D  (skor saya 16.)

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
14 comments on “Berubah… Berani?
  1. Mimit Soemitra mengatakan:

    Salam kenal, Pak Rio.
    Terima kasih tulisan-tulisannya yang bermanfaat sekali buat saya -.
    Ternyata skore saya mah di rendah pak….. IQ jongkok ‘ngkali ya pak…..
    Maklum …..newbie. Begitu buka Internet saja sering kepala jadi twuing….twuing
    apalagi bikin posting untuk blog, mendadak pandangan saya jadi temaram.
    Sekali lagi TERIMA KASIH kiriman artikel-artikel bapak ke e-mail saya.

    • rioseto mengatakan:

      Salam kenal akang (eh betul ya) Mimit. Tak perlu tergesa-gesa, buat rencana kecil tapi mantap, “ah hari ini mau nulis tentang ini”. Tulis saja apa yang terpikir, corat-coret, pilih mana yang pas lalu sambung jadi cerita. Salah-salah dikit, ah itu mah biasa. Saya juga begitu.

      Semakin dilatih, semakin tajam, semakin banyak inspirasi itu datang. Bener, deh.

      Selamat posting.😀

  2. peri01 mengatakan:

    saya 12 hehehehe
    salam hangat

  3. HumorBendol mengatakan:

    hehe…score-ku kok cuma 8 ya?😦

    • rioseto mengatakan:

      wah ini menarik, apakah kontradiktif humor dengan semangat? humor mengendurkan urat syaraf, semangat malah kebalikannya menegangkan urat syaraf. skor naik kali ya kalau humor dibisniskan? hehe… sok tahu.
      salam😀

  4. Ongki mengatakan:

    hoho, saya dapat 16.. Salam kenal Pak..

  5. Rafi mengatakan:

    Nice Posting mas, sangat menginspirasi Blogger newbie seperti Saya.

    Sallam Kenal’
    Rafi
    ===================
    http://rajwarafi.com

  6. liudin mengatakan:

    saya juga telah memposting artikel bagaimana memulai sebuah bisnis internet yang berhasil. terima kasih atas artikel yang berjudul “Berubah, berani Monetize” yang menjadi inspirasi dalam artikel kali ini

  7. djagung mengatakan:

    skor saya 11…..hahaha

    lumayan… tapi bener juga sih

Silakan komentar, 'like' juga oke

