Persiapan Monetisasi Tahap Akhir

Maksudnya? Saya masih sangat hijau dan awam (beneran) dan mencoba berhati-hati agar bisnis yang akan dijalani nanti benar-benar bergulir, jangan sampai terantuk sana-sini hanya karena hal-hal kecil yang terlupakan atau tidak diketahui. Kemarin 3 hari “blogwalking”, survai sekali lagi. Ini ceritanya.

Informasi. Beruntung sekali saya, sejumlah rekan bengkel di Bandung mendukung penuh rencana bisnis monetisasi blog saya dan bersedia memasok informasi apa saja yang diperlukan untuk posting seputar hp di blog nanti.

Saya dipinjami buku (versi melayu, hak ciptanya sudah dibeli; pengarangnya ke dua dari kiri), dan seperangkat dokumen lain yang tidak beredar bebas di luar. Saya diijinkan mencuplik untuk posting blog tetapi tidak boleh menggandakan meski hanya fotokopi.

Saya hargai dan komit dengan kesepakatan itu; kita terbiasa membajak ‘sih alias memperbanyak tanpa ijin. Begitu penting informasi itu; urusannya sesuap eh seperiuk nasi, hidup atau mati.  Baru kenal ‘kok dikasihkan? Inilah kunci pokok bisnis, kepercayaan atau trust! Belum apa-apa sudah dikasih modal virtual berupa pengetahuan ya. Terimakasih teman-teman bengkel, atas kepercayaannya.

Belajar. Dengan modal seperti ini di tangan, tidak ada alasan untuk lari. Sudah tanggung, bermain api panas, bermain air basah. Saya harus lalap habis buku dalam waktu sependek-pendeknya sambil bekerja praktek di bengkel mereka dengan hp lama dan hp second. Kalau sudah dikuasai hp mutakhir mudah difahami. Itu kata mereka. Gila juga.

Saya sudah dapat bayangan posting blog nanti seperti apa. Konsumen akan disuguhi berbagai data dan informasi lengkap seluk beluk hp. Pertanyaan apa saja dari konsumen yang muncul tentang hp, dari ringan sampai berat, (harus) bisa dijawab. Waduh,  ditantang ‘nih.

Duitnya dimana? Pertanyaan bagus. Sementara yang terpikir adalah ini. Iklan, review produk dari produsen/agen hp langsung, training, jasa perbaikan (repair), jualan komponen hp, jualan program aplikasi, franchising usaha bengkel, jasa modifikasi (tambah fitur). Apalagi (bisa tolong bantu tambahkan? Jualan hp biarlah toko hp saja.)

Nanti di kesempatan lain, saya buat posting keberhasilan teman yang putus sekolah dan tidak sempat mengenyam jenjang “S3” (SD, SMP, SMA), tetapi berkat kegigihan dan ketekunannya berhasil meraih prestasi materi. “Saya malu karena tidak lebih kaya dari anak kelas 5 SD!pelesetan kuis di salah satu stasiun teve.

Lain-lain. Selain hp, blogwalking dalam 3 hari juga mengadakan kontak dengan PayPal dan bertemu dengan kelompok Laptop/Notebook dan Modem CDMA. Saya minta ijin PayPal mengambil gambar di situsnya untuk dipasang di blog saya dan memberi teks indonesia pada video klipnya. Horee.. gambarnya boleh, video klipnya masih menunggu konfirmasi.

Untuk kedua lainnya mungkin ada yang sempat baca dan ingat komentar saya di posting lalu. Bisnis produk ini dijalani kalau bisnis utama hp tersendat. Saya berdoa semogalah semua berjalan lancar, dan dengan senang hati saya akan berbagi tentang dunia bisnis produk ini bagi teman-teman yang berminat. Laporannya nanti, oke.

Tagged with: , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
2 comments on “Persiapan Monetisasi Tahap Akhir
  1. peri01 mengatakan:

    wah aku pertamax hehehe😀
    semangat yua🙂
    salam🙂

Silakan komentar, 'like' juga oke

