Kategori Blog Itu Apa ‘Sih?

Apa itu kategori blog? Gampangnya, kategori blog adalah kelompok atau kumpulan obyek dalam hal ini postingan di blog kita, yang memiliki kesamaan atau kemiripan konten atau isi.

Masih ingat pelajaran matematika tentang kumpulan? Itulah dia. Mana yang tidak masuk dalam kumpulan ini [jeruk, mangga, pisang, duren, kambing], he.he.. kita pasti tahu, kambing. Kambing termasuk kategori ‘Hewan Berkaki-4’, bukan ‘Buah-Buahan’.

Subkategori. Pengelompokkan dapat dipilah diperhalus karena kategori ‘Buah-Buahan’ terlalu luas; kita bagi jadi misalnya subkategori [Buah-Buahan Beracun] dan subkategori [Buah-Buahan Tidak Beracun]. Penghalusan tentu saja masih bisa diteruskan.

Pengelompokkan, dimulai dari yang sangat umum (general) hingga  ke yang rinci dan khas (spesifik, unik).  Kerangka pengelompokkan ini disebut taksonomi; dalam dunia biologi ada 9 kategori atau tingkatan pengelompokkan seperti yang diperlihatkan gambar.

Membuat kategori blog? Taksonomi biologi diatas bagus juga kita terapkan sebagai model mencari kategori blog dan nama kategorinya bagi kumpulan posting blog kita atau ketika membuat posting baru. Terapkan aturan 3 pertanyaan mudah seperti ini,

  1. Tring..! Mau buat posting ‘ah. Topik apa?
  2. Adakah topik ini memiliki topik besar (‘induk’)?
  3. Adakah topik ini memiliki topik kecil (‘saudara’, ‘anak’, ‘cucu’)?

Contoh membuat kategori blog. Mau posting tentang ‘sepatu’ ‘ah. Topik cantik! Sepatu punya kategori ‘induk’? Ya, lalu kita pilih produk konsumen atau asesoris. Bedanya? ‘Produk konsumen’ berisi posting sepatu sebagai kebutuhan utama (primer), sedang ‘asesoris’ terkait kebutuhan pelengkap (sekunder). Kalau begitu jadikan saja kategori blog. Boleh.

Kalau mau ditarik ke atas masih ada ‘induk’nya lagi (‘eyang’?), Alas Kaki. Dua pertanyaan terjawab sudah. Apakah sepatu memiliki kategori blog ‘saudara’? Ada, sandal iya ‘kan? Kalau kategori blog ‘anak’ dan ‘cucu’ ‘sih.. rasanya tidak, apalagi kaus kaki! ‘Ndak nyambung.

Sekarang kita buat kategori blognya: kategori blog induk [Alas Kaki], subkategori blog adalah [Produk Konsumen] dan [Asesoris]. Kalau mau ditambah, masih bisa subkategori blog [Lain-Lain] untuk menampung topik yang tidak termasuk kedua kategori blog tadi. Tidak perlu membagi subkategori menjadi sub-subkategori, terlalu ribet. Sepatu laki-laki, perempuan, anak-anak, bayi, model, harga, cara memilih, cara memelihara, dan sebagainya, biarlah itu jadi calon konten posting kita nanti. Konten yang bagus dan tiada habis-habis. Asyik menulis.

Kalau kita sudah berhasil membuat kategori blog yang tepat diiringi posting yang bagus dan menarik, percayalah, komersialisasi atau monetisasi tinggal selangkah dua langkah lagi.

Berakit-rakit ke hulu dulu, selamat berkarya dan berkategori blog ria!

😀

Artikel lanjutan:  Kategori Blog, Di Atas Atau Di Samping        Kategori Blog Jalan Menuju Blog Profesional!


Kita belajar (tips & tricks):
Memilih nama kategori blog paling bagus adalah mencoba menempatkan diri kita sebagai pengunjung blog. Pertanyaan pertama dan ke dua apa yang muncul di kepala saat berkunjungn ke blog kita? Atur dan siapkan agar pengunjung memperoleh jawabannya. 

Kata ‘kategori blog’ ada dimana-mana, di judul, di paragraf, di tag. Waktu memberi nama untuk kategori blog, pikirkan satu nama cantik yang bisa jadi kata kunci unggulan yang memudahkan posting kita dicari orang. Serius ‘lho. Biar peringkat PR dan Alexa blog kita melambung. Mau?

 

 

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
6 comments on “Kategori Blog Itu Apa ‘Sih?
  1. farrachman berkata:

    wah brati q kbalik donk Gan
    kirain yang kategori itu mlah yg dimaksud kata kunci!
    Saya coba sarannya Gan

  2. farrachman berkata:

    nah Gan bedanya Kategori ma Tag itu apa? Tinggian mana tingkatannya scara taksonomi Kan di wp ada keduanya.
    Newbie sangat

    • rioseto berkata:

      Halo mas farrachman selamat datang di blog ini. Tag tidak sama dengan Kategori. Kategori adalah klasifikasi jenis konten posting kita; tag adalah kata penting (kata kunci) yang ada di dalam konten posting.

      Sudah lihat blognya kategori cukup 2, bagusnya kategori “Otomotif” dan “Wisata”. Silakan pecah atas subkategorinya sendiri, oke. 😀

  3. […] Kategori Blog lain: Kategori Blog Itu Apa ‘Sih? Kategori Blog Itu, Di Atas atau Di […]

  4. […] Jawaban atas pertanyaan ini menggiring kita perlunya dibuatkan kelompok, kategori dan subkategori. Contoh membuat kategori dan subkategori ada di Kategori Itu Apa Sih?. […]

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate • Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: