Eksperimen SEO: Koleksi Kata Kunci Yuk!

Berpihaklah kepada kustomer

Dalam dunia perdagangan atau komersial, kustomer adalah raja; dalam dunia blog, konten adalah raja. Dalam monetisasi blog, raja harus ketemu raja! SEO mesin pencari mempertemukan keduanya di halaman 1 (atau 2). Biarkan kustomer melihatnya, suka, dan jatuh cinta. Kalau sudah hafal dan dikenal (terkenal), tak penting lagi esok lusa blog ada di halaman berapa. Kita mulai memiliki aset tak ternilai, kustomer loyal!

Kondisi ini mengisyaratkan dengan jelas keharusan blog berpihak kepada kustomer. Blog harus memahami keinginan kustomer dengan mencari kata-kata apa yang sering dipakai kustomer mencari informasi. Kata ini kemudian dijadikan kata kunci, untuk ditata dan dikemas lalu disajikan menarik di blog!

Mencari kata kunci utama

Misalkan kita hendak meluncurkan artikel perdana tentang telepon seluler atau handphone. Pertanyaannya, kata apa yang biasa dipakai kustomer mencari informasi produk ini di internet? Kemungkinannya: hp, hape, handphone, ponsel, telepon seluler? (Telepon genggam tidak dimasukkan, jarang dipakai.) Setelah mengetikkan kata ini di mesin pencari, diperoleh hasil seperti berikut ini.

    kata kunci hp hape handphone ponsel telepon seluler
    _Google 398 juta_ 3,4 juta 27,8 juta 8,2 juta 558 ribu
    _Yahoo 1,93 milyar_ 6,1 juta 19,6 juta 12,7 juta 453 ribu

Dua kata kunci ekstrim, “telepon seluler” dan “hp”, dipastikan dicoret dari daftar. Hanya sedikit memilih “telepon seluler”; kebalikannya, “hp” terlalu banyak sehingga blog bersaing ketat dan sukar tampil di halaman depan. Kata “handphone” dan “ponsel” lebih gaul dan disukai dibandingkan “hape”. Kedua kata ini kita pungut dan pakai mendasari kata-kata kunci di dalam blog nanti.

Melengkapi kata kunci

Kata kunci tunggal “handphone” menghasikan banyak informasi, sehingga sukar menentukan dengan khas atau spesifik, apa yang diinginkan kustomer. Untuk mempertajam pencarian, perlu 1-2 kata lain mengikuti “handphone”. Kita minta Google keyword (laman baru) membantu mencarikan kata-kata pendamping “handphone” ini.

Muncul sederet kata-kata selain “handphone” seperti ini,

Kita fokus pada kotak hijaunya saja; “penuh” (‘ * ‘) menunjukkan pemakaian kata yang tinggi. Kumpulkan semua kata kunci pop tentang “handphone”: handphone terbaru, harga handphone, handphone murah, handphone bekas, toko handphone, jual handphone, beli handphone, iklan handphone, gambar handphone, handphone indonesia, dan seterusnya.

Jadikan kata kunci kreatif sebagai identitas blog

Lengkapi koleksi kata kunci dengan kreatif mencari kata-kata tambahan “handphone” yang unik dan belum terpikir orang. Beberapa contoh, handphone rusak, servis handphone, perbaikan handphone, gps di handphone, pemancar fm di handphone, sampah handphone, … dst. dst.

Horee.. koleksi kata kunci kita lebih dari cukup membuat artikel yang banyak mengulas atau membahas handphone. Misalnya handphone terbaru, bekas, toko yang menjual, harga, murah, tips memilih, menghemat batere, menambah gps, menambah pemancar fm, handphone dibuang sayang, … dll. Sisipkan kata-kata kunci di judul, heading <h>, teks, gambar <alt>, dan tag tulisan kita. Lihat posting lalu.

O iya lupa kita juga bisa memanfaatkan kata kunci satu lagi, “ponsel”. Bagaimana kalau sekali-kali dalam teks, kita sisipi kata “hp” yang sangat pop itu? Lihat hasilnya seperti apa. (Penasaran.)

Action!

Menarik, ya. Semakin banyak artikel yang kita posting dengan topik tetap konsisten sesuai tema blog atau judul, mesin pencari Google dan Yahoo lama-lama mengenali blog kita. Terbuka peluang besar untuk memperoleh ranking SEO tinggi, di mana blog kita tampil gagah di halaman utama!

Monetisasi blog tinggal selangkah lagi…

πŸ˜€

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam Tak Berkategori
10 comments on “Eksperimen SEO: Koleksi Kata Kunci Yuk!
  1. ANAKCIREMAI berkata:

    bersaing dengan keyword popular itu susah apalagi untuk kata-kata seo yang diperlombakan seperti sekarang ini ada kontes nowgoogle.com adalah multiple search engine popular

  2. MAJALENGKA.BIZ berkata:

    Berkunjung ke blog hebat ini.. salam kenal dari blogger majalengka

    • rioseto berkata:

      halo blogger majalengka!, salam kenal lagi. hebat situsnya… memperkenalkan majalengka dan semua sumber dayanya. begitu seharusnya, kalau bukan para blogger lalu siapa lagi yang men”jual” aset daerah (industri bola tidak masuk itungan?)

  3. ANAKCIREMAI berkata:

    Siip mas.. sama nih anakciremai lagi belajar kata-kata untuk seo… salam kenal boz.. http://www.anakciremai.com/2010/03/kenapa-nowgooglecom-adalah-multiple.html

  4. annosmile berkata:

    usulan udah saya lakukan bro
    coba liat artikel2 saya mengenai candi
    beberapa asal-usul saya ketahui saat berbincang2 dan membaca informasi saat berkunjung ke obyek wisata
    klo keindahan alam gak ada asal-usulnya
    kuasa Sang Pencipta mas
    hehehe

    • rioseto berkata:

      setiip… hapus, ya hebat dan betul saya sudah lihat di [sejarah]; saya yang salah tulis. hebatnya lagi ternyata ada 1 blog lagi, berbahasa inggeris! bagus sekali, lanju..ut!
      πŸ˜€

  5. annosmile berkata:

    saya masih pake natural SEO mas
    biarkan search engine memberikan nilai pada artikel saya..
    hehehe..blog for fun aja..
    tapi nanti saya juga pengen mempelajari tentang adword tersbut
    disini udah ditulis cara penggunaan google adword nggak bro, denger2 berbayar ya

    • rioseto berkata:

      saya sudah lihat situsnya, indahnya indonesia ya! lihat blognya yang trampil menyusun gambar dan teks sudah luar biasa; sementara begitu dulu, tak perlu tergesa-gesa ikutan seo segala, nanti saja kalau sudah mau bantu mengangkat pariwisata indonesia ke mata dunia…. sukses!
      πŸ˜€

Silakan komentar, 'like' juga oke

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Translate β€’ Terjemahkan
Foto Minggu Ini
Boneka Jepang Geisha

Belajar memotret boneka dengan lampu kilat

%d blogger menyukai ini: