TipKunci Sukses Monetisasi ..Gaul!

cari, dan punyailah seribu teman… maka engkau tak akan pernah kelaparan.”

Ini cerita saat bersekolah jadul. Uang kiriman belum datang, bagaimana bisa makan? Tugas bisa menunggu, perut tidak.  Keluar akal kancil, mengukur jalan dari teman ke teman, pura-pura bertandang padahal cari makan, datang diatur pas waktu makan, eh betul juga, perut kenyang. Seribu teman berarti ..makan pagi-siang-malam setahun terjamin aman! Hahaha.. hari tersisa puasa.

Trik “blogwalking” (saya adalah “blog“nya) dulu belum dikenal, ternyata menghasilkan meski bukan uang. Pengalaman rupanya terulang kembali di monetisasi. Sasarannya berbeda kuncinya sama, gaul! Jadi kata tip di atas keliru dan ganti dengan kata kunci, “kunci sukses monetisasi ..gaul!“.  Tak seberapa tapi makna dan dampaknya, jauh berbeda!

Punyailah 1.000 pengunjung, yang kita kejar dengan rajin mendaftar blog di direktori, melapor ke mesin pencari, senang bertandang dan komen di blog teman, rutin menulis dan sering hadir di forum diskusi, …  . Percayalah blog kita tidak akan “kelaparan”, selalu ada”makanan” tersedia di sana. Bisa dimakan, sabar, itu hanya soal waktu.

Blog ibarat toko atau mal, hidup dan berkembang bergantung pengunjung yang aktif berbelanja. Blog menjadi lahan tempat menjajakan berbagai produk siap jual. Monetisasi datang sebagai imbalan atau upah, keberhasilan “menjual” konten blog yang membuat pengunjung betah berlama-lama yang akhirnya melakukan transaksi belanja. Semakin banyak transaksi semakin besar imbalannya.
Ya-ia, ‘lah.

Karena itu blog harus gencar berpromosi, beriklan, berkampanye dengan berbagai cara seperti cerita tadi. Blog ditata menarik agar dilirik dan didatangi. Blog unjuk diri, mengoceh aneka solusi dengan gaya bahasa menarik, padat, singkat, dan berisi, berkomentar di blog teman dengan santun dan rendah hati… . Kalau sudah begini seribu pengunjung rasanya bukanlah apa-apa. Jumlah pengunjung besar adalah aset sangat vital yang melandasi keberhasilan monetisasi blog kita. Dari merekalah uang berasal. Pengunjung harus dipelihara baik-baik: diperhatikan, dijaga, dimanja. Siiplah.

Bagaimana gaul yang baik, kita buat satu blog eksperimen nanti untuk mengamati perilaku monetisasi sambil kutak-katik cara menarik pengunjung (lebih banyak). Bisakah? Belum tahu. Kita amati saja apa yang terjadi.

Karena tip sudah dihapus, tip kali ini mendorong kita untuk segera menulis, menulis apa saja yang bisa membuat orang tertarik dan tersenyum, yang dengan senang hati  merogoh kantong dan membeli apa pun yang kita tawarkan. Menulis adalah seni, semua orang bisa dengan berlatih dan berlatih. Apakah gaya tulisan blog ini sudah cukup menarik dan siap monetisasi, perlu dibuktikan. Yang pasti, bisa menulis adalah uang.

Sungguh.

😀

Tagged with: , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
33 comments on “TipKunci Sukses Monetisasi ..Gaul!
  1. ketut mengatakan:

    luar biasa sekali,,, semakin banyak kita punya relasi, akan semakin mudah buat kita mendapat informasi,, dan orng yang punya banyak informasi , memiliki peluah yng lebih besar untuk menjadi bagian dari orang sukses…..

    • rioseto mengatakan:

      ha.ha.ha… apalagi orang seperti ketut yang mempromosikan wisata bali yang tak habis-habis. terimakasih ketut, sukses!

      terpikir ide ‘gila’ ikut segala macam pameran dunia, ikut nonton F1, ikut nonton konser, dengan kostum bali?😀

  2. saya setuju banget dan emang terbukti dari awal ngeblog ampe sekarang saya seperti itu ,, pngen cepat suksesss..hiihih

    • rioseto mengatakan:

      Iya nih, situs RMB sampai bikin 2; coba hubungi “BMW” (Bali Megah Wisata) di Jakarta, Surabaya, atau Denpasar. Sekian tahun lalu pemiliknya (lupa namanya) pernah menawarkan ke saya untuk melayani tour wisata wilayah Bandung-Jawa Barat sampai batas Jogjakarta. Selamat berjuang!

  3. Sewa Mobil Bandung mengatakan:

    masukan yang bagus, semakin bnyak kita punya koneksi maka semakin banyak informasi yang bisa di bagi,,, salam kenal buat para bloggers,,,, good luck,

  4. Ahyar ayank mengatakan:

    saya masih dalam tahap belajar menulis. Walau masih sedikit teman, tp syukur saya sudah merasakan ‘kenyang’ itu. Kenyang dalam arti puas saat ada yg mbaca tulisan saya, meski sedikit.

    • rioseto mengatakan:

      he.he.he… selamat mas Ahyar Ayank! “Kilometer” 1 sudah dicapai. Kita senang yang berkunjung senang. Jangan istirahat terlalu lama di sini, mulai jalan lagi sampai km.2, 3, … 10, ..100, ..1000! Oke?

  5. sewa mobil di bali mengatakan:

    thanks to info…salam,,,,,,,,,,,,,,,

  6. Sewa Mobil Bali mengatakan:

    duch,,,,saya jadi pengen kesana nok,,,bajunya kayaknya bagus” sekali,,hihi,,

    • rioseto mengatakan:

      ha.ha.ha… baju ada di Bandung bukan Badung lho. Kapan ke Bandung? Boleh usul, situs dilengkapi cerita budaya Bali termasuk urusan spiritual dan misteri-misterinya, bagaimana? Lebih bagus lagi ada versi inggerisnya, jadi suatu saat lebih mudah bagi saya merekomendasikan ke teman-teman di luar sana. (he.he.. dihonor berapa ‘nih? hampir saya jadi agen “BMW” untuk Jawa Barat dan sekitar)

  7. Program kasir mengatakan:

    Menarik postinagn nya,.
    Yah betul sekali, banyak-banyak menulis…
    Maka banyak uang, hhe

    • rioseto mengatakan:

      tidak semua sadar kalau trampil menulis itu adalah modal yang bisa dijual; saya juga tidak tahu, tetapi setelah tahu, eh, sadar, wow… ternyata duitnya sembunyi di sana. salam😀

  8. Anak Ndeso mengatakan:

    jadi pingin ngikut orang2 yang sukses nih…

    • rioseto mengatakan:

      Halo Anak Ndeso, nama keren yang merendah ‘nih. Saya belum sukses ‘Nak, sungguh, baru mengumpulkan semua informasi yang diperlukan monetisasi hasil baca dan tanya sana-sini… silakan mau “follow”, semua harus maju! (Baca deh komentar saya di artikel berikutnya buat mas Liudin, mungkin dapat ide, dan silakan komentar di sana. Ditunggu, ya.)😀

  9. […] Tip Sukses Monetisasi ..Gaul! […]

  10. Mr.o2n° mengatakan:

    Blognya sekarang da ramai di banding tahun lalu😀

  11. Mr.o2n° mengatakan:

    Uda dapet mas tapi belum seberapa😀

  12. endar mengatakan:

    tips yang menarik pak, saya percaya semakin banyak teman menjadikan kita tidak kelaparan.
    btw saya belum pernah dapat uang dari blog hehehe

    • rioseto mengatakan:

      mas endar, saya terkadang lelah banyak harus begini harus begitu, yang kalau disederhanakan ‘kan cuma “apa kiatnya bisa sebanyak-banyaknya mengundang tamu ke blog kita”.. secara logika nanti ketahuan juga harus bagaimana, betul ya?😀

  13. Mr.o2n° mengatakan:

    Selamat sore mas,postingan nya sangat bermanfaat terus mas keluarkan aja semua uneg2 dan ilmunya yg ada di kepala.
    Untungnya aku mash ingat link blog ini,jadi aku bisa kesini😀 soalnya uda lama si kaga kesini.
    Gmana kabarnya mas.

  14. Joddie mengatakan:

    menulis adalah seni -> setujuuu.. gw suka banget, ‘n sekarang jadi salah satu penghasilan utama saya: menulis buku.. ^^

  15. omiyan mengatakan:

    saya setuju banget dan emang terbukti dari awal ngeblog ampe sekarang saya seperti itu hahah

    salam

  16. liudin mengatakan:

    wah pagi pak, menyapa Anda dengan komentar seputar kuliah. akhir2 ini kuliah saya tidak begitu lancar dikarenakan mengurus blog. serba susah jika mengalami error di server. jadi blogwalkingnya tertunda terus

  17. ilyasafsoh.com mengatakan:

    saya juga sudah membuktikannya🙂

Silakan komentar, 'like' juga oke

