Gaul Perintisan Monetisasi Blog

Hampir dapat dipastikan blog monetisasi eksperimen saya yang pertama nanti adalah tentang handphone (hp). Kita semua sudah maklum penjualan hp jauh melesat di atas penjualan komputer dan sejenisnya. Semua punya hp kalau perlu dua (atau tiga!).

Tentu banyak yang memerlukan informasi tentang hp. Kesenjangan informasi ini akan dicoba ditutup oleh blog. Mulai merek, kelebihan, kekurangan, harga, hingga ke penambahan fitur, gangguan atau kerusakan, jual lagi, isi pulsa, nada dering, game, internet, banking, … dll. Wow, semua ini berpotensi jadi bisnis!

Tahu apa saya tentang hp? Nihil. Jadi saya harus belajar; saya harus pergi memperkenalkan diri dan gaul ke habitatnya. Inilah yang tim termasuk saya, lakukan kemarin. Pergi ke instansi pemerintah. Lihat gambar.

Cukup mengejutkan pemerintah belum punya data hp (penjualan, jumlah industri, jenis teknologi, dampak hp terhadap ekonomi, “sampah” hp, dsb.). Ada kemungkinan tim akan diminta bantuannya membuat kajian ini, termasuk survai ke produsen hp di Cina! Horee hasil gaul lumayan dapat materi posting bagus untuk membantu monetisasi blog nanti. (Kalau survai jadi, tahun 2011.)

Gaul ke dua, mendaftar ke forum “bengkel” hp. Bengkel adalah unit yang saya percayai paling faham soal hp, luar dalam.ย  Pasti dong. Di forum saya belajar dengan membaca dan berdiskusi dengan pelakunya. Minggu depan saya mau “blogwalking” ke bengkel-bengkel yang tersebar di kota saya. Biar dapat informasi lengkap langsung dari tangan pertama, punya gambaran jelas medan tempur hp yang akan dimasuki nanti.

Klimaks “blogwalking” adalah kopdar, menghadiri pertemuan akbar 1000+ bengkel hp dari seluruh Indonesia. Acaranya dilaksanakan “6310” (6 Maret 2010) di sumber air panas terkenal Ciater, Subang. Wow, asyiik. Yang hadir dari Banda Aceh sampai Papua (‘tuh lihat, sanggup beli tiket dari hasil bengkel!). Horee blog saya akan punya teman seribu bengkel! (Belum dari network bengkel, para pelanggan setia yang datang ke bengkel).

Intinya, jangan tergesa-gesa meluncurkan blog. Gaul yang saya lakukanย  adalah pemanasan atau persiapan, mencermati situasi dan kondisi pasar hp, perilaku konsumen hp lebih dulu. Setelah itu baru saya akan menyusun bentuk blog yang bagus dan cantik untuk monetisasi.

๐Ÿ˜€

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
19 comments on “Gaul Perintisan Monetisasi Blog
  1. […] kedua lainnya mungkin ada yang sempat baca dan ingat komentar saya di posting lalu. Bisnis produk ini dijalani kalau bisnis utama hp tersendat. Saya berdoa semogalah semua […]

  2. Manginfera.Com mengatakan:

    Betul-betul rencana yang matang dan sistematis…
    Bukan hanya di dunia maya tapi juga dunia nyata harus tetep blogwalking ya Pak..

    Klo dah sukses jangan lupa ma saya yah
    hi..hi…..๐Ÿ˜€

    • rioseto mengatakan:

      pengalaman masih nol; saya hanya berusaha berhati-hati ke mana blog hendak dibawa tahun 2010. ‘blogwlaking’ fisik tahun sebelumnya menghasilkan teman2 yang memiliki kemampuan aneh dan berpotensi luar biasa jadi duit tetapi ndak tahu caranya…kebetulan, biar saya yang coba. (dasar akal kancil!)

      beres, kalau berhasil kita makan baso bareng. di mana? hehehe… mimpi boleh ‘kan ya, di Hongkong yuk!๐Ÿ˜€

  3. kelirirenk mengatakan:

    Wadow ide bagus tuh…
    Soalnya semakin banyak gadget yang beredar, semakin orang bingung untuk menentukan pilihan.
    Juga semakin banyak permasalahan yang dihadapi dari handphone, sampai sekarang pun masih jarang informasi tentang itu.
    SALUT….

    • rioseto mengatakan:

      Begitu ya? kalau “om gugel” belum ada keywordnya, ya kita jadikan ada. Mari kita bantu konsumen dengan informasi jujur dan akurat. Kasihan sudah keluar uang banyak, eh, produknya tidak sebagus yang diinginkan atau diiklankan.๐Ÿ˜€

  4. lingkungan kita mengatakan:

    artikelnya menarik nih……

    • rioseto mengatakan:

      Belum ada yang memikirkan sejauh ini soal sampah “hi-tech” elektronika. Serius. Bagaimana kalau lingkungan kita menjadi pemrakarsa, cari sponsor yang sepemikiran.. (Dalam 1 ton sampah “hi-tech”, kandungan emas jauh lebih banyak daripada 1 ton hasil penambangan; ada laporannya dari IBM.)๐Ÿ˜€

  5. Anak Ndeso mengatakan:

    Wah idenya cemerlang !!! td udah komentar tp pakai id worsdpreess , lupa kalo nlog word pressnya balum jadi… hehehe…

  6. cumentdriver mengatakan:

    Manstap Kang, ide sampean cemerlang !!! saya juga pingin buat yang tentang komputer, dulu pernah kerja otak atik hardware dan kebetulan punya temen2 yang masih kerja di komputer juga..

    • rioseto mengatakan:

      sayang sekali, bagaimana kalau dillanjutkan lagi sampai dikuasai, overclocking untuk game dan server, pc tua jadikan dumb terminal untuk network di sekolah, di kecamatan dan kota kecil lainnya. Duit semua itu lho… hehe๐Ÿ˜€

  7. rio2000 mengatakan:

    sukses dengan rencananya… sepertinya sudah dipersiapkan dengan matang๐Ÿ˜€

    • rioseto mengatakan:

      hehe… pasti ‘ndak percaya kalau dibilang ini hasil mikir 1-2 malam. Memang ada alur pikir besarnya semacam skenario utama begitu; detilnya diisi kemudian seperti air mengalir saja. Cari, lalu dibuat artikelnya.

      Salam, kita sama-sama rio ya. Hehehe…๐Ÿ˜€

  8. don mengatakan:

    Membalas pertanyaan Cak Rio Seto di kolom komentar blogku, artikel mengenai pengalaman payperpost dan adsense (cuman 2 artikel hehehe) bisa dilihat di http://carireferral.blogspot.com/search/label/referral

    Kalo informasi yang lebih detail sih, silakan cari-cari sendiri ya di Google… banyak kok…

  9. liudin mengatakan:

    oh ya pak. kalau menurut saya pasar hp untuk blog saat ini masih sangat sulit direalisasikan. karena sangat jarang ada orang yang mencari informasi hp melalui internet. silahkan lihat di google keyword.
    Yang saya tahu saat ini yang sedang banyak dicaro (teman-teman kampus dan anak-anak Sma) adalah mengenai laptop dan notebook. mungkin dapat dijadikan refernsi dalam pembangunan blog monetizenya nanti.

    tetapi jika diluncurkan dalam bahasa inggris, mungkin lebih menjanjikan. ini sedikit saran dari sahabat blogger Anda.

    • rioseto mengatakan:

      Oke, terimakasih banyak info dan sarannya mas Liudin, sangat saya hargai!

      Plan-1 HP. Kalau ‘hp’ di google tidak ada, bisakah dipaksa jadi ada? Ini tantangan, kerja keras promosi habis-habisan, “blogwalking” fisik ke mana-mana, seminar, ekshibisi/pameran, OSIS, kampus, koperasi, toko/pedagang hp, dll. Hehe… bisa nggak tidur! Tidak apa, kalau sukses, pasti pertamax duitnya paling banyak! Soalnya duluan. Hehehe… (bahasa inggeris nanti deh, bahasa jepang, eh, salah, maksudnya hp jepang yang dibawa tki bisa dioperasikan di indonesia lho!)

      Plan-2 Laptop/Notebook. Kok tahu ‘sih mas Liudin, itu rencana nomor-2 kalau hp gagal. Nanti sore ada rapat cara mereview laptop ala majalah ‘CHIP’ dan bgm laptop bisa laku kalau pakai “baju” batik! (Batik ‘kan sudah resmi milik Indonesia). Horee… laptop ‘made-in-indonesia’.

      Plan-3. Kalau 1 dan 2 gagal, masih ada rencana-3 (psst …rahasia, kecuali yang baca komen ini). Jualan modem CDMA! Tahukah harga dasar modem dengan prosesor VIA sekitar 100 rb, bisa dijual 200 rb termasuk pulsa 50rb koneksi unlimited sebulan (lelet tidak apa2, untuk pemula, yang penting terjangkau dan bisa FB-an), ada kelebihan 50rb, laku 1.000 sebulan se pulau Jawa, berapa tuh? Hehe… bocor deh informasinya. (Biarin, saya rela yang maju kita Indonesia ‘kok, yang hebat mas Liudin ‘kok).

      Terimakasih banyak sarannya teman! Sukses selalu…๐Ÿ˜€

  10. idham mengatakan:

    proyek yang bagus…

    • rioseto mengatakan:

      mas idham.. rencana (planning) itu penting sekali; “blogwalking” ke instansi belum selesai, paling sedikit ada 4 departemen terkait: perindustrian, kominfo, pendidikan, riset teknologi (ristek); yang lain, tenaga kerja, perdagangan, dan hukum (paten). alangkah indahnya kalau semua menanggapi positif. semoga. (hehe.. mereka calon pengunjung blog kita juga nanti ya).๐Ÿ˜€

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: