Bikin Review Lagi Aah, di “Shvoong”

Rumus ampuh monetisasi blog, menulis = uang. Tulisan bagus, dapat duit banyak, tulisan jelek, dapat duit sedikit bahkan nihil. Contoh buku bestseller. Diperebutkan karena karena topiknya menarik tulisannya bagus (dan iklannya heboh!). Laris manis, dan sang penulis pun kaya raya.

Untuk blog, rumus dimodifikasi menulis bagus = pengunjung banyak = uang banyak. Monetisasi di situs survai yang lalu kita dilatih cara mendapatkan uang dengan menulis “komentar” dalam 3 kalimat. Kalimat-1 komen “luar” (tampilan situs), kalimat-2 komen “dalam” (isi situs/konten, bisa difahami atau tidak), kalimat-3 adalah “kesimpulan” (atau usulan). Kalau ditekuni sungguh-sungguh duitnya lumayanlah meski tidak sampai kaya (katanya ‘sih ada yang berhasil sampai ribuan dolar per bulan! Wow.).

Lalu Shvoong itu apa? Mirip sekali survai kita terdahulu; menulis di sini adalah mengomentari tulisan atau posting. Posting bisa punya orang lain, bisa postingan kita sendiri! (Lucu juga buat review atau komentar tulisan sendiri ya.) Tidak seperti survai, Shvoong tidak menyediakan tulisan atau posting untuk direview. Ada forum khusus penawaran topik untuk dikomentari.

Cara kerja secara garis besar dapat digambarkan seperti ini,

Cobalah amati Shvoong, seperti blog biasa sama dengan kita punya. Bedanya konten blog diisi kumpulan tulisan orang lain. Kalau bagus tentu akan menarik orang datang berkunjung. Tulisan bagus menempati peringkat atas. Penghasilan 10% iklan yang diterima Shvoong dibagikan secara proporsional ke reviewer, horee kita kebagian (sedikit atau banyak bergantung peringkat).

Semua pihak menerima manfaat. Shvoong dapat, kita dapat, tulisan yang kita komentari juga dapat. Komentar kita ‘kan semacam iklan juga.

Ini penting. Ketrampilan membuat tulisan bernuansa menjual atau memasarkan produk atau jasa sehingga orang mau dan jadi bertransaksi, adalah pekerjaan seorang copywriter pro! Bayarannya tinggi lho. Kita tidak berniat menjadi copywriter (eh, ada?), tetapi men”jual” blog kita dengan segala cara, menjadi ‘bestseller’ dengan berhasil menarik trafik (pengunjung, visitor) sebanyak-banyaknya, yang ujungnya berdampak kepada ekonomi (halah basa-basi, duit ‘gitu!).

Terbayang keberhasilan meng”iklan”kan postingan blog kita di Shvoong, jumlah pengunjung ke blog pasti nanti akan bertambah. Bukankah ini yang kita mau? Posisi terbalik, kita memanfaatkan Shvoong sebagai sarana mempromosikan blog kita. Mengapa tidak? Inilah simbiose mutualistis, kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah, eh tiga, belah pihak kalau kita mereview postingan orang lain.

Hebat, tak pernah terpikirkan ada teknik monetisasi yang bisa menguntungkan semua pihak, dihasilkan secara gotong royong seperti ini. Dasar kancil ada saja akalnya mencari duit! Angkat jempol dan boleh ‘tuh ditiru idenya.

Posting berikutnya adalah cara mendaftar dan berbagi cerita hasil eksperimen saya dengan Shvoong.

😀

Catatan: Shvoong juga tersedia dalam bahasa indonesia. Saya pilih yang inggeris untuk belajar dan melatih diri. (Biar pinter ‘gitu, iklannya banyak, duitnya ‘dolar’. Hehehe…)

Tagged with: , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
18 comments on “Bikin Review Lagi Aah, di “Shvoong”
  1. nd mengatakan:

    pak rioseto, sy pny acc paypal,tp sy g pny blog.. sy tertarik nih,yah sklian nambah wawasan baru,.. bs dbntu g pak

  2. javac mengatakan:

    Pingin ikutan kok masih ragu ya, soalnya saya gak pinter nulis dan basa-abasi, he…

    • rioseto mengatakan:

      hai javac, mas tidak sendirian… semula saya juga begitu; berani ambil sikap cuek, masa bodoh? itu modal awalnya.. nekat ‘aja, oke!

  3. Jatmiko mengatakan:

    Kalo boleh tahu gmana caranya kita mendaftar di paypal mas thanx u

    • rioseto mengatakan:

      Mas Jatmiko, maaf ya baru dibalas. Blog ini baru saja bangun dari tidur luamaanya … (lebih 6 bulan). Tentang pendaftaran PayPal, banyak sudah ditulis orang, untuk mas Jatmiko saya pilihkan satu situs cara pendaftaran PayPal yang lumayan bagus dan jelas untuk diikuti:

      “Panduan Cara Mendaftar Paypal”

      Silakan mencoba, kalau masih ‘nyangkut juga atau merasa tidak nyaman, silakan kontak saya melalui imel. Dengan senang hati saya bantu. Oke? Saya sudah memanfaatkan PayPal untuk mengikuti kursus sejenis Akunting di internet.

      (oh iya, situsnya mas Jatmiko ada?)

  4. alan mengatakan:

    mau tanya mas.. aku punya blog adsense tentang kesehatan, artikelnya kurang bagus (hasil translate) tapi bkan copy-paste. bisakah.. saya mereview postingan blog itu? amankah buat blog adsense?

    • rioseto mengatakan:

      sepanjang saya pelajari persyaratan Shvoong, tidak disebutkan blog adsense tidak boleh. jadi, mas alan silakan buat review atau ringkasannya. (blognya yang mana, ya?)

  5. wahyu nurudin mengatakan:

    jadi buat blog baru? wah.. komersial banget… aku ingin banget tapi aku gak tahu maunya pasar apa. gimana pak?

    • rioseto mengatakan:

      harus jadi dong mas Wahyu, tidak apa-apa kalau belum tahu maunya apa, sebetulnya banyak sekali; nanti deh, ikuti saja perkembangan yang ada di blog ini oke. salam,😀

  6. ghandhi mengatakan:

    INI MENARIK, BAGAIMANA CARA KERJANYA, DAN KALAU BOLEH DIEMAILKAN SAJA KE MILIONER.INDONESIA@GMAIL.COM

    TERIMAKASIH BANYAK

    • rioseto mengatakan:

      sederhana kok mas Ghandhi; saya sudah lihat situs bisnisnya, artikel yang ada di sana dibuatkan ringkasannya terus posting di Shvoong. Apalagi ini menyangkut kesehatan, banyak yang perlu! Serius. Nanti ada undangan email dikirim oleh Shvoong, ya.

      Sukses!😀

      maksudnya artikel ini ingin diposting di situsnya mas Ghandhi, baik nanti saya kirim via email.

  7. another story from me mengatakan:

    Shvoong aapaann yahhh
    baru dengar aku

    • rioseto mengatakan:

      semacam ajang tempat menulis yang bisa menghasilkan uang, apalagi membahas topik kesehatan dan berbahasa inggeris seperti blognya mas Willy (betul?). harus dicoba biar ketahuan cocok atau tidaknya.

  8. mayasaridotnet mengatakan:

    cukup lengkap penjelasannya, tapi tetep aja saya gak paham dengan Shvoong… Mumet…

    [baca lagi ah]

    • rioseto mengatakan:

      mbak Maya, nanti saya jelaskan lagi di posting berikutnya, termasuk contohnya sekalian. Nanti deh saya buatkan 1 review gratis untuk mbak Maya pasang di Shvoong. oke?😀

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: