Berbagi dan Itung2an ala Shvoong

Masih ada yang bingung dan belum faham Shvoong sepenuhnya. Shvoong bukan apa-apa ‘kok, dia hanya sebuah blog biasa di mana konten diisi oleh para blogger yang datang dari berbagai penjuru dunia. Hasilnya? Shvoong menjadi sebuah perpustakaan, berisi dengan 1,5 juta abstrak, rangkuman, tinjauan, dan ringkasan dari berbagai macam sumber seperti buku, film, karya ilmiah, website, dll.

Berbagi-1. Shvoong berbagi. Perpustakaan Shvoong adalah terbuka yang bisa diakses semua orang untuk menambah pengetahuan baru, atau memperoleh informasi pendahuluan tentang sesuatu sebelum memutuskan membeli.

Berbagi-2. Kita berbagi. Konten Shvoong kita isi dan ambilkan dari bahan postingan di blog kita atau dari sumber lain. Tidak boleh nyontek habis! Kalau ide sedang mampet boleh juga meringkas posting/tulisan orang lain. Jangan lupa mencantumkan sumber asal posting. Shvoong jadi ajang mengiklankan tulisan orang lain? Mending mengiklankan posting sendiri ya ‘kan, kecuali kita benar-benar sedang kepepet.

Berbagi-3. Giliran Shvoong yang berbagi. Kita berkontribusi mengisi dan melengkapi perpustakaan Shvoong. Tidak boleh tulisan baru, hanya tulisan singkat berupa review, abstrak, rangkuman, dst., dari produk yang sudah ada seperti buku, film, karya ilmiah, website, dll.  Tulisan dikelompokkan ke kategori dan subkategori yang telah ditentukan.

Itung-itungan-1. Ini urusan yang paling menarik dan ditunggu-tunggu! Shvoong membagikan 10% duit hasil iklan selama sebulan kepada seluruh kontributor tulisan di bulan tersebut. Kayak gajian ‘aja. Bagaimana cara itung-itungannya?

Besar imbalan ditentukan mekanisme pasar.  Maksudnya begini. Misalkan 10% pendapatan iklan Shvoong dalam sebulan = X dolar. Jumlah pengunjung total di bulan itu misalkan = Y orang.  Jadi nilai satuan adalah [X/Y] dolar per pengunjung. “Honor” kita = [Total pengunjung ke postingan kita] x [X/Y].  Cuma itu, sederhana sekali ya. Langsung dibayarkan kalau jumlah sudah mencapai $10.

Jadi kalau jumlah pengunjung sedikit jangan kaget kalau dapatnya masih ‘sen‘. Selain itu nilai [X/Y] dari bulan ke bulan juga tidak tetap, selalu berubah-ubah karena jumlah pemasang iklan [X] dan jumlah pengunjung [Y] juga berubah. Tidak heran Shvoong menganjurkan kita membuat tulisan sebanyak-banyaknya agar jumlah pengunjung ke postingan kita meningkat. Oh, ‘gitu.

Kesimpulannya, besar imbalan 1 tulisan yang berhasil menarik 1.000 kunjungan sama dengan 20 tulisan dengan rata-rata 50 kunjungan. Mending mana? Sedikit saja tetapi mantap isinya, iya ‘kan.

Itung-itungan-2. Pemasukan kita yang lain dari Shvoong adalah dari afiliasi. Sebetulnya ini program promosi dan belum dicek lagi apakah masih berlaku atau tidak, tetapi label [Undang Teman] masih ada dan belum dicabut.

Kita sudah jadi anggota dan mengundang mitra atau rekan untuk mau ikut bergabung dan menulis di Shvoong. Kalau imbalan tulisan rekan kita = Z, Shvoong akan membayar jumlah yang sama ‘Z’ kepada sponsornya, yaitu kita. Horee… 100%!

Buruan cari teman yang kranjingan menulis untuk segera menulis di Shvoong. Mendaftar bisa belakangan. Enaknya Shvoong.

Jumlah yang kita undang boleh sebanyak-banyaknya tetapi pendapatan kita dari mereka dibatasi maksimum $100. ‘Segitu juga lumayan.

Itung-itungan-3. Masih ada 1 sumber pemasukan lagi dari Shvoong tetapi belum saya periksa kebenarannya. Ada satu posting menggiurkan, “… earning gue dishvoong udah 3 digit angka, …” sebagian diperoleh karena pengunjung mengklik iklan yang tampil di postingan di Shvoong. Imbalannya 50%!* Wah ini luar biasa, patut dicoba.

Urusan berbagi dan itung-itungan Shvoong mudah-mudahan sekarang jadi jelas. Tidak percaya kalau tidak mencoba. Ayo segeralah mendaftar dan buat penilaian atas postingan ini sebagai pembuka tulisan di Shvoong.

😀

*(update): kalau kita menerjemahkan rangkuman orang lain dan orang itu dapat bayaran, kita berhak (royalti) 50% dari pendapatannya.

Tulisan mendatang adalah teknik meringkas dan eksperimen saya dengan Shvoong. Masih belajar, belum berharap banyak.

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
36 comments on “Berbagi dan Itung2an ala Shvoong
  1. LadyNoel mengatakan:

    saya coba cerna ya mas…rada bingung dan meraba sama shvoong…kalo kita upload artikel tuh ga dibayar mas? dibayarnya kalo ada pengunjung saja? atau kalau ada yang klik iklan? lha kalo ada yang klik iklan mending buat blog sendiri aja ya….

    • riosetoblog mengatakan:

      Shvoong sudah lama saya tinggalkan karena tidak bisa diandalkan cari duit. Saya sudah lihat blognya LadyNoel, rupanya tertarik jadi entrepreneur juga ya, dimulai dari bikin tulisan/proposal. Bagus sekali. Kalau tinggalnya di sekitar Bandung sih kita cari bareng kasus yang sederhana dan mudah direalisasi.

  2. Renungan Kristen mengatakan:

    ow gtu yah gan…
    klo boleh tw tips dan trik optimasi artikel shvoong di google gmn yah?
    ap optimasi untuk webnya aja
    ato untuk di serp google?
    brapa lma dia indeks artikel kta setelah di publish?
    trims gan😀

    • riosetoblog mengatakan:

      tidak ada tips dan trik khusus optimasi artikel shvoong dan serp di google, prinsipnya sama dengan blog, judul dan tag (kata kunci) harus tepat. itu saja. paling bagus eksperimen bikin ringkasan artikel kita sendiri di shvoong memakai judul mirip dan kata kunci yang sama, dua-duanya bisa berderet di halaman 1!

  3. informasipagi mengatakan:

    Mantap ! informasi di sini …

    Saat ini sudah tanggal 3 sept 2012, saya sudah memulai shvoong pada mei 2012, earning masih $2,6 dari 16 ringkasan 6 terjemahan tapi kunjungan sudah 92.000, kalau saya nilai shvoong bukan membayar karena banyak kunjungan tapi pengunjung yang klik iklan,
    kalau pengunjung gak klik iklan kita gak dibayar (tp itu menurut saya sih).

    oh ya, saya mau tahu kalau mas rio seto earningnya sudah berapa sekarang ? apa tips untuk memperbanyak earning ?

    mampir ke blog saya mas :
    http://www.akustiklasik.blogspot.com
    http://www.informasipagi.wordpress.com

    • riosetoblog mengatakan:

      sudah berkunjung ke dua situs, tinggalkan jejak di sana. hehe… shvoong cuma eksperimen saja; kalau mau earning beneran cari produk yang seratus orang suka dan beli dalam sehari. untung 1$ per produk, cukup? (itulah yang mendorong buat toko online)😀

      • wulan mengatakan:

        ada yang blg shvoong itu scam ya mas? bener ga sih?
        maksudnya cari earning beneran dgn produk yg seratus org suka trus kita dpt $1 perproduk gmn ya mas? mohon pencerahannya donj🙂

        • riosetoblog mengatakan:

          shvoong = ringkasan atau review posting atau buku. shvoong mengharapkan banyak orang datang mencari ringkasan artikel, shvoong pasang iklan di artikel, sebagian pendapatan iklan dibayarkan ke si penulis.

          jadi kalau kita menulis tidak ada yang klik, ya tidak dapat duit. menurut teman kita di atas, itu pun kalau pengunjung klik iklannya.

          sepanjang pengetahuan shvoong bukan scam.

          kalau mau cari duit shvoong mungkin kurang pas, tidak tertarik bikin toko online?

          salam😀

  4. januardy simanjuntak mengatakan:

    keren……aku pengen ikut dong blajar menulis massss

  5. 牡牛座 ひろき mengatakan:

    Untuk mterjemahan beneran segitu ya? saya sempat menerjemahkan beberapa ringkasan juga. di mana ya bisa melihat hasil earning untuk terjemahan di my profit kok ga ada.. .

  6. parjokarto mengatakan:

    Wah, saya juga baru belajar mas…
    tapi sayang nya saya terkendala dengan waktu…
    saat ini pekerjaan offline saya juga masih terbengkalai, banyak yang belum selesai…
    tapi terimakasih sudah berhasil mengingatkan saya lagi…
    salam…
    nama saya di shvoong –> parjokarto

    • rioseto mengatakan:

      Oke mas parjokarto jangan pernah menyerah… di dalam sibuk kita bersantai menjelajah dunia maya mencari pengalaman, mencari teman, mencari penghasilan! 😀
      situsnya mana ya?

  7. b_bless mengatakan:

    maksudnya tdk boleh tulisan baru apa ya? klo misalkan kita mau menulis berdasarkan pengalaman sendiri gimana? apa boleh artikel dengan tema yg sama tapi isinya sedikit berbeda di shvoong? thx infonya.

    • rioseto mengatakan:

      Shvoong adalah ajang menulis Ringkasan (Abstrak) atau Resensi (Review, Ulasan) atas apa saja: boleh tentang buku, posting orang lain, … . Artinya, tulisan itu sudah harus ada, bukan tulisan baru; kita hanya meringkas atau mengomentari tulisan tersebut dalam bentuk tulisan pendek.

      Buatlah menarik sehingga pengunjung mau datang dan baca tulisan kita di Shvoong (yang jadi duit); melalui tulisan pendek pengunjung mungkin mencari sumber materi yang dibahas tadi. Jadi semacam promosi bagi kita, juga promosi bagi obyek yang ditulis. Tulisan harus jujur dan obyektif. Jangan berlebihan, nanti pengunjung merasa dibohongi kalau tidak cocok dengan kenyataan.

      Silakan coba ringkas atau ulas topik di blog ini. Selamat ber’Shvoong’ ria!

      Salam,😀

  8. Rumus Matematika mengatakan:

    saya ingin menulis rumus matematika, tapi keknya karakternya gabsia ya

    • rioseto mengatakan:

      di shvoong atau di wordpress? sepengatahuan saya di shvoong memang belum bisa waktu itu (entah sekarang); kalau di wordpress harus ada program pulg-in tambahan khusus menulis formula matematika. belum pernah coba sih, tetapi silakan ikuti petunjuk di Using Math Formula in WordPress.

      selamat mencoba..😀

  9. dismanto mengatakan:

    shvoong emang cocok buat latihan nulis ringkas. Program paid to review ini aku ikuti buat dapet duit. Mas rio sudah memberikan pencerahan. Thanks ya!

    • rioseto mengatakan:

      terimakasih kembali, jangan liat duitnya ya mas, pokoknya kerja keras berlatih membuat artikel setara “iklan” yang dapat menarik banyak pengunjung… duit hanya akibat

  10. wim mengatakan:

    saya sih ogah pusing mikirin honor, tapi pengin tahu … kalo sudah sekitar 100 tulisan lantas “angpauw”nya berapa ye?

    ada yang bisa kasih tahu?

    mekasih,

    • rioseto mengatakan:

      nanti dikasih tahu kalau saya sudah buat 100 tulisan; aku traktir deh (kalau cukup duitnya), he.he.he..😀 (blognya mana ‘nih)

  11. tam2 ponorogo mengatakan:

    salam knl jga dr PONOROGO

  12. trus belajar mengatakan:

    apa linknya mas di shvoong??dah sudah dapat berapa dollar selama ini dr shvoong??

    • rioseto mengatakan:

      Tidak ada link mas Adhyz82, karena Shvoong merupakan tempat berkumpul komunitas para penulis. Mau saya undang jadi penulis di Shvoong dan mencoba?

      He.he..he kalau malas menulisnya ya beginilah, baru ada 6 tulisan (terakhir Februari 2010), nilai sementara = 3,44, jadi duitnya juga baru $0,11. Harus rajin menulis. Nanti saya kejar biar dapat duit gedee… .

      (mau komen di situsnya mas, tidak bisa ya, kenapa?)

  13. PhoneWallpaper mengatakan:

    info yang menarik bro, saya ctrl+d dulu ya🙂, jadi pengen nyoba2 juga nih, kali ada aja rejeki ku disana ….
    o ya mampir ke blog ku yang acak2an ya di http://gratis-freeurmind.blogspot.com

  14. andy mengatakan:

    shvoong, emang udah terkenal dari dulu sebagai konten sharing website. Banyak jenis website seperti ini sekarang, dengan kelebihan dan kekurangannya masing2. Tapi kalau dari yang sobat jelaskan diatas, untuk share revenuenya sangat kecil sekali ya cuma 10%. karena dari yang aku tau dan aada yang aku ikuti juga web membership seperti ini sekarang rata2 membagi revenue kepada membernya sebesar 50%. Plus sistem affiliate yang hanya menggunakan 1 tier sampai ada yang menggunakan sistem 3 tier. Jadi kita akan mendapatkan earning dari affiliate member dalam 3 level.

    Tapi memang kelebihan shvoong ini diantaranya seperti yang sobat tulis diatas, dan aku juga pernah liat klo member bisa menulis artikel di shvoong dalam bahasa Indonesia. Btw thank infonya sob, keep up the good work

    • rioseto mengatakan:

      betul sekali, shvoong bukan tempat ideal mencari duit, tetapi cari teman iya; kalau pandai-pandai mengatur mestinya jadi duit juga, sebagai akibat berteman bukan menulis. apakah affiliate sampai 3-tier ini semacam m-l-m begitu? hmm.. menarik juga, mau belajar ah dari mas andy😀

  15. elhaidar mengatakan:

    Good blog, slm kenal, mmpr ya d http://elhaidar.wordpress.com

    • rioseto mengatakan:

      terimakasih mas elhaidar, saya sudah berkunjung ke blognya. rupanya tertarik produk it komputer (dan hape juga?). salam,😀

  16. […] — atau trafik = 25. Hampir 50% dari Tips Dapat Uang Dari Shvoong, (ringkasan Berbagi dan Itung2an ala Shvoong di blog […]

  17. darahbiroe mengatakan:

    ijin mengamankan pertamax disini yaw

    sekalian berku8njung makasih

    • rioseto mengatakan:

      selamat datang di pertamax, mungkin teman-teman belum terpikir mau kasih komentar apa; saya juga cemas apa posting ini ngaco, tidak dimengerti? hehe…
      salam😀

  18. […] dalamnya diisi tulisan salinan postingan terdahulu sebagai […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: