Peringkas (Perangkum) Itu Ada di Shvoong

klik ini untuk mendaftar di Shvoong

Kita berkecil hati karena rasanya kita tidak berbakat menulis ringkasan. Susah! Shvoong tahu itu dan menyediakan piranti khusus untuk membantu para pemula seperti saya. Shvoong menyediakan peringkas atau perangkumnya! Cerdik sekali, kini tiada alasan lagi bagi kita untuk tidak menulis!

1. Meringkas/Merangkum dengan Summarizer Shvoong

Seperti inilah rupanya perangkum Shvoong itu (laman baru).

perangkum Shvoong

Di dalamnya diisi tulisan salinan postingan terdahulu sebagai contoh.

Di sudut kanan bawah, ada pilihan ‘bahasa‘ (apa) dan (berapa) ‘%‘ porsi tulisan sumber hendak kita rangkum. Saya pilih (indonesia) dan (50%). Klik [Ringkas]. Perangkum Shvoong langsung mencari kalimat-kalimat penting yang diperkirakan bisa dibuat rangkuman (warna kuning). Tahap-1 selesai. Gampang?

2. Sunting

Shvoong belum secerdas kita, apalagi dalam bahasa indonesia. Tetapi Shvoong telah membantu memenggalkan artikel ke sejumlah kalimat kunci. Salin kalimat “kuning” ini ke editor teks biasa, lalu sunting kalimat dan kata-katanya sehingga secara keseluruhan artikel “bunyi”. Baca lagi dan sunting lagi sampai kita puas.

Sekarang perhalus dan sisipkan 1-2 kata kunci yang paling banyak dicari pengunjung Shvoong Indonesia. Kata kunci dapat ditemukan di [Home] atau [Beranda] Shvoong seperti di bawah.

kata kunci

Ada 4 kata kunci, tips, bisnis, trik, uang yang bisa kita pakai. Sunting ulang rangkuman tadi dengan tambahan kata ini. (Kalau memungkinkan, sisipkan juga 1 kata kunci di judul.)  Tambahkan di bagian akhir, 1 kalimat “rayuan” untuk menggiring pengunjung agar mau pergi dan mengklik situs blog kita.

Tahap-2 beres. Jadilah sudah rangkuman kita.

3.Upload ke Shvoong

Buka editor teks Shvoong (laman baru). Kopas rangkuman ke editor ini. Kalau sudah, isi kotak-kotak yang ada.

Berikut adalah kotak yang penting-penting saja: [Website] = judul; [Resensi] = kalimat pembuka untuk menarik perhatian pembaca. Penting. Cuplik 1-2 kalimat dari rangkuman dan sunting seperlunya.

Isi kotak [Kategori] dan [Sub-kategori] dengan bidang yang tepat atau paling mendekati. Berikutnya adalah [Tag] yang di sini diterjemahkan [Kutipan]. [Tag] berisi kata-kata kunci yang diambil dari rangkuman untuk memudahkan pembaca menemukan rangkuman ini; isi kotak [Tag] dengan beberapa kata kunci dan pisahkan dengan tanda ‘ , ‘ (koma). Di kotak [Referensi-Link terkait] adalah alamat situs blog sumber posting yang kita rangkum (dalam hal ini alamat blog kita sendiri). Selesai.

Klik [Upload-kan ringkasan saya]. Tahap-3 tuntas. Horee… akhirnya jadi juga. (Huh capek, tapi puas! :D) Mau lihat hasilnya? Ini rangkumannya di Shvoong. (Jangan lupa beri nilai dengan klik “bintang“, ya.)

Klik logo di atas untuk mendaftar, dan selamat ber-Shvoong ria!

Tagged with: , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
7 comments on “Peringkas (Perangkum) Itu Ada di Shvoong
  1. […] Urusan SEO (Search Engine Optimization), di mana blog dan postingan kita dapat ditemukan mudah oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo, dibangun oleh ketrampilan kita menulis artikel menggunakan kata-kata kunci. Lihat penjelasannya di postingan terdahulu. […]

  2. David mengatakan:

    Mungkin yang dikerjakan oleh Svhoong ini sama dg yg dilakukan oleh program Microsoft Word, sama-sama punya peringkas

    davidjuly.cz.cc

  3. soemitra mengatakan:

    Terima kasih Mas Seto atas posting “Peringkas (Perangkum) .. di Shvoong”-nya.
    Insya Allah akan saya coba manfaatkan…kesempatan baik ini, do’akan biar saya tidak jadi plag..r yang baik dan selalu mampet o…..knya………ya Mas he…he.
    Tapi khan untuk membiasakan diri dan berlatih, (biar bisa nulis artikel secanggih Mas Seto) nyontek ideanya orang lain (mungkin) tak salah-salah amat, ya Mas.
    Salam,
    soemitra tea.

    • rioseto mengatakan:

      Akang Mitra eeh silakan nyontek selama disebutkan sumbernya; nyontek harus, bukankah kita diajari orang tua kita sejak kecil untuk meniru? berlatih keras mengembangkan kreativitas diri, belajar dari banyak contoh bagus, nah yang ini mah wajib …dicontek! Mangga.😀
      (saya pikir kang Mitra hanya pemalu dan peragu, sebetulnya ada banyak ide untuk ditulis, nggak jadi lagi nggak jadi lagi, hayo betul? hehe…)

      • soemitra mengatakan:

        Wadaooow……bener banget mas, …saya tuh seringnya maju-mundur maju mundur….
        Yang repotnya maju selangkah mundur dua tiga langkah…….jadi tambah……. he.he.
        Mudah mudahan tidak untuk selanjutnya….ya mas, mohon doanya….
        Terima kasih dan salam.
        Soemitra

        • rioseto mengatakan:

          @soemtira — sekali kang Mitra bisa mengatasi masalah ini dengan kekuatan sendiri… wow, kuda leupas ti gedogan, larinya kenceng ‘ndak ada yang bisa nahan!

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: