SEO: Uang di Shvoong, Uang dari Shvoong

Judul aneh ini terinspirasi statistik SEO kemarin yang berurusan dengan mencari uang di Shvoong atau uang dari Shvoong. Penasaran, apa faktor penyebab sebuah situs atau blog berhasil ditayangkan atau menempati posisi halaman depan (halaman 1) mesin pencari seperti Google atau Yahoo? Berapa lama peringkat bisa bertahan di “anak tangga” tersebut, faktor apa yang menggesernya turun? Dan banyak lagi.Satu mesin memberi hasil berbeda untuk kata kunci yang beda-beda tipis, “uang Shvoong“, “uang di Shvoong“, “uang dari Shvoong“. Contoh peringkat blog hari ini dari mesin pencari Google diperlihatkan di bawah. Diberi tanda ” * “.

Paling kiri adalah posisi blog di halaman 2; tengah dan kanan, halaman 1. Paling kanan merujuk ke ringkasan yang diterbitkan di Shvoong (Horee, SEO pertamax!).

Berikutnya adalah untuk Yahoo. Eksperimennya agak lain, ingin tahu adakah perbedaan Yahoo Indonesia dengan Yahoo International. Ini rankingnya, semua berada di halaman 1.

Temuan

  • Kata kunci “uang Shvoong”, Yahoo dan Google memberikan hasil berbeda.
  • Kata kunci “uang Shvoong”, Yahoo Indonesia dan Yahoo international peringkat berdekatan, judul yang ditampilkan berbeda.
  • Yahoo: blog/judul posting ada 2 buah di halaman 1! Wow, asyik.

Kesimpulan

  • SEO bergantung metoda/teknik pencarian mesin pencari; Google dengan Yahoo berbeda jauh, Yahoo Indonesia dengan Yahoo international dekat/mirip.
  • kata kunci “uang Shvoong”, “uang di Shvoong”, “uang dari Shvoong”:
    Google lebih mudah mencari kalau kata kunci spesifik (lebih lengkap);
    Yahoo Indonesia dan Yahoo international relatif sama, kata sambung di dan dari tampaknya tidak terlalu penting.
  • saya senang kalau orang searching pakai mesin pencari Yahoo!
    (Hehe… perlu diperhatikan kalau mau ‘go global’, mesin pencarinya ‘kan Yahoo?).

Diskusi/Eksperimen SEO

Sukar menerka SEO kalau tidak tahu metoda atau cara kerja pencarian mesin Google dan Yahoo; seberapa besar pengaruh kata tambahan (sisipan) seperti di, dari, … terhadap kemudahan menemukan blog atau judul posting kita.

Judul sengaja dibuat aneh untuk ujicoba mengamati hasilnya dalam 1-2 hari ini. Semua kata di judul, dicantumkan ulang di paragraf (alinea) pembuka.

Tag — mirip kata kunci. Peran [tag] dan [meta tag, tag tersembunyi] belum dikaji pengaruhnya terhadap kestabilan ranking. Kata di judul dimasukkan lagi di tag.

Link — juga perlu dipelajari perannya. Untuk pengguna WordPress, di bagian bawah editor teks (di dashboard) ada kotak isian [Kirim Lacak balik]. Saya coba bereksperimen link balik ke ringkasan saya di Shvoong dan link balik ke posting ini sendiri. (Coba-coba.)

Konten — ketrampilan menyisipkan kata kunci, tag, dan link ke dalam isi atau konten saya pikir tak kalah penting. Ini eksperimen terakhir di posting ini, tulisan dipenuhi kata kunci dan tag, “uang di Shvoong”, “uang dari Shvoong”, SEO, peringkat, posisi, ranking, link balik, international.

[Coba kita amati seperti apa hasilnya nanti.*]

๐Ÿ˜€
* “uang Shvoong”, baru saja cek: Google, baris-3 halaman 1, Yahoo Indonesia idem, Yahoo internasional baris-2 halaman 1.

Tagged with: , , , , , , , , , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
23 comments on “SEO: Uang di Shvoong, Uang dari Shvoong
  1. dinho mengatakan:

    shvoong bayar koq..jangan khawtir…soalanya membernya dah banyak diselurh dunia…bukan promosi loh…

    • rioseto mengatakan:

      Mas Dinho maaf baru bisa dibalas sekarang. Blog ini tidur terlalu lama, begitu juga Shvoong (terakhir Feb 2010), baru 6 tulisan. Rupanya mas Dinho member Shvoong juga, ya (psst, sudah berapa “$” ‘nih?).

      Bangun, bangun… sekarang sudah bangun lagi, blog mulai aktif, shvoong juga dicoba dihidupkan lagi (baru 366 pengunjung, nilai, 3,44 dan duitnya $0,11 hua.ha..ha… ).

  2. forlan mengatakan:

    bermanfaat juga keywordsnya. thanks yah mas baca blog saya

    jobforblogger

  3. abdul mengatakan:

    Assalamualaikum wr wb .

    Bro.., shvoong beneran ngasih dollar, kemarin 5 may 2010 , rekening paypal ku bertambah US $10.21 , lumayan buat beli di e-bay.

    Demikian infonya bro

    salam

    • rioseto mengatakan:

      waduh sori berat baru dibalas,blog ini tidur terlalu lama betul.. saya juga terima, baru sedikit. terimakasih kunjungannya, mana blognya, jangan ikut2an, tidak sehat, he.he.he.. ๐Ÿ˜€

  4. andrii mengatakan:

    wahhh… terimakasih atas penjelasannya.. sangat bermanfaat buat saya, huehehe.. yupp mungkin nanti juga pasti saya tulis ripiuan ini di sana… hehehe.. maklum lagi pusing berat nih gara2 gak ngerti2 sama makhluk serem anjrit yang namanya SEO๐Ÿ˜ฆ

    thnx for the reply, really appreciated๐Ÿ™‚

    • rioseto mengatakan:

      kembali mas Andrii… jangan kita terjebak di duit, tetapi cobalah kembangkan kemampuan diri membuat artikel yang baik (bahasanya), cantik (gambarnya), bermutu (topiknya), dan sering-sering posting. Tulis di blog sendiri, percayalah deh SEO akan naik; buat juga review artikelnya yang tadi di Shvoong. Lama-lama dapat duit juga (akibat).๐Ÿ˜€

  5. andrii mengatakan:

    wahhh.. berarti blm tentu langsung bisa menikmati uang dari mereka yah mas??? apa kita harus membuat repiu-an tentang mereka di blog kita sendiri seperti halnya tulisan ini??!?!?! terus yg saya bingung, per postnya kita berapa persen dari pendapatan adsense mereka?!?!? artinya klu tulisan kita tidak ramai pengunjung, berarti kita tidak akan memperoleh bayaran?!?!?

    • rioseto mengatakan:

      Ini bukan jenis cari duit seperti AdSense; uang juga tidak langsung ‘jreng! . Harus bikin tulisan repiu yang banyak, topik yang diulas sembarang dari sumber mana saja, tentu saja artikel di blog saya ini juga boleh di-repiu (terimakasih kalau bersedia). Hehehe… harus sabar, rajin, dan tekun me-repiu.

      pengunjung tidak banyak belum tentu tidak dibayar; cara penilaiannya rumit, saya juga tidak tahu persis, mungkin kalau banyak-banyak bikin tulisan, bisa ada duitnya juga.๐Ÿ˜€

  6. kowek mengatakan:

    maknyus bgt nih SEO nya om…
    jadi pengen belajar lagi. mohon pencerahannya ya om…

  7. Gandhi Anwar mengatakan:

    dalam rangka eksperimen rupanya.. Mantap!
    Ijin mengikuti gaan.. ^^

  8. terus belajar mengatakan:

    saya penulis shvoong juga mas…bisa tukeran liunk ga??sama2 salign membantu sesama penulis shvoong…id ym : adhyz82@yahoo.com

    • rioseto mengatakan:

      hai terus belajar ‘shvoonger’! hehe… silakan link, dengan senang hati (sudah aku link). mau kasih komentar di blog ‘terus belajar’ kok tidak bisa, ya.

  9. Nyak neea mengatakan:

    beneran berbayar ni mas????
    tapi gak dibayar juga ga papa c, kalo emang dapetin traffic juga……

    • rioseto mengatakan:

      Saya sendiri masih “nol”! Tetapi selama tidak ada keluhan dari Shvoongers lain, berarti mereka dibayar. Mungkin tulisan kita harus diperbanyak agar layak dibayar.

      Kalau berpikir positif, betul kita dapat trafik. Blog ini merasakannya meski bukan lonjakan. Ringkasan Shvoong yang saya buat juga muncul di halaman 1 atau 2 Google dan Yahoo.

      Salam,๐Ÿ˜€

  10. […] Eksperimen SEO kemarin sebetulnya sederhana. Kita meletakkan kata kunci “uang (di, dari) Shvoong” di tempat-tempat strategis yang diperkirakan akan ditemukan untuk dicatat dan diindeks oleh mesin pencari. Indeks adalah daftar kata-kata penting, yang bisa dijumpai di bagian paling belakang buku teks/pelajaran. […]

  11. rioseto's blog mengatakan:

    […] SEO: Uang di Shvoong, Uang dari Shvoong […]

  12. z4nx mengatakan:

    percobaan yang menarik

  13. wahyu nurudin mengatakan:

    kalau tidak ingin uang gimana? maksudku aku nggak punya rekening…

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: