Kategori Blog, Di Atas Atau Di Samping

Kategori blog adalah mengelompokkan mengumpulkan obyek, dalam hal ini semua posting blog kita, berdasarkan kesamaan konten. Kategori blog mudah dibuat dengan menjawab 3 pertanyaan kecil, (1)topik apa saja yang ada di blog kita? (2)adakah topik memiliki topik besar (‘induk’)?, dan, (3) adakah topik memiliki topik kecil (‘saudara’, ‘anak’, ‘cucu’)?

Jawaban atas pertanyaan ini menggiring kita perlunya dibuatkan kelompok, kategori dan subkategori. Contoh membuat kategori blog dan subkategorinya ada di Kategori Blog Itu Apa Sih?.

Kategori blog sebagai taktik menarik pengunjung. Kita sudah tahu dan merasakannya saat berkunjung ke sebuah blog. Mata diarahkan ke posting utama; judul posting, gambar, tata-letak, dan sebagainya dibuat mencolok yang segera menarik perhatian kita. Dalam bahasa iklan trik atau taktik ini dikenal dengan istilah ‘eye catcher‘ (mengarahkan pandangan).

Belum cukup, bagaimana agar betah berlama-lama? Pengunjung diarahkan ke tulisan lain di ‘perpustakaan’ yang tersimpan berdasarkan nama kategori. Kategori blog dan nama kategori juga harus menarik, kalau tidak, klik, kita ditinggal.

Kategori blog dapat dianggap pemandu yang menawarkan posting menarik lainnya. Ibarat toko, kategori blog adalah nona cantik yang berdiri di depan pintu masuk, tersenyum manis dan menyapa.. ‘iras-shai-ma-se‘ (selamat datang) sambil membungkuk hormat.

Kita masuk ke toko terkadang tertarik karena si nona itu ya! Mari kita manfaatkan ketertarikan ini dengan membuat kategori blog sebagus-bagusnya sampai ke pemilihan nama. Tampak sepele tetapi tidak bisa disepelekan. (Nama kategori blog di sini menarik?)

Kategori blog dapat disimpan sebagai widget di samping (sidebar) tulisan utama, atau, di atas (header). Tidak ada aturannya. Desain blog turut andil di sini. Blog ini menempatkan kategori blog di 2 lokasi, di samping dan di atas. Cegat habis, sedikit rakus boleh dong untuk taktik menarik pengunjung, katanya mau monetisasi.

Membuat kategori blog dan menempatkan kategori blog. Untuk meletakkan kategori blog di samping pakailah widget [Awan Kategori]. Beres, otomatis dibuat oleh WordPress. Untuk di header buatlah halaman baru berjudul ‘Kategori’ (seperti blog ini). Halaman ini akan kita muat dengan ‘daftar isi’ berupa daftar link kategori blog yang tersebut di [Awan Kategori]. Contoh, ambil satu kategori di [Awan Kategori] dan klik. Halaman kategori akan terbuka; copy alamatnya dan paste sebagai link di halaman [Kategori Header] baru kita. Selesai sudah. Gampang sekali, ya.

Selamat mencoba… iras-shai-ma-se (membungkuk, permisi).

😀

Artikel sebelum ini:  Kategori Blog Itu Apa ‘Sih? artikel lanjutannya: Kategori Blog Jalan Menuju Blog Profesional!


Kita belajar (tips & tricks):Memilih nama kategori blog adalah mencoba menempatkan diri kita sebagai pengunjung blog. Pertanyaan pertama dan ke dua apa yang muncul di kepala saat berkunjungn ke blog kita? Atur dan siapkan agar pengunjung memperoleh jawabannya.

Kata ‘kategori blog’ ada dimana-mana, di judul, di paragraf, di tag. Juga waktu memberi nama untuk kategori blog pikirkan satu nama cantik yang bisa jadi kata kunci unggulan yang memudahkan posting kita dicari orang. Serius ‘lho. Biar peringkat PR dan Alexa blog kita melambung. Mau?

Tagged with: , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
4 comments on “Kategori Blog, Di Atas Atau Di Samping
  1. Pargodungan berkata:

    Wah,ulasannya lebih bagus. Terimakasih ya. Sungguh berguna. 🙂

  2. […] Posting Kategori Blog lain: Kategori Blog Itu Apa ‘Sih? Kategori Blog Itu, Di Atas atau Di Samping […]

  3. […] terkait: Kategori, Di Atas Atau Di Samping    Kita belajar (tips & […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: